Lokasi Dan Harga Tiket Wisata Pantai Baron Gunungkidul Yogyakarta

Discussion in 'Tourism' started by AndroidApkApps, Sep 2, 2020.

  1. AndroidApkApps

    AndroidApkApps Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    696
    Likes Received:
    68
    Trophy Points:
    28
    Gak kalah indah dibanding Pantai Parangtritis, Pantai Baron jadi salah satu destinasi atau tempat wisata Yogyakarta andalan di kawasan Gunung Kidul. Selain keindahan pemandangannya, pantai ini punya banyak keunikan yang tidak bisa kamu dapatkan di tempat lain.

    Apa saja sih hal seru yang bisa kamu temukan di Pantai Baron? Simak informasi tempat wisata Pantai Baron Gunung Kidul, mulai dari rute perjalanan lokasinya, harga tiket masuk pantai, dan tips-tips yang lengkap jika kamu ingin berkunjung!

    1. Keindahan Pantai Baron dengan hasil ikan yang melimpah

    Pantai dengan pasir cokelat kehitaman ini nampak unik karena membentuk cekungan, sehingga saat dilihat dari atas menyerupai huruf "U". Uniknya lagi, Pantai Baron memiliki dua jenis aliran air sekaligus, yakni air asin dan air tawar yang berasal dari aliran sungai.

    Air asin yang berasal dari laut berwarma kebiruan, sedangkan aliran air tawar berwarna kehijauan. Keduanya bertemu dalam satu muara dan membentuk gradasi warna cantik. Meski ombaknya cukup besar, pantai ini relatif aman untuk berenang dibanding Pantai Parangtritis.

    2. Makin kekinian dengan gardu pandang indah

    Berenang bukan satu-satunya kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di sini. Cobalah naik ke atas tebing di sekitar Pantai Baron untuk menyaksikan pemandangan luar biasa dari ketinggian.

    Aksesnya sudah lebih mudah, begitu juga dengan fasilitasnya. Ada instalasi gardu pandang Instagramable yang bisa kamu gunakan untuk berfoto. Ada pula mercusuar dan kamu bisa naik ke atasnya.

    Kamu bakal menemukan banyak perahu bersandar di pinggir pantai. Tak semua perahu nelayan, sebagian merupakan kapal wisata yang bisa disewa oleh pengunjung. Nah, cobalah mengeksplor laut dengan perahu dan rasakan sensasinya.

    Baca juga : Wisata Pantai Sadranan Gunung Kidul : Rute & Harga Tiketnya

    3. Adanya aliran sungai bawah tanah

    Uniknya, Pantai Baron memiliki aliran air bawah tanah yang cukup deras ke arah lautan. Aliran ini mengarah ke laut dan membentuk sebuah sungai. Nah, kamu yang gak berani berenang di laut atau tak tahan dengan air asin, bisa berenang di aliran sungai ini.

    4. Upacara sedekah laut jadi tradisi rutin warga

    Masyarakat Gunung Kidul kerap menyelenggarakan upacara sedekah laut di Pantai Baron sebagai ungkapan rasa syukur penduduk setempat atas melimpahnya tangkapan ikan. Upacara ini diselenggarakan setiap satu Syuro dalam penanggalan Jawa.

    5. Wajib borong ikan segar di pelelangan

    Pantai Baron memiliki tempat lelang ikan. Kamu bisa banget membawa pulang ikan segar hasil tangkapan nelayan. Selain itu, banyak pula rumah makan yang menyediakan olahan seafood, seperti udang windu, kakap, bawal, tongkol, hingga lobster.

    Ingin beli oleh-oleh selain makanan? Bisa! Banyak penjual cenderamata di sekitar pantai, seperti mainan anak-anak, layang-layang, aksesoris dari kerang, hingga miniatur kapal dan hewan.

    6. Rute dan harga tiket masuk

    Pantai ini jaraknya lumayan jauh dari pusat Kota Yogyakarta, yakni sekitar 57,1 kilometer. Kalau naik motor, kemungkinan bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam perjalanan. Meskipun jalannya cenderung berliku, tetapi aksesnya sudah cukup baik, sehingga kamu bisa naik kendaraan pribadi.

    Biaya masuk:
    • Tiket masuk pantai: Rp10 ribu per orang
    • Tiket masuk mercusuar: Rp5.000 per orang
    • Tiket berfoto di gardu pandang: seikhlasnya
    • Parkir motor: Rp2.000 per kendaraan
    • Parkir mobil: Rp5.000 per kendaraan
    Lokasi: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul

    Gimana, sudah siap menjelajah tempat wisata Pantai Baron Yogyakarta? Tetap berhati-hati selama liburan di pantai ya!

    Sumber : https://www.idntimes.com/travel/destination/putriana-cahya/info-wisata-pantai-baron-gunung-kidul/
     
    Last edited: Sep 2, 2020
    Ganyool likes this.
Loading...

Share This Page