Cara Mengobati Cantengan yang Baik dan Benar

Discussion in 'Health & Medical' started by Rafi Abrar, Nov 2, 2022.

  1. Rafi Abrar

    Rafi Abrar New Member

    Joined:
    Jul 17, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Cantengan merupakan keadaan tidak benar satu sisi atau bagian ujung kuku tumbuh ke bagian di dalam daging. Gejalanya berupa bengkak, kemerahan, dan nyeri terhadap tempat kurang lebih kuku yang mengalami cantengan. Persoalan kebugaran ini memang paling kerap berlangsung terhadap jempol kaki.

    Cantengan tidak situasi yang membahayakan apabila anda bukan miliki kasus kesegaran terhadap genre darah atau diabetes. Memang sahih, situasi ini mampu mengakibatkan ibu jari kaki terasa nyeri, terlebih ketika anda berlangsung dan mengenakan sepatu. Tanpa penanganan yang tepat, cantengan dapat berujung terhadap infeksi. Oleh dikarenakan tersebut, berarti untuk ketahui cara mengobati cantengan yang efektif.

    Penyebab cantengan sendiri lumayan beraneka. Mulai berasal dari memotong kuku yang tidak cukup tepat, kenakan sepatu atau kaus kaki sangat kecil, cedera terhadap kuku, mengenakan alas kaki ketika kaki didalam keadaan basah, infeksi fungi, dan bentuk kuku yang bukan biasa. Lalu, bagaimana cara mengobati cantengan?

    Cek juga: Kaki Palsu

    Cara Mengobati Cantengan yang Efektif

    Cantengan yang enteng sebenarnya dapat anda obati secara berdikari di tempat tinggal. Jikalau situasi cantengan telah parah, anda kudu menemui dokter spesialis kulit untuk meraih penanganan yang tepat. Lebih dari satu cara mengobati cantengan, yaitu:

    1. Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri

    Obat pereda nyeri layaknya naproxen atau ibuprofen dapat bersama ringan anda beli di apotek terdekat. Obat itu sanggup mendukung meringankan nyeri dan pembengkakan yang berjalan terhadap daerah kuku yang mengalami cantengan.

    2. Merendam Kaki Memakai Air Hangat

    Tidak cuman konsumsi obat, cara mengobati cantengan lainnya yang sanggup anda melakukan adalah merendam kaki bersama dengan kenakan air hangat. Cara ini sekaligus menolong mempertahankan kaki terus higienis berasal dari infeksi. Merendam kaki mampu anda jalankan tiap tiap hari bersama mengimbuhkan garam Epsom. Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut:
    • Siapkan baskom yang telah diisi bersama air hangat suam kuku.
    • Tambahkan garam Epsom dan aduk hingga tercampur.
    • Rendam kaki selama kira-kira 15 menit. Melaksanakan sebanyak dua hingga tiga kali sehari.
    3. Merendam Kaki Mengenakan Cuka Apel

    Tak sekedar mengenakan air hangat bersama garam, cairan lain yang mampu juga dipakai untuk meringankan cantengan adalah air cuka apel. Cairan itu diyakini efektif untuk mengobati cantengan secara alami gara-gara miliki kadar antiperadangan, antiseptik, dan antinyeri.

    Meski masih belum tersedia belajar yang sanggup tunjukkan bahwa cuka apel sanggup jadi obat untuk cantengan, bukan tersedia salahnya mencoba menggunakannya. Caranya mirip bersama dengan mengenakan garam, lumayan tambahkan sedikit cuka apel di dalam baskom air hangat dan rendam kaki selama lebih kurang 20 menit.

    Simak juga: Tangan Palsu

    4. Oles Salep Antibiotik

    Apabila cantengan masih terbilang gampang, anda dapat mengenakan salep antibiotik untuk mengobati persoalan itu. Salep antibiotik akan menunjang cantengan sembuh lebih cepat sekaligus menghambat terjadinya infeksi. Meski begitu, pastikan salep yang anda pakai udah direkomendasikan atau diresepkan oleh dokter, ya!

    Cara Mengobati Cantengan Kalau Telah Infeksi

    Selagi tersebut, terkecuali cantengan telah mengalami infeksi, pasti anda wajib beroleh perawatan medis. Sebagian cara yang dijalankan, antara lain:

    1. Mengangkat Kuku

    Kalau hanyalah sedikit kuku yang tumbuh ke di dalam, terasa nyeri tapi bukan bernanah, biasanya dokter sekedar akan mengangkat bagian tepi berasal dari kuku. Caranya yaitu bersama dengan kenakan benang gigi atau kapas untuk menopang memisahkan kuku berasal dari bagian atas kulit, dan mendukung kuku tumbuh secara normal.

    2. Mencabut Separuh Kuku

    Apabila cantengan udah menimbulkan bengkak, nyeri, dan mengeluarkan nanah, dokter akan mencabut lebih dari satu kuku yang tumbuh ke bagian didalam. Sebelum mekanisme ditunaikan, dokter akan menambahkan anestesi lokal untuk mengakibatkan kuku yang terinfeksi mati rasa.

    Kunjungi juga: Harga Kaki Palsu

    3. Operasi

    Apabila cantengan kambuh berulang kali terhadap bagian jari yang serupa, anda kemungkinan memerlukan pembedahan. Mekanisme ini meliputi mengangkat beberapa kuku dan jaringan bantalan kuku yang berada di bawahnya. Tindakan ini bertujuan supaya kuku yang mengalami cantengan bukan lagi tumbuh.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,266
    Likes Received:
    155
    Trophy Points:
    63
    Cantengan kalau yang sudah kambuhan ternyata bisa dilakukan tindakan operasi. Kalau penyakit kutil itu penyebabnya apa ya.
     
Loading...

Share This Page