Bisnis Pertanian Hidroponik, Apakah Menguntungkan? | Investasi Crowde Review

Discussion in 'General Business' started by RyanNDI, Aug 16, 2021.

  1. RyanNDI

    RyanNDI Member

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    74
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]


    Jika lahan adalah salah satu alasan terhambatnya usaha budidaya di sektor pertanian, kini saatnya para petani modern harus mengenal teknik pertanian hidroponik. Teknik pertanian hidroponik ini terbilang cukup efisien mengingat sudah mulai sedikit lahan untuk menjalankan usaha budidaya pertanian. Teknik pertanian hidroponik dilakukan dengan menggunakan media air yang bersirkulasi dan menambahkan berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman dengan materi kimia. Hal tersebut membuat teknik pertanian ini dapat dikembangkan di kawasan perkotaan yang tidak memiliki cukup lahan untuk bercocok tanam. Selain itu, masih ada lagi keuntungan yang bisa didapat dari teknik pertanian hidroponik ini, mau tahu apa saja? Yuk, simak ulasan berikut!

    1. Sistem Tanam yang Baik
    Kualitas tanaman dari hasil hidroponik tergantung pada sistem tanamnya. Jika teknik penanamannya benar, maka hasilnya pun akan menjadi baik pula. Namun, salah satu hal yang harus diperhatikan dari penggunaan sistem hidroponik dalam budidaya pertanian adalah NF atau disebut juga teknik pemberdayaan air, yang mana air berguna sebagai media tanam sehingga harus diperhatikan dengan benar.

    2. Hemat Tempat
    Seiring berkembangnya zaman, sistem pertanian yang satu ini mulai banyak digemari oleh banyak orang, terutama masyarakat perkotaan karena sistem hidroponik tidak memerlukan lahan yang luas sehingga dapat menghemat tempat. Lahan sempit perkotaan juga bisa dimanfaatkan untuk menerapkan sistem hidroponik ini.

    3. Menyesuaikan Lahan juga Tanaman
    Karena memiliki keterbatasan ruang untuk menanam, tanaman yang biasa ditanam dengan teknik hidroponik ini biasanya pun menyesuaikan. Tanaman yang dapat ditanam dengan teknik ini adalah sawi, seledri, brokoli, selada air, tomat, dan cabai.

    4. Modal Sedikit
    Bisnis pertanian dengan teknik hidroponik ini sendiri tidak memerlukan modal yang besar, mengingat teknik ini tidak memerlukan lahan yang luas dan media tanamnya yang sederhana. Meski modalnya minim, nilai jual dari hasil tanaman hidroponik akan jauh lebih tinggi dibanding tanaman yang ditanam dengan metode tradisional lainnya.

    5. Bebas Pestisida
    Berbeda dengan teknik pertanian lain yang rata-rata masih menggunakan pestisida, tanaman yang menggunakan teknik hidroponik tidak memerlukan pestisida. Namun dengan catatan bahwa tanaman ini mampu bertahan jika kebutuhan nutrisi pada tanamannya dikelola dengan baik. Hal ini juga yang mengakibatkan tanaman yang ditanam dengan teknik hidroponik jauh lebih sehat karena bebas residu dan racun berbahaya.



    Sumber Artikel Lengkap : https://blog.crowde.co/bisnis-pertanian-hidroponik/
     
  2. One's Excellent

    One's Excellent Member

    Joined:
    May 11, 2015
    Messages:
    180
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Saat pandemi seperti sekarang ini apakah bisnis pertanian hidroponik dapat menjanjikan?
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,926
    Likes Received:
    137
    Trophy Points:
    63
    Mungkin cocok ini buat membuat kebun sayuran sendiri pada lahan yang terbatas,
    cuma saja pembibitan dapatnya perlu diketahui lebih lanjut, cara perawatan peralatan dan sebagainya
     
  4. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    297
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    Menjanjikan bagi toko yang menjual alat perlengkapan hidroponik karena banyak orang mengisi waktu luang di masa pandemi dengan menanam sayur, buah, tanaman hias dengan sistem hidroponik
    Tapi untuk petani yang punya lahan luas lebih menguntungkan bercocok tanam dengan media tanah. Paling tidak itu menurut pendapat teman saya yang mencoba sistem pertanian hidroponik. Hasilnya tidak sesuai dengan biaya yang dikeluarkan
    Tapi itu mungkin dikarenakan dia belum menguasai teknik hidroponik secara mendalam sehingga hasil panennya kurang memuaskan
     
Loading...

Share This Page