Kegunaan dan manfaat beta karoten

Discussion in 'Health & Medical' started by Rinaldy, May 16, 2022.

  1. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    19
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Ada beberapa cara beta karoten dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Di bawah ini, kami memberikan beberapa contoh:

    Beta karoten adalah antioksidan
    Beta karoten, seperti semua karotenoid, adalah antioksidan. Antioksidan adalah zat yang menghambat oksidasi molekul lain; melindungi tubuh dari radikal bebas.

    Radikal bebas merusak sel melalui oksidasi. Pada akhirnya, kerusakan akibat radikal bebas dapat menyebabkan beberapa penyakit kronis.

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan melalui diet membantu sistem kekebalan tubuh, melindungi dari radikal bebas, dan menurunkan risiko terkena kanker dan penyakit jantung .

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi setidaknya empat porsi buah dan/atau sayuran kaya beta karoten setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker atau penyakit jantung.

    Beta karoten dapat memperlambat penurunan kognitif
    Pria yang telah mengonsumsi suplemen beta karoten selama 15 tahun atau lebih sangat lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami penurunan kognitif dibandingkan laki-laki lain, peneliti dari Harvard Medical School melaporkan dalam Archives of Internal Medicine (edisi November 2007).

    Stres oksidatif dianggap sebagai faktor kunci dalam penurunan kognitif, para peneliti menjelaskan. Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen antioksidan dapat membantu mencegah kerusakan kognisi.

    Studi mereka, yang melibatkan 4.052 pria, membandingkan mereka yang mengonsumsi suplemen beta karoten selama rata-rata 18 tahun dengan orang lain yang diberi plasebo. Dalam jangka pendek, mereka tidak menemukan perbedaan dalam risiko penurunan kognitif antara kedua kelompok pria, tetapi dalam jangka panjang jelas bahwa suplemen beta karoten membuat perbedaan yang signifikan.

    Para peneliti menekankan bahwa mungkin ada faktor lain yang berkontribusi pada penurunan kemampuan kognitif yang lebih lambat di antara pria dalam kelompok beta karoten.

    Beta karoten menjaga paru-paru tetap sehat seiring bertambahnya usia
    BMJ menerbitkan sebuah laporan pada Maret 2006 yang menunjukkan bahwa kadar beta karoten darah yang tinggi mengkompensasi beberapa kerusakan pada paru-paru yang disebabkan oleh radikal bebas oksigen.

    Mereka mengukur FEV1 dari 535 peserta dan mengukur kadar beta karoten darah mereka. FEV1 mengukur seberapa banyak udara yang dapat Anda hirup dalam sekali jalan. Mereka menemukan bahwa mereka yang memiliki kadar beta karoten tinggi mengalami penurunan yang jauh lebih lambat dalam ukuran FEV1.

    Sumber & Referensi:
    https://www.medicalnewstoday.com/
    https://www.djenarfan.com/
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,041
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Beberapa orang mungkin pernah mendengar tentang beta karoten, namun tidak tahu apa itu yang buah atau tanaman yang meneghasilkan beta karoten, mungkin beta karotin ini adalah berasal dari Batak, beta, kalau dari Sunda mungkin namanya urang karotin.
     
  3. Lucky2807

    Lucky2807 Member

    Joined:
    Feb 3, 2019
    Messages:
    36
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    trims info manfaat herbalnya mas
     
Loading...

Share This Page