Hati-Hati Jadi Seller Market Place, Ada peluang di ditipu Konsumen

Discussion in 'General Business' started by Yasin online, Feb 2, 2016.

  1. Yasin online

    Yasin online New Member

    Joined:
    Feb 2, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Dear All,
    Saya sekedar sharing saja buat yang lagi jualan online dengan jadi seller di sebuah market place, ada peluang besar kita tertipu oleh pembeli karena market place terlalu berlebihan menservice calon customernya tanpa memperhatikan nasib seller sebagai pemilik barang.
    Peluang yang paling mungkin dan ini sudah saya alami, pembeli mereturn ( mengembalikan barang ) yang mereka beli ( apalagi 2 market place besar saat ini tengah gempur gempuran program ), contoh LAZADA dan MATAHARIMALL mereka tengah bersaing mencari konsumen sebesar besarnya dan menjamin pengembalian barang dengan bebas biaya kirim dan bahkan Mataharimall menggratiskan ongkir.

    Akibatnya sudah ada contohnya, Saya pribadi mendapat pengembalian produk yang bukan produk saya dengan alasan saya salah mengirim produk. Dari produk " Herba Stamin" yang harga Rp.150.000 konsumen tukar dengan produk "herba Hernia" yang hanya 45rb dipasar online. Padahal saya tidak jualan produk herbal hernia ini. Produk saya khusus pasutri ( pasangan suami istri) dan keperkasaan pria dan aneka perawatan tubuh wanita. Nampaknya modus ini sdh mereka persiapkan dengan mencari produk-produk yang mirip.

    Wal hasil saya rugi 2 kali, saya sudah dituduh salah kirim dan uang konsumen dikembalikan sementara produk saya raib di pakai konsumen. Disinilah menurut saya kelemahan sebuah market place, yang saya kwatirkan bila terjadi pada produk-produk harga mahal, misalkan beli KACA MATA harga 1 jt di bilang menerima kaca mata harga 250rb dan barang dikembalikan kepada anda berupa kaca mata palsu dan anda tidak dapat pembayaran dari market place karena dianggap produk return.

    Saya tidak tahu apakah hanya saya yang mengalami, ataukah sudah ada yang lain. Semoga ini menjadi perhatian bagi pengelola bisnis online yang berbasis market place, maka seyogyanya ada sebuah cara ( prosedur) return yang win-win solution dan betul-betul diperhatikan oleh kita semua agar bisnis online kita tidak terkotori oleh tangan-tangan jahil yang hanya mencari keuntungan sesaat dan merugikan bisnis online yang saat ini tengah menjadi alternatif pekerjaan banyak orang.
    Terima kasih semoga bermanfaat..
     
    Last edited by a moderator: Feb 3, 2016
  2. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,455
    Likes Received:
    85
    Trophy Points:
    48
    Susah memang , kebanyakan penyedia layanan e commers akan membenarkan buyer
     
  3. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    760
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    ini modus penipuan baru kah ??
     
  4. anton_sudibyo

    anton_sudibyo Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    459
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Kayanya paling aman yg ada fitur rekber
     
  5. adi hasan

    adi hasan Member

    Joined:
    Jul 6, 2015
    Messages:
    771
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    iyaa itu salah satu kerugian kalo jualan di market place skr ini.....
     
  6. CBCM

    CBCM Member

    Joined:
    Mar 1, 2016
    Messages:
    83
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    8
    kalau gitu systemnya bagusan tokopedia dong, seller bisa bikin aturan sendiri, gak bisa customer asal return :)
     
Loading...

Share This Page