Jenis Pekerjaan Yang Membutuhkan Coworking Space

Discussion in 'General Business' started by creo, Jun 27, 2022.

  1. creo

    creo New Member

    Joined:
    May 19, 2021
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Salah satu pekerjaan yang cukup banyak digeluti banyak orang saat ini adalah desainer grafis. Mulai dari desain pamflet, billboard, hingga video. Salah satu yang akan dibahas kali ini adalah tentang desainer iklan, yang biasa mendesain iklan di baliho, billboard, hingga spanduk. Tentunya, iklan yang mereka desain seringkali Anda temukan di jalan, iklan display di Google, dan sebagainya.

    Tim desain iklan biasanya memiliki satu ikatan dalam badan usaha yang legal, berbentuk PT hingga CV. Tapi, ada juga beberapa pekerja yang bekerja secara bebas (freelancer) yang bekerja di sesuatu perusahaan penyedia jasa pembuatan iklan.

    Bila Anda berencana untuk mendirikan sebuah perusahaan yang mendesain iklan, maka Anda mesti memiliki kantor. Perlu Anda ketahui, banyak desainer iklan yang bekerja di coworking space. Coworking space sendiri adalah jenis ruang kantor bersama, di mana sejumlah pekerja dari berbeda perusahaan bekerja di satu ruang yang sama. Hal ini kadang-kadang membuka peluang bagi suatu perusahaan untuk bertemu dengan perusahaan lainnya dan menjalin kerja sama.

    Jadi, ini menjadi satu hal yang perlu Anda catat terkait jasa satu ini. Kebanyakan desainer iklan yang bekerja secara freelance, bisa Anda temukan di sejumlah coworking space. Tentunya, coworking space akan sangat mendukung untuk bekerja lebih bebas, lebih santai, dan tidak terganggu. Tapi, sekaligus merasa seperti di kantor, hanya saja tidak lebih kaku dan tegas seperti kantor konvensional.

    Hal yang mesti Anda ketahui berikutnya dari tim desainer iklan, biasanya di dalamnya ada sejumlah pekerja dari berbagai jenis divisi, keahlian, dan proporsi kerja. Mulai dari desainer, production house, dan humas yang bekerja sama atau menghubungi merek/brand untuk bekerja sama.

    Siapa pemegang hak cipta dari iklan yang sudah diterbitkan oleh perusahaan iklan tersebut? Tentunya, hak cipta adalah milik dari pemimpin perusahaan iklan tersebut. Kenapa demikian? Karena seluruh ciptaan tersebut diawasi oleh pemimpin perusahaan iklan, sampai selesai prosesnya.

    Padahal, di situ ada desainer, orang yang menggambar, orang yang memiliki ide iklan, penulis atau pemberi ide tulisan, dan sebagainya. Namun, hak cipta tetap berada pada pemimpinnya. Hal itu sudah ditegaskan oleh Pasal 33 ayat (1) UU no 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dalam UU tersebut sudah termaktub bahwa setiap karya ciptaan yang terdiri atas bagian-bagian tertentu, dan dibuat lebih dari dua orang, maka hak cipta adalah milik pencipta. Pencipta yang dimaksud adalah pemimpin yang mengawasi penyelesaian seluruh ciptaan hingga selesai.

    Jadi, seorang desainer iklan di sini meski ia menciptakan sesuatu, dan membuatnya sendiri di rumah sebagai freelancer, namun hak cipta dari karyanya tetap milik pemimpin perusahaan. Itulah kenapa, meski Anda mungkin tak mengerti cara desain menggunakan sejumlah aplikasi, katakanlah Coral Draw, Adobe dan sebagainya, tapi Anda adalah pemilik dari perusahaan iklan tersebut, maka Anda adalah pemilik hak cipta dari setiap karya desain iklan yang terlahir dari perusahaan Anda.

    Apakah semua perusahan iklan bekerja di coworking space? Tentunya tidak. Bahkan lebih banyak perusahaan iklan yang sekarang sudah memiliki kantor sendiri yang independen. Namun, mereka memiliki freelancer untuk desainer grafis, dan sejumlah pekerja lainnya. Nah, para freelance inilah yang bisa Anda temukan di coworking space. Karena tipe pekerja satu ini lebih kreatif, dan dituntut terus produktif mengeluarkan ide. Karena itu, lokasi kerja yang lebih bebas bisa menjadi pilihan paling tepat untuk mereka.

    Ada banyak sekali jasa penyewaan coworking space yang bisa anda pergunakan. Misalnya saja coworking space Jakarta untuk daerah pusat kota Jakarta yang tentunya memiliki banyak keunggulan yang berada di ibu kota negara dengan jumlah penduduk yang tinggi tentunya.

    Terpenting, bila Anda ingin mendirikan perusahaan iklan, Anda mesti memiliki lebih banyak jaringan ke pemilik brand/merek. Sebab, dengan banyak jaringan ke berbagai merek/brand tersebut, Anda bisa mendapatkan lebih banyak project kerja sama yang tentunya bisa mengembangkan perusahaan Anda ke arah yang lebih baik.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,089
    Likes Received:
    146
    Trophy Points:
    63
    Terimakasih, jadi paham tentang coworking
    seperti orang kerja bakti, pengikutnya ada yang tukang nasi bubur, ada petani, pedagang sayuran.
     
Loading...

Share This Page