Cara Pendekatan yang Tepat Untuk Conversational Advertising (Iklan Percakapan)

Discussion in 'General Business' started by Rinaldy, Oct 19, 2022.

  1. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Seiring berjalannya waktu, semakin banyak bisnis yang mengalihkan penekanan mereka dari iklan konvensional ke Conversational Advertising (Iklan Percakapan). Ini adalah pendekatan yang sangat baik untuk melibatkan pelanggan dan menarik minat mereka pada barang atau jasa Anda.

    Era periklanan satu arah yang impersonal telah berakhir. Permintaan akan sentuhan yang lebih individual telah muncul sebagai akibat dari persepsi di antara banyak bisnis bahwa periklanan tradisional tidak lagi berkinerja sebaik dulu (atau tidak sama sekali).

    Pelanggan menginginkan rasa keterlibatan dengan merek yang mereka dukung. Tujuan dari Conversational Advertising, yang dapat berupa berbagai bentuk, adalah untuk membangun kontak dua arah antara pengiklan dan audiens target mereka.

    Tidak ada batasan pada apa yang dapat Anda capai dengan Conversational Advertising (iklan percakapan) karena dimungkinkan untuk merancang pengalaman percakapan yang kompleks.

    Artikel ini akan membahas pentingnya Conversational Advertising dan menawarkan contoh kampanye efektif yang diterapkan oleh berbagai bisnis. Selain itu, kami akan menawarkan beberapa saran tentang cara mengembangkan kampanye percakapan yang sukses.

    Conversational Advertising (Iklan Percakapan): Apa Itu?
    Advertising yang menggunakan pendekatan berbasis percakapan untuk periklanan disebut sebagai Conversational Advertising. Penekanan juga diberikan pada penggunaan chatbot online untuk berkomunikasi dengan klien potensial. Dengan bantuan chatbots, yang merupakan program komputer yang dapat mensimulasikan ucapan manusia, memungkinkan untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan.

    Karena memungkinkan bisnis untuk terlibat dengan klien potensial lebih dekat, jenis Advertising ini menjadi semakin populer. Ini juga dapat digunakan oleh bisnis untuk meningkatkan keterlibatan pengguna.

    Catatan Tentang Chatbots
    Popularitas Conversational Advertising atau iklan luar ruang meningkat sebagian karena kecanggihan chatbot yang meningkat. Selain meniru ucapan manusia, chatbot sekarang dapat mengumpulkan data dan menghasilkan konten khusus. Bisnis dapat menggunakan ini untuk memberikan informasi ditargetkan yang relevan dengan minat calon konsumen dan membangun hubungan yang lebih pribadi dengan mereka.

    Selain itu, chatbot menjadi semakin mampu membuat keputusan berkat AI (kecerdasan buatan). Selain itu, mereka dapat digunakan oleh bisnis untuk memahami natural language, memungkinkan komunikasi dua arah dengan klien. Dengan mengumpulkan informasi tentang preferensi klien, keterlibatan semacam ini dapat berkontribusi untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

    Sangat penting untuk diingat bahwa bantuan email konvensional dan Conversational AI (AI percakapan) memiliki keunggulan dalam pengalaman klien. Yang pertama sangat bagus untuk menarik pelanggan baru, sedangkan yang kedua dapat digunakan untuk berinteraksi dengan dan meningkatkan penjualan kepada klien saat ini. Sangat penting untuk mengetahui kapan harus menggunakan satu di atas yang lain.

    Apa yang Membuat Conversational Advertising Efektif?
    Anda harus mempertimbangkan untuk mengadopsi Conversational Advertising untuk perusahaan Anda karena sejumlah alasan. Mari kita lihat beberapa dari mereka.

    1. Buat Koneksi Yang Lebih Pribadi Dengan Klien Potensial
    Memiliki hubungan yang lebih pribadi dengan klien potensial adalah salah satu manfaat utama dari Conversational Advertising. Perusahaan dapat mempelajari kebutuhan dan preferensi konsumen mereka dengan menggunakan chatbot dan pertanyaan percakapan yang sesuai, yang memungkinkan mereka menciptakan pendekatan Advertising yang lebih bertarget.

    Jika Anda sudah memiliki pekerjaan wiraswasta yang hebat dan ingin memajukannya, ini mungkin sangat membantu. Conversational Advertising dapat digunakan dalam berbagai cara untuk berinteraksi dengan audiens Anda secara lebih pribadi dan mempelajari lebih lanjut tentang mereka.

    2. Jadikan Pengalaman Pengguna Lebih Menarik
    Kemampuan untuk meningkatkan keterlibatan pengguna adalah keuntungan lain dari Conversational Advertising. Agar pengunjung tetap tertarik dengan bisnis Anda, Anda dapat menggunakan bentuk iklan ini untuk menawarkan konten interaktif seperti kuis dan jajak pendapat. Selanjutnya, chatbots dapat menggunakan informasi ini untuk menawarkan rekomendasi dan ide yang dipersonalisasi, meningkatkan pengalaman konsumen.

    3. Meningkatkan Tingkat Konversi
    Tingkat konversi juga dapat ditingkatkan dengan menggunakan Conversational Advertising. Memberikan insentif kepada klien, seperti diskon dan kupon, dapat meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian.

    4. Menghasilkan Petunjuk
    Kemampuan untuk menciptakan lebih banyak prospek adalah salah satu keuntungan utama dari Conversational Advertising. Perusahaan dapat mengumpulkan detail tentang klien potensial, termasuk nama, alamat email, dan nomor telepon, sebagian besar melalui penggunaan chatbots. Bisnis ini kemudian dapat merancang inisiatif Advertising yang lebih mungkin menghasilkan penjualan menggunakan informasi tersebut.

    5 Perusahaan Conversational Advertising Terbaik
    Perusahaan yang tercantum di bawah ini melakukan Conversational Advertising dengan baik dan dapat memberi Anda beberapa tips berguna tentang cara melakukannya untuk diri sendiri dan perusahaan Anda.

    1. Domino’s Pizza
    [​IMG]
    Domino's Pizza adalah salah satu bisnis yang melakukan Conversational Advertising dengan baik. Domino's berkomunikasi dengan klien melalui pesan teks dan memberi tahu mereka tentang penawaran dan diskon eksklusif.

    Selain itu, Domino's menawarkan layanan pelanggan melalui chatbots, yang dapat mengurangi jumlah keranjang belanja yang ditinggalkan.

    Selain itu, mereka sering menyertakan emotikon dalam dialog chatbot mereka, memberi pengguna pengalaman percakapan yang diharapkan oleh grup target mereka.

    2. 1-800-Flowers
    [​IMG]
    Keterlibatan pelanggan dapat ditingkatkan pada 1-800-Flowers dengan menggunakan chatbots di Facebook Messenger. Persyaratan dan preferensi pelanggan diatur oleh chatbot, yang membantu 1-800-Flowers membuat rencana Advertising yang lebih khusus.

    Selain itu, 1-800-Flowers menggunakan gif dan gambar lain untuk membuat pembicaraan menjadi ringan dan menghibur.

    3. Sephora
    [​IMG]
    Conversational Advertising juga telah diadopsi oleh pengecer kosmetik Sephora. Pelanggan dapat mempelajari lebih lanjut tentang produk, layanan, dan penawaran eksklusif melalui chatbot Sephora.

    Dengan tagline "Let's beautify together", perusahaan mereka percaya dalam melakukan dialog dua arah dengan klien daripada hanya mendorong dialog dalam satu arah.

    Melalui aplikasi Sephora Virtual Artist, mereka juga menggunakan augmented reality untuk memungkinkan pelanggan melihat bagaimana penampilan mereka dengan berbagai kosmetik yang diterapkan.

    Ini adalah pendekatan yang fantastis untuk menyenangkan klien dan memasarkan kepada mereka pada saat yang bersamaan.

    4. Casper
    Casper dapat berkomunikasi dengan pelanggan dan memberi tahu mereka tentang produk mereka melalui berbagai situs media sosial.

    Media sosial dibuat untuk percakapan semacam ini, dan Casper unggul dalam memulainya dengan komentar yang lucu dan tidak biasa.

    Dengan melakukan ini, mereka menjamin respons klien yang fantastis dan iklan buatan pengguna yang fantastis yang tidak berasal dari bisnis itu sendiri. Konsep diskusi diperluas dan dipromosikan lebih lanjut melalui gaya periklanan ini.
    [​IMG]
    5. Toyota Prius Prime
    Toyota Prius Prime adalah contoh lebih lanjut dari Conversational Advertising.

    Mereka memiliki chatbot di Facebook Messenger yang dapat Anda ajak berkomunikasi, yang membantu iklan mereka. Untuk memberi Anda tanggapan yang berpengetahuan tentang apakah mobil ini paling sesuai dengan kebutuhan Anda, chatbot akan menanyakan tentang gaya mengemudi Anda.
    [​IMG]
    Toyota melihat peningkatan 37% dalam interaksi dengan strategi Advertising ini dibandingkan dengan upaya sebelumnya.

    Teknik Conversational Advertising Terbaik
    Sekarang mari kita periksa beberapa praktik terbaik tentang Conversational Advertising.

    1. Ajukan Pertanyaan Terlebih Dahulu
    Percakapan dapat dimulai dengan pertanyaan. Mereka membantu dalam berinteraksi dengan orang lain dan menyampaikan perhatian Anda dalam apa yang mereka katakan.

    2. Diucapkan Secara Alami
    Bahasa alami adalah apa yang Anda gunakan saat berbicara. Anda tidak memiliki aksen artifisial atau formal. Conversational Advertising adalah sama. Saat berkomunikasi dengan seseorang melalui iklan semacam ini, bersikaplah tulus dan gunakan bahasa yang sama.

    Jika Anda menggunakan chatbots, Anda harus menjelaskan bahwa ini masalahnya atau memastikan bot berbicara dengan cara yang akan dilakukan orang jika mereka yang berada di ujung telepon.

    3. Jadilah Khusus
    Mampu berkomunikasi dengan pelanggan Anda secara pribadi adalah salah satu keuntungan dari Conversational Advertising. Anda dapat menggunakan nama mereka, menanyakan tentang kesejahteraan mereka, dan mengemukakan hal-hal yang penting bagi mereka. Dalam jangka pendek dan panjang, ini membantu menjalin hubungan yang lebih intim.

    4. Merampingkan Pembayaran
    Komponen kunci dari Conversational Advertising adalah kesederhanaan pembayaran. Transaksi dengan individu harus sederhana.

    Menerima berbagai opsi pembayaran, seperti kartu kredit, kartu debit, dan Paypal, akan memudahkan klien untuk membayar Anda.

    5. Gunakan Humor
    Metode yang bagus untuk melibatkan klien dan meningkatkan tingkat kenyamanan mereka dengan Anda adalah melalui humor. Namun, lakukan dengan hemat dan hanya jika perlu, karena menggunakan terlalu banyak humor bisa membuat kesal.

    6. Bersikaplah Menerima

    Pastikan untuk menanggapi komentar pelanggan saat diskusi berkembang. Ini membuat dialog tetap berjalan dan menunjukkan minat Anda pada pendapat klien Anda. Jika Anda tidak dapat menjawab pertanyaan seseorang, tidak ada gunanya mencoba melakukan pendekatan percakapan terhadap iklan.

    7. Hemat Menggunakan Bot

    Bot bisa menjadi metode yang hebat untuk mengotomatisasi tugas-tugas tertentu, tetapi jangan menggunakannya secara berlebihan. Pelanggan mungkin menjadi frustrasi jika mereka yakin bahwa mereka sedang berbicara dengan mesin karena jumlah bot yang berlebihan. Orang ingin berkomunikasi dengan orang lain, jadi pastikan Anda menyediakan alat yang diperlukan untuk melakukannya.

    8. Mengambil Tindakan
    Jangan segan untuk menghubungi pelanggan setelah obrolan untuk mengetahui bagaimana mereka menemukannya dan apakah mereka memiliki pertanyaan atau komentar tambahan mengenai bentuk promosi ini. Ini membuat koneksi tetap kuat dan memotivasi klien untuk menggunakan bisnis Anda lagi di masa mendatang.

    Kesimpulan
    Membangun hubungan dengan klien itu mudah dengan Conversational Advertising. Anda dapat mengembangkan strategi Conversational Advertising produktif Anda sendiri dengan mengikuti praktik terbaik.

    Conversational Advertising akan menjadi lebih penting di tahun-tahun mendatang karena chatbots dan AI semakin banyak digunakan untuk layanan pelanggan. Gupshup adalah salah satu solusi Conversational Advertising AI terbaik. Apakah Anda siap untuk mulai berkomunikasi dengan pelanggan Anda? Klik sumber di bawah ini atau klik link yang tersedia di catatan kaki artikel ini.

    Sumber
    Dilokalisasi dari:
    The Right Approach To Conversational Advertising
    Sumber Sekunder:
    Make your outdoor advertisements conversational
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,268
    Likes Received:
    156
    Trophy Points:
    63
    Mungkin kalau di shopee atau toped yang disebut pesan otomatis yang fungsinya untuk memberikan respon secara otomatis jika ada pelanggan yang memulai percakapan.
     
  3. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Benar sekali, mirip seperti fitur itu. Baca lebih lanjut tentang Gupshup di sini, gan:

    Gupshup memungkinkan keterlibatan pelanggan yang lebih baik melalui pesan percakapan. Gupshup adalah platform pesan percakapan terkemuka, yang mendukung lebih dari 6 miliar pesan per bulan. Ribuan bisnis besar dan kecil di berbagai negara menggunakan Gupshup untuk membangun pengalaman percakapan & chatting di pemasaran, penjualan, dan dukungan pelanggan. Platform tingkat operator Gupshup menyediakan API perpesanan tunggal untuk 30+ channel, kit alat pengembangan percakapan untuk penggunaan apa pun, serta jaringan kemitraan di seluruh channel perpesanan (termasuk produsen perangkat, ISV, dan operator).

    Spesialisasi Gupshup:

    Ingin meningkatkan promosi marketing, penjualan, dan layanan pelanggan perusahaan Anda menggunakan Chatbot? Kini, Gupshup siap membantu Anda. Gupshup adalah Conversational Messaging Platform yang membantu bisnis & perusahaan berinteraksi dengan pelanggan di lebih dari 30 channel perpesanan termasuk WhatsApp API, Instagram API, SMS, dll.

    Gupshup telah dinobatkan oleh Hacker Noon sebagai salah satu dari 10 pembuat chatbot perusahaan berteknologi AI terbaik di dunia untuk tahun 2021. Hubungi Gusphup sekarang juga dengan mengklik link pada catatan kaki atau artikel sumber di bawah artikel ini.
     
Loading...

Share This Page