Cara Sederhana Menambah Pelanggan Setia

Discussion in 'General Business' started by nadyadpsl, Jun 3, 2014.

  1. nadyadpsl

    nadyadpsl Member

    Joined:
    May 13, 2014
    Messages:
    105
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    CITY DIRECTORY - Banyak perusahaan besar rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar demi sebuah program yang dirancang khusus untuk mendapat serta menjaga pelanggan agar tetap setia. Program ini disebut Customer Loyalty Program (Program Loyalitas Pelanggan). Cara tersebut dilakukan karena mereka menyadari bahwa mempertahankan pelanggan setia sama pentingnya dengan menjaga kualitas dan layanan.​

    Jika Anda sedang merintis sebuah bisnis, sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk merancang program serupa namun dengan anggaran yang lebih terjangkau. Bagaimana memulainya?​

    Perhatikan langkah-langkah berikut.
    *floating**floating**floating**floating**floating**floating**floating**floating**floating**floating*


    1. Menyimpan data
    Pepatah bilang tak kenal maka tak sayang. Maka mulailah dengan menyimpan informasi mengenai pelanggan-pelanggan Anda, kenali mereka. Caranya bisa dengan meletakkan toples kecil dan minta mereka untuk meninggalkan kartu nama atau membuat angket kepuasan pelanggan. Manfaatkan informasi sedemikian rupa sehingga mereka merasa lebih "dihargai" hingga akhirnya dengan senang hati menjadi pelanggan setia.
    2. Membuat program berkelanjutan
    Sebuah konsep keanggotaan (membership) bukanlah ide yang buruk. Sebelum menerapkan sistem tersebut, buatlah program yang berkelanjutan. Berikan layanan ekstra untuk para member secara kontinyu, bukan hanya saat pendaftaraan atau sesekali saja.
    3. Memberi hadiah (reward)
    Sisihkan dana untuk memberi reward kepada pelanggan setia agar mereka tidak melirik, coba-coba, hingga akhirnya berpaling ke produk kompetitor dan meninggalkan Anda. Jangan lupa juga bahwa biaya promosi untuk mencari pelanggan baru relatif lebih besar daripada mempertahankan yang sudah ada.
    4. Membuat program komunikasi
    Tidak ada hubungan yang bertahan lama tanpa komunikasi. Hal ini juga berlaku untuk hubungan bisnis. Susunlah sebuah program yang memungkinkan pelanggan berkomunikasi dengan merek Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan menyediakan kotak saran, memberikan newsletter, bulettin, atau cara yang lebih mudah dan murah; memanfaatkan social media seperti Facebook, Twitter, atau email. Program komunikasi ini juga membuat merek Anda menjadi lebih "hidup".​


    Terakhir, jangan lupa untuk terus menjaga layanan dan kualitas. Seberapapun setia pelanggan Anda, cepat atau lambat mereka akan pergi seiring menurunnya kualitas dan layanan yang diberikan.
    sekian..
    sumber : artikel bisnis
    *magicleft*semoga bermanfaat *magicright*
     
    stefan one likes this.
  2. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    bener nih kata TS harus meningkatkan pelayanan dan kualitas..... :D

    oiya btw emotnya kalau di gabung-gabung jadi kaya si kelinci sedang melakukan "Jurus seribu bayangan" versi naruto ya, ckck

    *patpatdance**patpatdance**patpatdance**patpatdance**patpatdance**patpatdance*
     
    stefan one likes this.
  3. nadyadpsl

    nadyadpsl Member

    Joined:
    May 13, 2014
    Messages:
    105
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    itu jurus kelinci pantai dimabuk asmara *dizzy*
     
    stefan one likes this.
  4. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    lebih mirip seribu banyangan, ckckck :D
     
    stefan one likes this.
  5. rattan

    rattan Active Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    985
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Wah ga pernah mencatat pelanggan... sederhana aja
     
    stefan one likes this.
  6. nadyadpsl

    nadyadpsl Member

    Joined:
    May 13, 2014
    Messages:
    105
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    haha ente terkontaminasi pilem gan *kaget4*


    lumayan gan buat ingetin hal hal kecil, bikin pelanggan ngerasa diperhatiin *halah* *santai*
     
    stefan one likes this.
  7. Mondebutter

    Mondebutter Member

    Joined:
    Apr 1, 2013
    Messages:
    345
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Enaknya Bisnis Apaan ya ? Bingung :(
     
    stefan one likes this.
  8. nadyadpsl

    nadyadpsl Member

    Joined:
    May 13, 2014
    Messages:
    105
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    cari passion ente broh *calmdown*
     
    stefan one likes this.
  9. Mondebutter

    Mondebutter Member

    Joined:
    Apr 1, 2013
    Messages:
    345
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Tu masalahnya gan, bingunya di situ
     
    stefan one likes this.
  10. nadyadpsl

    nadyadpsl Member

    Joined:
    May 13, 2014
    Messages:
    105
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    jangan kebanyakan bingung gan, keburu ketinggalan ente nanti *looser*
     
  11. jackandjill

    jackandjill New Member

    Joined:
    Nov 2, 2015
    Messages:
    14
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    selain itu jika sudah memenuhi semua syarat diatas maka hal paling penting selanjutnya adalah mendaftarkan bisnis aden ke taraf ISO, sehingga mempunyai sertifikasi, dengan itu maka calon konsumen pun akan menjadi lebih percaya.
     
    stefan one likes this.
  12. stefan one

    stefan one Member

    Joined:
    Oct 13, 2015
    Messages:
    156
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Mempertahankan pelanggan, sebuah ide yang menarik dan benar perlu dipertimbangkan oleh pemilik sebuah usaha. Sekarang era persaingan, dan pelayanan yang baik terhadap pelanggan menjadi salah satu solusi. Beberapa trik di thread ini menjadi inspirasi yang baik.
     
  13. monster123

    monster123 Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    310
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    kalau menurut ane sih tingkatkan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan agar dia mau kembali ke tempat kita...
     
  14. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,455
    Likes Received:
    85
    Trophy Points:
    48
    Dari 100 pembeli hanya 20% yang akan jadi pelanggan . Tapi dari 1 Pelanggan bisa merekomendasikan ke 100 orang di kemudian hari ,.. Maka dari itu jangan sia siakan pelanggan anda ..
     
  15. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    760
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    nah customer paling seneng tuh kalau di kasih bonus, misal aja free ongkir atau beli 2 item bonus 2 item
     
Loading...

Share This Page