Do'a Mandi Keramas pada Bulan Ramadhan

Discussion in 'Education' started by Ashary, Apr 7, 2021 at 6:29 PM.

Tags:
  1. Ashary

    Ashary New Member

    Joined:
    Mar 29, 2021
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. Ahlan wa Sahlan, Marhaban ya Ramadhan. Tidak terasa sebentar lagi kita akan menyambut Bulan Suci Ramadhan.

    Bulan Ramadhan atau bulan puasa merupakan bulan dimana seluruh Umat Islam yang telah akil baligh diwajibkan untuk Berpuasa selama satu bulan penuh. Bulan Ramadhan juga disebut sebagai bulan turunnya Al-Qur'an. Maka dari itu, kita sebagai Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an.

    Secara bahasa, puasa berarti menahan. Sementara menurut istilah, puasa adalah melakukan ibadah dengan niat kepada Allah SWT, menahan diri dari makan dan minum serta dari seluruh hal yang membatalkan puasa. Puasa dilakukan sejak terbit fajar kedua sampai terbenam matahari, yang dilakukan oleh orang tertentu dengan syarat tertentu. Selain berpuasa, di bulan Ramadhan ini juga banyak sekali amalan-amalan yang bisa menambah pahala kita.

    Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ
    علَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
    Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa," (QS Al-Baqarah: 183)

    Selain menahan lapar dan haus, puasa juga menganjurkan kita untuk menjaga emosi. Amarah, nafsu, dan emosi yang berlebih dapat menyia-nyiakan kegiatan berpuasa. Oleh karena itu, waktu berpuasa dapat kita habiskan dengan memperbanyak beribadah, membaca Al Quran, dan meminta atau memberikan maaf kepada orang lain.

    Sebelum memasuki bulan suci ramadhan, biasanya umat islam akan melakukan tradisi mandi keramas. Mandi Keramas sendiri tujuannya adalah untuk membersihkan diri yang dilaksanakan sehari sebelum memasuki bulan ramadhan.

    Sebenarnya melakukan mandi sebelum bulan puasa bukan menjadi salah satu syarat berpuasa dalam Islam. Karena syarat wajib berpuasa di bulan Ramadhan yaitu sudah pasti memeluk agama Islam, sudah akil baligh, dan berakal sehat.

    Namun, tradisi mandi keramas sebelum berpuasa tampaknya sudah menjadi sesuatu yang lumrah di masyarakat kita. Berikut adalah Do'a Mandi Keramas sebelum berpuasa yang dapat Dunia Kita News rangkum:

    بسم الله الرحمن الرحيم
    نَوَيْتُ الغُسْلَ لِدُخُوْلِ رَمَضَانَ سُنَّةً لِلّه تَعَالَئ​

    “ Nawaitu Guslal Lidhukhuli Romdhoona sunatallillahi ta’alla.”

    Artinya : Saya berniat mandi sunat sebelum bulan Ramadhan karena Alloh ta’ala

    Nah, itulah Do'a Mandi Keramas yang bisa kalian hafalkan sebelum mandi keramas. Semoga bermanfaat, dan semoga puasa kita di tahun ini diberikan kelancaran serta seluruh Amal dan Ibadah kita di bulan Ramadhan ini diterima oleh Allah SWT. Aamiin...

    Terima kasih telah mengunjungi website Mimin. Jika ada yang salah atau keliru pada artikel ini mengenai bulan ramadhan, kalian bisa menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibawah agar Mimin dapat memperbaikinya. Jangan lupa share artikel ini jika kalian merasa artikel ini bermanfaat untuk orang-orang di sekitar kita.*
     
Loading...

Share This Page