Fakta Menarik Seputar Pulau Kalimantan

Discussion in 'Tourism' started by borneochannel, Nov 2, 2016.

Tags:
  1. borneochannel

    borneochannel New Member

    Joined:
    Sep 4, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Tempat Ini adalah salah satu pulau di Indonesia yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan namun mempunyai banyak keunikan dan daya tarik dan termasuk juga kaya dengan warisan budaya. Wilayah Kalimantan terkenal dengan hutan tropis serta memiliki sumber daya alam yang terbanyak di Indonesia, dapat ditemukan Flora dan fauna eksotis di bumi Kalimantan.

    [​IMG]
    Dahulu, pulau ini dihuni oleh etnis Dayak sebagai penghuni asli Kalimantan. Dahulu mereka tinggal di dalam hutan dan hidup secara berpindah-pindah. Namun saat ini perubahan dan arus modernisasi telah merubah beberapa masyarakat asli suku Dayak untuk bergaul dengan becampur menjadi satu dengan masyarakat dari berbagai suku di kota besar.

    Di daerah pedalaman kalimantan, masyarakat Dayak hidup di rumah panjang yang disebut Lamin atau Radankng. Biasanya sebuah rumah dihuni oleh 50 orang atau lebih. Tercatat Ada banyak suku Dayak serta sub suku yang teridentifikasi tercatat di pulau Kalimantanini. Keberadaan sungai memainkan peranan peranan yang sangat penting dalam hal komunikasi dan ekonomi penduduknya.

    Sebagian besar masyarakat hidup dan berpusat di sekitar aliran sungai termasuk juga kegiatan mereka dan rumah. Pulau Kalimantan terbagi menjadi 5 provinsi yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat , Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat , Kalimantan Timur. Masing masing provinsi memiliki ciri khas, bahasa, potensi alam, budaya, dan keunikannya sendiri-sendiri.

    Cagar Alam Dan Cagar Alam

    Kalimantan tersimpan beberapa cagar alam yang digunakan untuk melindungi flora serta fauna unik dan langkah di tempat ini. Beberapa diantaranya adalah :
    Kersik luway berlokasi di Sungai Mahakam,
    Taman Nasional Kutai yang berlokasi di Bontang,
    Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah, dan lain lain.

    Trekking Dan Petualangan

    Berpetualang di sepanjang sungai dan melakukan tracking ke banyak tempat termasuk juga ke pedalaman merupakan salah satu kegiatan mengagumkanmenarik yang sering di lakukan oleh para traveller yang liburan ke Kalimantan. Terdapat banyak desa tradisional yang masih mencegah serta melestarikan adat istiadat mereka di Kalimantan.

    Kota Kota Utama Di Kalimantan

    Kalimantan terkenal sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia. Kalimantan memiliki beberapa kota terkenal yang menjadi kota kota utama yaitu : Kota Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin dan Tarakan.

    Akomodasi

    Terdapat banyak kota menarik yang memiliki banyak penginapan yang bisa anda gunakan. Mulai dari hotel hingga losmen serta restoran tersedia di Kalimantan. Selain itu, Kalimantan juga memilikimemiliki kehidupan malam yang menarik dengan berbagai fasilitasnya.

    Transportasi

    Adapun TransportasiPulau Kalimantan yang luas memang tidak sebaik pulau Jawa. Jalan -jalanJalan-jalan terlihat baikhanya di pusat kota dan jalan-jalan yang menghubungkan antar provinsi dan kota. Akan tetapi, beberapa jalan yang berada di desa atau berada di luar kota seringkali terlihat rusak dan belum beraspal.
    Namun, Transportasi di Kalimantan dapat dikatakan lengkap mulai dari bus antar kota, angkot untuk di kota, dan Taxi.

    Objek Wisata

    [​IMG]
    Wilayah Kalimantan memiliki banyak objek wisata menarik diantaranya yaitu Sungai Kuin yang merupakan pusat pasar terapung di Sungai Barito. Kemudian, terdapat juga tugu khatulistiwa di ibukota provinsi Kalimantan barat, Pontianak. Beberapa tempat yang disukaioleh traveller adalah Bukit kelam, Labuan Cermin, Berau, Parakan, Balikpapan, Samarinda, Pontianak, dll. jangan lewatkan makanan dan kuliner tradisional khas kalimantan

    Budaya

    Ada 5 budaya dasar masyarakat asli rumpun Austronesia di Kalimantan atau etnis Kalimantan yaitu Dayak, Melayu, Banjar, Paser dan Kutai. Sedagkan, sensus BPS tahun 2010, etnis bangsa yang Terdapat di Kalimantan Indonesia dikelompokan menjadi tiga kelompok yaitu suku Banjar, suku Dayak Indonesia terdiri dari 268 suku bangsa dan suku asal Kalimantan lainnnya.
    Suku Melayu bermukim di wilayah pulau Karimata dan pesisir Kalimantan Barat, Sarawak, Brunei hingga pesisir Sabah. Adapun, etnis Banjar menempati wilayah Kalsel serta sebagian Kalteng dan Kaltim. Selain itu, suku Kutai dan Paser menempati wilayah Kaltim. Selain itu, suku Dayak menempati wilayah pedalaman Kalimantan.

    Bahasa

    Sedangkan Bahasa yang digunakan di Kalimantan lazimnya adalah bahasa Indonesia. Walaupun demikian, di beberapa daerah seperti di Banjarmasin atau Kalimantan Selatan masyarakat di sana menggunakan bahasa banjar sebagai bahasa sehari - hari.
    Selain itu jikaanda anda berkunjung ke Kalimantan Barat, warga di sana lebih banyak memakaimenggunakan bahasa melayu. Begitu juga dengan Kalimantan Tengah. Mereka memiliki bahasa sendiri yang tidak sama dengan Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat. Ada juga penduduk yang datang dari luar daerah turut serta membawa bahasa mereka seperti bahasa bugis, bahasa jawa, dan banyak lagi selain itu.
     
    lasealwin likes this.
  2. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Suku dayak most populer...
    Katanya semua orang dayak Kristen....
     
  3. Explore Wisata

    Explore Wisata Member

    Joined:
    Jan 30, 2017
    Messages:
    429
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    ane punya banyak temen dari kalimantan,,, kalo ngomong keras tapi hatinya lembut,,, seneng banget bisa berteman dengannya .. maaf curcol
     
Loading...

Share This Page