Mengenal Vitamin E: Senjata Rahasia Anda untuk Program Hamil

Discussion in 'Health & Medical' started by Dwi Aditya Herfiansyah, Nov 8, 2023.

  1. Dwi Aditya Herfiansyah

    Dwi Aditya Herfiansyah Member

    Joined:
    Sep 19, 2014
    Messages:
    119
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    sumber gambar dari klikdokter.com

    Tahukah Anda, program hamil atau promil yang sukses tak hanya memerlukan perencanaan yang matang, tetapi juga perhatian khusus terhadap nutrisi. Vitamin E, yang sering kali diabaikan, memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh, khususnya dalam menjalani program kehamilan. Ayo, mari jelajahi manfaat vitamin E yang luar biasa dan rekomendasi suplemen yang tepat untuk membantu Anda mencapai impian memiliki momongan!

    Vitamin E adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga berbagai fungsi kunci. Namun, tahukah Anda bahwa vitamin E juga memiliki peran yang sangat penting dalam program hamil?
    Vitamin E merupakan seorang pahlawan yang terlupakan dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk dalam menjalani program hamil. Inilah mengapa Bunda dan Ayah perlu memahami manfaatnya:

    1. Antioksidan Kuat.
    Vitamin E adalah antioksidan kuat yang melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang bisa merusak sel-sel tubuh dan seringkali merupakan penyebab penyakit serius seperti kanker dan penyakit jantung.​
    2. Meningkatkan Kesuburan.
    Vitamin E dapat berperan penting dalam meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita. Pada pria, vitamin E meningkatkan motilitas sperma, membantu melindungi sperma dari faktor berbahaya, dan meningkatkan jumlah sperma yang mencapai sel telur. Pada wanita, vitamin E dapat meningkatkan aliran darah ke arteri, meningkatkan ketebalan lapisan rahim, dan mendukung pengobatan kondisi seperti PCOS.​
    3. Regenerasi Sel Kulit.
    Tak hanya bermanfaat dalam program hamil, vitamin E juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Dengan regenerasi sel kulit yang baik, Anda bisa menjaga kulit tetap lembab, kenyal, dan mencegah penuaan dini.​

    Kebutuhan Harian dan Waktu Konsumsi Vitamin E
    Kebutuhan harian vitamin E berbeda tergantung pada usia dan situasi. Untuk pria dan wanita usia 14 tahun ke atas, kebutuhan harian vitamin E adalah sekitar 15 mg atau 22 unit internasional (IU). Namun, bagi Bunda yang sedang hamil atau menyusui, kebutuhan ini sedikit lebih tinggi, yakni sekitar 19 mg (28 IU).
    Saat memutuskan mengonsumsi suplemen vitamin E, pastikan Anda memahami dosis yang tepat. Tanyakan kepada dokter atau profesional kesehatan Anda untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai. Sebaiknya, suplemen vitamin E dikonsumsi setiap hari dan sesuai dengan anjuran yang tertera pada kemasan.

    Rekomendasi Suplemen Vitamin E untuk Program Hamil
    Bunda dan Ayah, jika Anda berencana menjalani program hamil, pemilihan suplemen vitamin E yang tepat dapat menjadi langkah bijak. Berikut adalah beberapa rekomendasi suplemen vitamin E yang bisa membantu dalam program hamil:

    1. Natur-E
    • Rekomendasi: Natur-E Hijau 100 Soft Capsule dan Natur-E Orange 300 Soft Capsule (1 kapsul per hari).
    • Catatan: Untuk konsumsi Natur-E Advanced Soft Capsule, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter karena mengandung Astaxanthin dan Lycopene, yang bukan termasuk vitamin.​
    2. Nourish-E 400 IU
    • Rekomendasi: 1 kapsul per hari.​
    3. Ever-E 250
    • Rekomendasi: 1 kapsul lunak per hari.​
    4. Sidomuncul Vitamin E 300 IU
    • Rekomendasi: 1 kapsul per hari. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi.​
    5. Blackmores Natural E 250 IU
    • Rekomendasi: 1 kapsul lunak per hari untuk dewasa setelah makan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter.​
    6. Wellness Natural Vitamin E
    • Rekomendasi: Sesuai petunjuk dokter atau profesional kesehatan.​
    7. Sea-Quill Vitamin E 400
    • Rekomendasi: 1-2 kali kapsul lunak per hari.​

    Program hamil adalah perjalanan yang sangat penting dalam kehidupan keluarga. Pilihan nutrisi yang tepat, termasuk vitamin E, dapat membantu meningkatkan kesuburan dan kesehatan Anda.
    Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan Anda sebelum memulai program konsumsi suplemen. Dengan pemilihan yang tepat dan dukungan medis yang baik, impian Anda untuk memiliki momongan akan semakin mendekati kenyataan.

    Semoga Anda segera merasakan kebahagiaan keluarga yang Anda nantikan. Selamat mencoba program hamil :D
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,247
    Likes Received:
    2,715
    Trophy Points:
    413
    Saat cuaca panas begini, Vitamin C sangat dibutuhkan dan prioritas.. :D
     
  3. tonyfebryanto

    tonyfebryanto Member

    Joined:
    Mar 10, 2014
    Messages:
    119
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Ada nggak sih vitamin E yang natural dari makanan?
     
  4. Dwi Aditya Herfiansyah

    Dwi Aditya Herfiansyah Member

    Joined:
    Sep 19, 2014
    Messages:
    119
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Betul sekali mas, apalagi untuk ibu hamil. tetapi vitamin E juga tak kalah pentingnya untuk kesehatan ibu hamil, paksu :D
     
  5. Dwi Aditya Herfiansyah

    Dwi Aditya Herfiansyah Member

    Joined:
    Sep 19, 2014
    Messages:
    119
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Saya ada sumbernya mas, mungkin maksudnya vitamin E pada sayur ya mas, berikut saya rangkum dari alodokter.com

    Beragam Sayuran yang Mengandung Vitamin E

    Ada beberapa jenis sayuran yang mengandung vitamin E dan mudah ditemukan, yaitu:

    1. Bayam
    Bayam merupakan salah satu sayuran yang kaya akan Vitamin E. Di dalam 100 gram bayam, terdapat sekitar 4 mg vitamin E.
    Untuk mendapatkan kandungan nutrisi dari sayuran ini, Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus, ditumis, hingga diolah menjadi jus atau smoothies.

    2. Paprika merah
    Paprika merah berukuran sedang atau setara 100 mg mengandung sekitar 1,6 mg vitamin E. Kandungan vitamin E dalam paprika ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan saraf dan otot tubuh.

    3. Daun lobak
    Daun lobak cukup asing bagi sebagian orang. Jenis sayuran yang satu ini memiliki kandungan vitamin E cukup melimpah. Faktanya, di dalam 100 gram daun lobak mengandung sekitar 2,9 mg vitamin E.

    4. Brokoli
    Brokoli termasuk dalam sayuran hijau yang mengandung vitamin E tinggi. Dalam 100 gram brokoli, Anda bisa mendapatkan sekitar 1,5 mg vitamin E.

    5. Wortel
    Wortel juga tergolong salah satu sayuran yang mengandung vitamin E di dalamnya. Meski kandungan vitamin E di dalamnya memang tidak banyak, tetapi manfaat wortel untuk kesehatan tubuh tidak bisa dianggap sepele.

    6. Asparagus
    Asparagus dikenal sebagai salah satu sayuran tinggi nutrisi, karena beragam kandungan di dalamnya seperti fosfor, kalium, dan serat. Bahkan, sayuran ini mengandung sekitar 1,5 mg vitamin E di setiap 100 gramnya.
     
Loading...

Share This Page