Daging Sapi: Manfaat Kesehatan, Nutrisi, dan Cara Mempersiapkannya

Discussion in 'General Discussion' started by RyanNDI, Nov 11, 2022.

  1. RyanNDI

    RyanNDI Member

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    80
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Orang telah makan daging sapi selama ribuan tahun. Sapi peliharaan pertama hidup di Timur Tengah hampir 10.000 tahun yang lalu sebelum migrasi membawa mereka ke Afrika.

    Sudah perjalanan panjang dari sabana ke meja makan. Daging sapi mungkin terlihat sangat berbeda sekarang daripada di masa-masa awal bertani. Namun, daging sapi masih merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral yang kuat.

    Keuntungan sehat

    Daging sapi adalah sumber protein dan nutrisi lain yang baik, tetapi juga tinggi kolesterol dan lemak jenuh yang dapat menyebabkan timbunan lemak dalam darah.

    Daging sapi bisa menjadi bagian yang sehat dari diet Anda, tetapi harus dimakan dalam jumlah sedang. Menurut para ahli dari Universitas Harvard, "kumpulan bukti menunjukkan hubungan yang jelas antara asupan tinggi daging merah dan daging olahan dan risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, dan kematian dini yang lebih tinggi."

    Makan daging sapi memang meningkatkan risiko kesehatan Anda secara keseluruhan. Namun, ada beberapa manfaat makan daging sapi jika Anda memakannya dalam porsi kecil dan memilih potongan tanpa lemak.

    Kesehatan darah

    Daging sapi adalah sumber zat besi yang sangat baik. Zat besi dalam daging sapi membantu tubuh Anda memproduksi hemoglobin, protein yang membantu darah Anda membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh Anda. Tidak mengonsumsi cukup zat besi dapat menempatkan Anda pada risiko anemia defisiensi besi, yang berarti tubuh Anda tidak mendapatkan cukup oksigen. Anda mungkin merasa lelah, lesu, lemah, dan mental berkabut.

    Makan daging sapi dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi pada orang yang berisiko.

    Kekebalan dan penyembuhan

    Daging sapi adalah sumber seng yang baik, yang dibutuhkan tubuh untuk menyembuhkan jaringan yang rusak dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Anak-anak dan remaja juga membutuhkan jumlah zinc yang sehat untuk memastikan mereka tumbuh dan berkembang.

    Fungsi otot

    Protein sangat penting untuk kesehatan otot. Ini membangun kembali jaringan otot yang secara alami hilang dalam keausan kehidupan sehari-hari. Protein juga membantu Anda membangun lebih banyak otot dan sangat membantu jika Anda melakukan latihan kekuatan.

    Satu porsi daging sapi memasok jumlah protein harian yang direkomendasikan, membantu mencegah hilangnya massa otot. Kehilangan massa otot dapat membuat Anda merasa lebih lemah dan mungkin menyulitkan Anda untuk menjaga keseimbangan, terutama jika Anda berusia 55 tahun atau lebih.

    Nutrisi

    Nutrisi per Porsi


    Profil nutrisi daging sapi sedikit berubah tergantung cara Anda memasaknya. Namun, rata-rata, satu porsi daging sapi empat ons mengandung:

    - Kalori: 265
    - Protein: 21 gram
    - Lemak: 19 gram
    - Karbohidrat: 0 gram
    - Serat: 0 gram
    - Gula: 0 gram

    Satu porsi daging sapi juga memberi Anda 12% dari dosis zat besi harian yang direkomendasikan, serta vitamin dan mineral berikut:

    - Fosfor
    - Vitamin B3
    - Vitamin B6
    - Vitamin B12
    - Seng

    Ukuran Porsi

    Satu porsi daging sapi hanya empat ons, setara dengan seperempat pon burger. Karena daging merah dikaitkan dengan begitu banyak risiko kesehatan, penting untuk menjaga ukuran porsi Anda ke jumlah itu atau kurang.

    Cara Menyiapkan Daging Sapi

    Untuk mendapatkan dampak nutrisi daging sapi dengan lebih sedikit kolesterol dan lemak jenuh, pilih potongan yang lebih ramping. Carilah potongan berlabel “extra lean” atau “lean”, dan selalu pilih potongan dengan lemak yang paling sedikit terlihat.

    Potong sebanyak mungkin lemak yang terlihat sebelum Anda memasak daging sapi. Proses memasak akan menyebabkan banyak sisa lemak mencair. Pilih metode memasak seperti memanggang, memanggang, atau memanggang, di mana daging sapi diletakkan di atas rak dan lemaknya bisa menetes ke dalam wajan.

    Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memasak daging sapi tanpa lemak:

    - Campurkan rendaman rendah lemak menggunakan anggur merah, jus lemon, atau kecap, lalu panggang daging sapi di dalam oven.
    - Gosok potongan daging sapi dengan campuran bumbu dan rempah, lalu masak di atas panggangan.
    - Potong daging sapi menjadi potongan-potongan kecil, potong beberapa sayuran, dan tambahkan ke tusuk sate untuk beberapa kabobs daging sapi yang lezat.
    - Daging sapi panggang dibumbui dengan garam, merica, dan rempah-rempah favorit Anda.

    Kunjungi Juga: Restoran Diet
     
    Last edited by a moderator: Nov 11, 2022
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,267
    Likes Received:
    155
    Trophy Points:
    63
    Ada memelihara sapi tapi malah jarang makan daging sapi.
    harganya juga sudah tinggi, tapi dibutuhkan penjual bakso.
     
Loading...

Share This Page