Inih Cara Agar Debitur Membayar Kewajiban Utangnya Tepat Waktu

Discussion in 'General Discussion' started by arissaputro, Jan 18, 2021.

  1. arissaputro

    arissaputro Member

    Joined:
    Sep 27, 2020
    Messages:
    40
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Kali ini Saya akan membagikan thread mengenai Piutang dagang atau yang biasa disebut juga account receivable.*belajar*
    Piutang dagang adalah salah satu jenis dari piutang.Sedangkan pengertiannya yaitu tagihan atau hak dari suatu perusahaan yang akan dimintakan pembayarannya kepada pihak lainnya(Debitur) ketika sudah waktunya.

    Piutang dagang ini dapat terjadi karena suatu perusahaan menjual dagangan baik barang atau jasa dengan cara kredit.Jika piutang ini dapat ditagih dalam jangka waktu 1 tahun maka ini bisa disebut harta lancar (aktiva lancar).Tetapi jika lebih dari 1 tahun piutang ini harus diungkapkan di laporan keuangan.


    Dalam piutang dagang perusahaan harus berhati-hati karena jika debitur tidak tepat waktu pembayarannya maka akan menimbulkan masalah yang berdampak pada cash flow perseroan.Hal ini akan membuat gangguan seperti biaya operasional membengkak karena membuat penagihan ulang.

    Tetapi walaupun ada masalahnya,piutang ini tetap menjadi bisnis yang bagus jika memiliki strategi yang baik *hore*.Berikut cara-cara yang dapat dilakukan,

    1. Prosedur Dalam Mengajukan Kredit,

    Yang pertama yaitu membuat sebuah prosedur seorang debitur dalam mengajukan kredit yang jelas.Oleh karena itu perlu prosedur pengajuan kredit yang jelas serta rinci seperti jenis-jenis debitur yang mengajukan kredit.

    2. Metode Pengelolaan Piutang,*belajar**belajar*

    Dalam metode pengelolaan piutang hal yang perlu diperhatikan yaitu proses dan jadwal penagihan harus dibuat sesuai dengan prosedur pengajuan kredit yang sudah tertera.Ini penting supaya dapat menghindari jika ada keterlambatan pembayaran piutang.

    3. Mengatasi Masalah Keterlambatan Pembayaran,*interupsi*

    Walaupun sudah membuat prosedur pengajuan kredit dan metode baik proses maupun jadwal penagihan kepada calon debitur.Tetapi kadangkala masih ada debitur yang terlambat bayar kreditnya.Untuk penanganan masalah seperti ini perusahaan dapat menagih piutang tersebut berdasarkan berapa lama piutang tersebut tidak terbayar.

    A. Piutang terlambat dibawah dua minggu akan ditangani tim sales dan jika lebih dari dua minggu, supervisor akan membantu dalam penagihan kepada debitur.

    B. Piutang terlambat lebih dari satu bulan,penanganan akan dibantu manajer dan ini biasanya debitur akan diberikan surat peringatan.Tetapi jika debitur masih belum membayar sampai diatas tiga bulan.Pihak perusahaan perlu penanganan khusus untuk debitur yang sulit dalam membayar kewajibannya.

    Nah dengan penagihan piutang dagang yang tepat waktu dan cash flow perusahaan teratur akan memberikan dampak positif untuk catatan keuangan perusahaan.Itulah tentang pengertian dan strategi yang bagus untuk keberlangsungan perusahaan dalam penagihan piutang dagang.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,627
    Likes Received:
    122
    Trophy Points:
    63
    Kalau sudah perusahaan nasional masalah utang piutang ini mungkin bisa sampai ke pengadilan jika tidak ada titik temu debitur dan kreditur
    kalau yang hutang tetangga sebelah yang lebih galak ketika ditagih hutang mau gak mau legowo cuma kalau dia pengin hutang lagi sudah enggan kasihnya :D
     
    arissaputro likes this.
Loading...

Share This Page