List Startup yang Menawarkan Solusi dan Kemudahan di Bidang Pertanian

Discussion in 'Online Business' started by reyhanivandi30, Nov 11, 2021.

  1. reyhanivandi30

    reyhanivandi30 Member

    Joined:
    Dec 1, 2013
    Messages:
    399
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    Dari tahun ke tahunnya, perusahaan startup di Indonesia semakin berkembang. Selain startup yang bergerak di bidang teknologi, sekarang anak muda di Indonesia gencar di bidang peternakan.

    Di Indonesia, dunia peternakan dan pertanian memiliki fasilitas yang berkualitas. Dengan faktor pertanian ini, dapat menunjang kesejahteraan pangan bagi masyarakat.

    Selain itu, bidang pertanian juga bisa menjadi aset berkembang kedepannya untuk Indonesia, sehingga harus dijaga pemeliharaannya.

    Dimulai dengan sebuah masalah yang dihadapi peternak atau petani, lalu generasi milenial memberikan ide, gagasan dan inovasi untuk menjawab permasalahan peternak dan petani yang ada.

    Tren startup berkembang di Indonesia memfokuskan pada perkembangan sistem yang membantu para peternak atau petani, tata kelola, serta manajemen peternakan atau pertanian.

    Berikut beberapa startup yang bergerak di bidang pertanian beserta dengan sistem kerjanya.

    [​IMG]

    1. CI - Agriculture

    Dengan pendekatan analisis big data, CI-Agriculture mampu mengembangkan sebuah sistem manajemen pertanian yang menghasilkan analisis komprehensif. Adanya data ini dihasilkan karena analisis cuaca, informasi sensor tanah, dan pencitraan satelit serta drone.

    Sistem yang digunakan dirangkai dalam tiga produk, yakni Crop accurate, Agritrack serta crop Insurance. Sistem ini akan dapat dipakai per hektar lahan untuk petani, aggregator petani, end buyer, peneliti maupun pemerintah.

    Pada setiap musim, sistem smart farming akan menganalisis data dan merekomendasikan cara bertani yang lebih baik di musim tanam selanjutnya. CI-Agriculture memakai perhitungan berdasar skema pada teknologi smart farming, sistem sensor dan analisis potensi pertanian.

    2. Eragano

    Eragano ialah sebuah aplikasi yang didesain untuk merevolusi metode pertanian dengan berkelanjutan serta meningkatkan kualitas kemakmuran para petani dan juga menyehatkan konsumen.

    Di dalam aplikasi ini, petani akan mendapatkan informasi mengenai cara bercocok tanam, fasilitas pinjaman mikro serta membantu para petani menjual produknya dengan harga terbaikk ke berbagai restoran maupun hotel.

    Eragano ingin membantu petani kecil yang saat ini jumlahnya lebih dari 15%penduduk Indonesia. Dengan solusi end to end yang dibawa Eragano, ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup para petani dari kualitas hasil pertanian.

    Eragano berusaha melepaskan petani dari pinjaman rentenir dengan menghadirkan pinjaman dan asuransi. Tidak hanya itu, dengan meluncurkan EraganoStore, Eragano membantu menjual hasil panen ke restoran, hotel, serta katering dengan harga yang lebih layak.

    3. HARA

    Adanya berbagai macam permasalahan pertanian di Indonesia membantu HARA mengembangkan dan menangani permasalahan dengan teknologi IoT yang dikembangkan.

    HARA menggunakan blokchain yang merangkap sebuah produk dengan dilengkapi berbagai fitur seperti pengambil data, web-based analytic, serta prediksi hasil panen yang disertai rekomendasi untuk para petani.

    HARA mengumpulkan dan memverifikasi data melalui kader pertanian atas persetujuan petani dan juga membangun kerja sama dengan perusahaan di sektor pertanian. Hasilnya, berbagai pihak terkait dalam ekosistem pertanian menjadi terhubung dengan pertukaran data.

    Selain itu, HARA juga menyediakan HARA Depo untuk petani agar dapat membuka akses barang pertanian. Depo ini mengajarkan teknik berwirausaha dan pertanian.

    4. Chickin

    Chickin Indonesia merupakan startup yang bergerak di bidang peternakan ayam yang mengintegrasikan teknologi dengan peternakan ayam melalui IoT. Integrasi ini disebut dengan nama Chickin Smart Farm App.

    Dengan aplikasi ini peternak dapat memantau kondisi kandang, suhu, mengatur agar FCR optimal, hingga fitur harga ayam broiler hari ini.

    Jadi, selain mengetahui kondisi kandang, peternak dapat mengetahui pula trend dari harga ayam.

    5. Crowde


    Crowde merupakan sebuah startup yang bergerak di bidang investasi pertanian. Startup ini beroprasi dengan sistem menghimpun dana dari masyarakat untuk disalurkan kepada petani dengan sistem investasi.

    Berbagai keuntungan yang ditawarkan Crowde seperti penyaluran hasil panen, pencairan dana serta pengembalian pinjaman dapat mempermudah petani yang kesusahan dalam dana pengembangan pertanian.

    Berikut penjelasan mengenai beberapa startup pertanian yang terdapat di Indonesia. Jika dilihat, masing masing startup memiliki keunggulan dan inovasi dari masalah yang diangkat.

    Dapat dilihat, bahwa semakin kesini para generasi muda Indonesia selalu turut serta dalam pengembangan kemajuan Indonesia. Dengan adanya berbagai inovasi, ini juga memudahkan kita dalam bertani.

    Maka dari itu, kita harus mendukung kemajuan sektor peternakan di Indonesia dan ikut andil dalam pengembangan untuk Indonesia yang lebih maju!
     
  2. egihrsn

    egihrsn New Member

    Joined:
    Aug 2, 2019
    Messages:
    29
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    mereka startup utk manfaatkan teknologi di pertanian ya???
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,012
    Likes Received:
    141
    Trophy Points:
    63
    Semua masih terasa asing di telinga akan nama startup dalam biang pertanian itu
    tapi bagus kalau untuk memajukan pertanian Indonesia, supaya bisa mandiri swa sembada pangan.
     
Loading...

Share This Page