Cara Sederhana Merawat Trafo Listrik Agar Tetap Awet

Discussion in 'General Business' started by Zuli Haismi, Nov 17, 2020.

  1. Zuli Haismi

    Zuli Haismi New Member

    Joined:
    Apr 27, 2020
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Tidak bisa dipungkiri bahwa trafo salah satu bagian listrik yang sangat penting. Trafo sering disebut juga transformator yang merupakan serangkaian alat memindahkan tenaga listrik dari beberapa rangkaian listrik melalui induksi elektromagnetik. Fungsi trafo adalah menaikan dan menurunkan tegangan listrik AC atau tegangan bolak balik. Alat ini digunakan untuk mengubah tegangan AC dari tegangan atau voltase tertentu ke voltase yang diperlukan . Trafo sering menjadi pemicu pemadaman listrik loh. Apabila trafo rusak akan berpengaruh terhadap aliran listrik. Oleh karena itu perawatan trafo listrik harus diperhatikan untuk menjaga kualitasnya.


    Disamping perawatan yang intens, kamu juga harus memperhatikan tempat dan merek trafo sebelum melakukan pembelian, supaya kualitasnya terjamin. Kamu bisa mencari informasi tentang Distributor trafo dan Jual Trafo Murah untuk mendapatkan harga dan kualitas terbaik. Nah, seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa trafo memiliki peranan penting dan menjadi sumber masalah saat listrik padam. Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu perlu melakukan perawatan trafo listrik di rumahmu secara berkala, sehingga aliran listrik tetap stabil dan tentunya dapat diandalkan.


    Perawatan trafo yang intens sangat berguna untuk memaksimalkan kinerja trafo listrik dan bertahan lama. Kamu juga bisa menggunakan jasa perawatan trafo loh sebagai solusi terbaik untuk menjamin sistem kelistrikan di rumah kamu. Proses ini bisa kamu lakukan secara berkala, untuk tujuan jangka pendek maupun jangka panjang dengan melakukan pemeriksaan secara rutin. Beberapa langkah berikut ini bisa kamu coba untuk perawatan trafo listrik di rumah. Yuk simak ulasannya berikut ini:


    Coba Melakukan Pemeriksaan Trafo Harian

    Jika kamu ingin melakukan perawatan trafo secara harian, kamu bisa melakukan 3 Langkah berikut ini:

    1. Kamu harus rutin memeriksa Magnetic Oil Gauge ( MOG) dari tangki utama ke tangki konservatori. Pastikan MOG di level yang tepat.

    2. Kamu juga harus memeriksa kebersihan silika gel dan ganti jika warnanya sudah berubah menjadi merah muda.

    3. Kamu harus benar-benar memeriksa kebocoran, dan apabila terjadi kebocoran segera segel

    Kamu Juga Bisa Mencoba Pemeriksaan Trafo Bulanan

    Jika kamu tidak punya waktu merawat trafo setiap hari, kamu bisa melakukan perawatan setiap bulan atau sekali enam bulan secara berkala. Dalam pemeriksaan trafo bulanan kamu bisa memeriksa level minyak dalam tutupnya, agar tidak turun di bawah batas yang disarankan. Tentunya proses ini bertujuan untuk mengantisipasi kerusakan.

    Satu hal yang terpenting jika kamu melakukan perawatan trafo setiap bulan adalah, memeriksa oil di dalamnya. Pastikan berada di level yang tepat. Kamu harus melakukan pemeriksaan secara berkala setiap bulannya. Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan trafo sekali enam bulan kok. Lakukanlah pemeriksaan pada oli transformator. Dalam jangka enam bulan kamu harus memeriksa oli transformator seperti kekuatan dielektriknya, kadar air, keasaman, kandungan lumpur, titik nyala,dan tingkat resistivitasnya. Dan jangan lupa, selain perawatan kamu harus memilih trafo terbaik ditempat yang tepat. Untuk menemukannya coba cari di mesin pencari google dengan menggunakan kata kunci Jual trafo PLN atau Distributor panel listrik ya.


    Perawatan Trafo Tahunan

    Jika kamu ingin memeriksa trafo tahunan untuk perawatan, banyak langkah-langkah yang harus kamu lakukan. Dan saya akan menjabarkan beberapa langkah penting saja agar kamu mudah menerapkannya. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa kipas udara dan pompa oli yang berguna untuk mendinginkan trafo dan sirkuit kontrol. Bersihkanlah area bushing trafo dengan menggunakan kain katun lembut. Periksa juga kondisi minyak OLTC. Periksa indikator suhu dan pastikan berfungsi dengan benar. Kamu juga wajib memeriksa semua kotak marshalling dari dalam. Periksa juga penerangan dan pemanas ruangan apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Kemudian, periksa terminal kontrol dan kabel relay dan kencangkan setahun sekali.

    Nah, itulah beberapa perawatan sederhana trafo listrik yang bisa kamu lakukan secara berkala. Jika kamu merasa perawatan trafo terlalu teknis, kamu bisa kok menggunakan jasa perawatan trafo. Mungkin kamu sedang bingung mencari tempat jual trafo dan perlengkapan listrik berkualitas terbaik, coba berkunjung ke http://www.distributorpanel.net/. Bukan hanya trafo, disana tersedia berbagai perlengkapan listrik loh, mulai dari Jual Panel Murah sampai dengan Panel Maker. Selamat mencoba:)
     
Loading...

Share This Page