Enam Manfaat Chatbots untuk Bisnis, Perusahaan, dan Konsumen

Discussion in 'General Business' started by Rinaldy, Aug 5, 2022.

  1. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    46
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Dukungan atau pemasaran chatbot adalah istilah populer di sektor bisnis. Pelanggan bisa mendapatkan dukungan real-time dari chatbots melalui teks, telepon, atau diskusi video, dan chatbot bisa sangat efektif. Menurut statistik, industri kecerdasan buatan (AI) akan meningkat secara eksponensial selama sepuluh tahun ke depan dengan kecepatan 41,2 persen, mencapai $29 miliar per tahun pada tahun 2023.

    Sebagai salah satu sub-kategori teknologi yang tumbuh paling cepat untuk dirangkul pada tingkat awal ini, chatbots menarik lebih banyak perhatian dari masyarakat umum. Pada tahun 2024, pasar untuk perangkat lunak chatbot diproyeksikan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sekitar 26 persen, mencapai $3,89 miliar. Itu karena chatbots dapat secara signifikan mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan perusahaan dan pelanggan untuk tugas yang berulang seperti menjawab pertanyaan atau membuat kebijakan, barang, atau layanan baru, misalnya.

    Bagaimana Cara Kerja Chatbot dan Apa Itu Chatbot?
    Chatbot adalah perangkat lunak komputer yang menggunakan kecerdasan buatan untuk melakukan percakapan berbasis teks dengan orang-orang dalam kerangka dialog yang telah ditentukan. Pada aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Slack, dan Telegram, chatbots sering digunakan. Versi paling canggih menggunakan metode statistik dan pembelajaran mesin untuk mengekstrak informasi dari materi dan melakukan aktivitas tanpa perlu partisipasi manusia.

    Chatbot yang lebih canggih dapat mensimulasikan interaksi manusia dengan klien dengan "memahami" bahasa alami dengan lebih baik dan menyesuaikan balasan mereka. Untuk melakukan ini, mereka mengambil konteks percakapan, merumuskan tanggapan, dan memilih kata-kata yang paling tepat untuk bereaksi jika belum diketahui oleh mereka. Perusahaan dapat mengotomatiskan interaksi klien dan memberikan layanan pelanggan kelas satu dengan menggunakan chatbots.

    NLP (Natural Language Processing) dan pembelajaran mesin digunakan oleh bot untuk mengevaluasi data dan menarik kesimpulan. Chatbots bertenaga AI percakapan mengambil keterampilan baru melalui interaksi dengan pengguna. Sangat penting untuk diingat bahwa teknologi ini masih cukup baru dan perlu perbaikan berkelanjutan untuk menghilangkan kesalahan dan memenuhi janji untuk memberikan apa yang diinginkan klien.

    Keuntungan dari Mengintegrasikan Chatbots
    Chatbots dapat merevolusi praktik perusahaan Anda jika mereka memiliki karakteristik yang tepat. Perusahaan sekarang memiliki pilihan: perusahaan beradaptasi atau perusahaan mungkin berhenti berkembang dan keluar dari bisnis.

    Mari kita periksa beberapa keuntungan utama menggunakan chatbots dengan kecerdasan buatan ke dalam operasional perusahaan.

    1. Layanan Pelanggan Teladan
    Dengan chatbots, Anda dapat membantu pelanggan secara instan dalam situasi di mana respons terhadap email akan memakan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Dengan segera bereaksi terhadap klien, chatbots menurunkan kemungkinan kesalahpahaman dan mengurangi peluang mendapatkan rating buruk.

    2. Penghematan Waktu & Finansial yang Besar
    Menurut survei oleh Retaildive, chatbots pasti akan mengubah cara perusahaan berkomunikasi dan memasarkan layanan mereka selama beberapa tahun ke depan. Dengan mengurangi jumlah waktu dan uang yang hilang selama transaksi, chatbot diharapkan menghasilkan penghematan sebesar $11 miliar pada tahun 2023. Studi yang sama menemukan bahwa chatbot otomatis yang didukung oleh teknologi dan perangkat lunak AI yang memberikan solusi secara real-time dengan menjawab pertanyaan pelanggan, kekhawatiran, dan permintaan akan menumbuhkan sektor bisnis e-commerce menjadi $ 112 miliar tahun ini dan akan bertanggung jawab atas penghematan hampir 2,7 miliar jam.

    3. Penghapusan Tugas yang Memakan Waktu dan Membosankan
    Anda dapat yakin bahwa chatbot Anda akan siap membantu kapan pun konsumen membutuhkan dukungan setelah jam kerja. Chatbots efektif dalam menanggapi pertanyaan yang berulang dan sulit seperti FAQ. Pelanggan lebih bahagia dan lebih senang dengan bisnis yang telah menerapkan chatbots ke dalam infrastruktur mereka karena mereka tidak perlu menunggu lama untuk balasan email atau voicemail message.
    [​IMG]
    4. Jaminan Customer Journey yang Lebih Lancar
    Kapasitas untuk merampingkan pengalaman klien adalah keuntungan utama chatbots. Siapa pun yang menjalankan bisnis yang menjual barang secara online sadar bahwa tidak perlu banyak mengganggu klien yang akhirnya akan mencegah mereka melakukan pembelian. Dengan chatbots, perusahaan dapat memantau bantuan apa yang mungkin dibutuhkan klien selama atau setelah checkout atau memberikan bujukan kepada mereka untuk menyelesaikan pesanan mereka.

    Bot ritel digunakan oleh lebih banyak perusahaan. Saat ini, bukan hal yang aneh untuk melihat satu iklan pop-up untuk produk di setiap halaman tertentu, atau iklan yang muncul saat pengguna mengarahkan kursor ke item yang mungkin ingin mereka beli dan meminta informasi tentang biaya pengiriman.

    5. Pengalaman Konsumen Lebih Sedikit Stres & Kecemasan
    Menurut penelitian dari Helpshift, sebagian besar pelanggan menghindari berbicara dengan layanan pelanggan karena mereka merasa tidak nyaman atau terganggu. Mereka menganggap panggilan telepon tidak nyaman, sementara yang lain menganggapnya mahal atau tidak perlu. Memberi pelanggan Anda pilihan untuk berkomunikasi dengan Anda melalui platform yang lebih praktis — seperti aplikasi perpesanan — membantu meningkatkan kepuasan pelanggan, menghemat biaya dukungan, dan meningkatkan KPI pusat kontak.

    6. Peluang untuk “Memanusiakan” Brand Anda
    Kemampuan chatbots untuk berinteraksi dengan klien memiliki beberapa level fleksibilitas. Bisnis & perusahaan dapat menggunakan chatbots dengan cara ini untuk berbagai tujuan, seperti bantuan teknis, data penjualan, dan manajemen akun. Jika Anda mencari sesuatu yang lebih baik dari spektrum bisnis, ini memberikan fleksibilitas kepada perusahaan untuk merancang chatbot yang sesuai dengan pekerjaan apa pun yang mereka programkan, apakah itu manajer teknologi/penjualan/akun yang ramah.

    Bergantung pada bagaimana bahasa brand Anda direpresentasikan, personifikasi chatbot ini tidak hanya berguna tetapi juga sangat menguntungkan untuk mengembangkan koneksi pelanggan yang kuat. Ini juga dapat menghilangkan ketakutan orang-orang tentang percakapan dengan chatbots.

    Pendekatan Gupshup
    Tahukah Anda bahwa salah satu dari 10 perusahaan pembuat chatbot bertenaga AI teratas di dunia untuk tahun 2021 adalah Gupshup?

    Dengan bantuan platform bot Gupshup - Penyedia Chatbot API terbaik di Indonesia - perusahaan dapat membuat chatbot dan asisten suara canggih yang dapat digunakan di lebih dari 30 channel. Untuk membantu mengembangkan bot untuk kasus penggunaan, pengembang dapat menulis dokumentasi yang mencakup informasi tentang setiap fungsi serta inline documentation. Klik #LetsGupshup untuk info lebih lanjut tentang ChatBot by Gupshup - Penyedia Chatbot API tepercaya di Indonesia.

    Sekarang setelah kita mengetahui beberapa keuntungan utama dari menggabungkan chatbot ke dalam struktur perusahaan, mari kita coba menjawab beberapa pertanyaan umum tentang subjek tersebut.

    Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)
    Apakah Chatbot Ekonomis?
    Menurut perkiraan IBM, chatbots dapat merespons dengan benar hingga 80% pertanyaan reguler, berulang, dan sering diminta. Chatbot dapat menjawab ratusan pertanyaan sekaligus, tetapi bantuan manusia atau obrolan langsung hanya dapat menangani satu pertanyaan pada satu waktu, secara substansial mengurangi total biaya yang terkait dengan layanan pelanggan.

    Bagaimana Chatbot dapat Menguntungkan Perusahaan Saya?

    Chatbot dapat diintegrasikan ke dalam situs web oleh brand dan bisnis dari berbagai ukuran untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkan pendapatan, dan mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan klien. Klien potensial dapat dengan mudah berkomunikasi dengan brand Anda melalui dialog simulasi berkat chatbots.

    Chatbots—Apakah Tool Ini Adalah Masa Depan?
    Chatbot bertenaga AI dan teknologi lainnya telah memungkinkan untuk memberikan bantuan dan solusi pelanggan dengan lebih cepat. Dukungan pelanggan masa depan mencakup dukungan percakapan, yang membantu menyediakan layanan pelanggan yang lebih cepat dalam bentuk rekomendasi produk yang cerdas, dan melibatkan pelanggan melalui kampanye pemasaran yang ditargetkan. Dan chatbots, terutama yang disediakan oleh Penyedia Chatbot API pilihan di Indonesia, mungkin cukup berguna dalam upaya ini.

    Apakah Chatbot Membantu Menghubungkan Bisnis/Perusahaan dan Pelanggan?
    Tanpa ragu, jawabannya adalah ya.

    Saat ini, chatbots adalah formula pemenang untuk bisnis kecil atau besar apa pun dan merupakan tambahan yang luar biasa untuk tumpukan teknologi apa pun. Keuntungan dari teknologi chatbot terlihat jelas dalam hal menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik, selain itu chatbots yang digerakkan oleh AI memiliki kemampuan untuk melakukan lebih banyak hal dalam menghubungkan bisnis/perusahaan dan konsumen mereka.


    Sumber
    Dilokalisasi dari:

    6 Advantages Of Chatbots For Companies & Customers

    Sumber Sekunder:

    3 Compelling Reasons To Use WhatsApp Chatbot For Customer Support
     
  2. Ibnu Ayun

    Ibnu Ayun Member

    Joined:
    Apr 15, 2020
    Messages:
    24
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Jadi misal penjual gak online, AI Chatbot yg jawab pesan pelanggan yang nge-chat kayak gitu? Mirip yang di WA Business ya berarti?
     
  3. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    46
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    iya benar, mirip mas...
     
Loading...

Share This Page