Berbagai Jenis Pemasaran Digital Untuk Bisnis

Discussion in 'Internet Marketing' started by Rinaldy, Jul 2, 2022.

  1. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    71
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Kami memiliki banyak ambiguitas seputar istilah Pemasaran Digital. Ini adalah konsep yang sangat sederhana yang melibatkan banyak aktivitas. Tapi, pada intinya, ini sederhana dan efektif. Pemasaran Digital adalah iklan merek, produk, atau layanan Anda di berbagai media digital sehingga menjangkau konsumen target Anda. Selain itu, telah menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk memiliki kehadiran digital yang cukup besar untuk membuat tanda dan menghasilkan hasil yang positif terkait dengan Pengembalian Investasi. (ROI).



    Di sini, di artikel ini, kami telah membahas daftar 12 Jenis Pemasaran Digital untuk Anda.


    Pemasaran Digital dapat didefinisikan sebagai penggabungan yang bijaksana dari berbagai metode promosi online yang membantu menempatkan produk atau layanan dengan cara tertentu, untuk menjangkau pelanggan potensial dengan cara yang paling optimal untuk mencapai hasil yang maksimal.



    Singkatnya, pemasaran digital dapat digambarkan sebagai metode apa pun yang menggunakan perangkat seperti telepon, tab, laptop, dan elektronik semacam itu yang berlaku dengan konektivitas internet untuk mempromosikan produk dan layanan mereka.



    Menurut sebuah penelitian, lebih dari 70% anggaran perusahaan akan memasukkan jenis pemasaran digital dalam bauran pemasaran dan promosi merek. Ya, itu efektif.



    Kami memiliki berbagai jenis teknik pemasaran digital yang dapat dimasukkan ke dalam strategi kami untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kami akan membahas 12 jenis pemasaran digital paling efektif yang berhasil digunakan untuk memasarkan produk atau layanan.



    Jenis teknik pemasaran digital adalah sebagai berikut:
    • Optimisasi Mesin Pencari
    • Bayar Per Klik
    • Pemasaran media sosial
    • Pemasaran konten
    • Email Pemasaran
    • Pemasaran influencer
    • Pemasaran Afiliasi
    • Konten hubungan masyarakat
    • Pemasaran Seluler/Pesan Instan
    • Televisi
    • FAQ
    • Pemasaran video/audio
    Pemasaran digital telah melihat sejumlah besar popularitas selama beberapa tahun terakhir. Ini adalah strategi bisnis yang paling dicari untuk menjangkau calon pelanggan mereka di arena internet dan mengubahnya menjadi prospek.

    Mari kita lihat berbagai jenis modul pemasaran digital secara rinci.
    • Optimisasi Mesin Pencari
    Mempertimbangkan jenis pemasaran digital, SEO atau optimisasi mesin pencari adalah salah satu alat terpenting yang dapat mendatangkan prospek yang menghasilkan klien selama beberapa waktu. Ini adalah proses organik untuk mendapatkan lalu lintas berkualitas gratis dengan mengarahkan pelanggan potensial ke situs web Anda melalui berbagai mesin pencari seperti Google, Bing, yahoo. Sangat penting untuk menentukan peringkat di SERP (halaman hasil mesin pencari) untuk visibilitas, pengetahuan, dan jangkauan yang lebih baik dari produk atau layanan Anda.

    Cara teratas SEO organik adalah

    1. Menulis blog yang relevan
    2. pengoptimalan konten Anda
    3. Keaslian dalam interaksi media sosial.


    Beberapa teknik penting untuk mengoptimalkan SEO untuk menentukan peringkat di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll adalah sebagai berikut:

    1. Melakukan pencarian rinci menyeluruh dari kata kunci yang relevan
    2. Menyertakan dan mengoptimalkannya dalam salinan penulisan konten Anda
    3. Meningkatkan aspek lain yang membantu dalam peringkat SERP seperti mengoptimalkan halaman pemuatan, judul dan deskripsi bebas kesalahan, membangun tautan balik yang tepat untuk dirujuk.

    • Bayar Per Klik
    Pay Per Click adalah salah satu jenis teknik pemasaran digital penting yang menggunakan metode berbayar untuk menarik lalu lintas dan visibilitas dari berbagai mesin pencari.

    Perbedaan utama antara optimasi mesin pencari (SEO) dan Pay Per Click (PPC) adalah bahwa yang pertama tidak dibayar dan yang terakhir adalah bentuk promosi digital berbayar. Keduanya termasuk dalam kategori Pemasaran Media Sosial.

    PPC, setelah penelitian menyeluruh terhadap audiens targetnya, dan kata kunci yang relevan menggunakan rumus untuk menentukan biaya iklan online. Pengiklan kemudian membayar biaya setiap kali pengguna mengeklik tautan itu terlepas dari kemungkinan pengguna untuk berubah menjadi calon pelanggan utama.

    Situs berbasis PPC adalah yang pertama terdaftar di mesin pencari. Dalam prosesnya, ia mendapat visibilitas paling banyak. Mereka disebut hasil yang disponsori dan umumnya datang dengan kotak dialog yang sangat kecil di sebelah kiri ke tautan situs web dengan Iklan tertulis di dalamnya.

    PPC adalah salah satu jenis alat pemasaran digital paling nyaman yang membantu mendapatkan fitur di SERP tanpa banyak kerumitan.

    Mereka biasanya disebut hasil yang disponsori.

    Rumus untuk perhitungan PPC =

    Biaya Iklan Jumlah klik iklan

    Contoh PPC adalah Google Adwords atau Google Ads seperti yang disebut sekarang.

    • Pemasaran media sosial
    Media sosial sudah menjadi bagian hidup kita sekarang. Anda akan jarang menemukan orang yang tidak menggunakan platform media sosial apa pun saat ini. Beberapa menggunakan sebanyak yang tersedia. Sehingga sangat layak untuk menggunakan media sosial sebagai salah satu komponen utama dalam strategi pemasaran digital.



    Pemasaran media sosial adalah yang paling populer dari semua jenis pemasaran digital. Berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, Youtube, Pinterest dapat digunakan dengan sangat efektif dalam mempromosikan merek, produk, atau layanan Anda. Platform ini mendorong komunikasi langsung dengan pengguna.



    Ini adalah platform yang sempurna untuk mempublikasikan konten menarik tentang merek atau bisnis Anda. Ini memberdayakan Anda dengan kekuatan untuk menilai orang-orang tentang merek Anda dan membantu dalam menghasilkan arahan. Selalu ada keuntungan tambahan dari interaksi satu-ke-satu yang membuat media dapat diandalkan dan dapat dipercaya.

    Beberapa langkah untuk memastikan optimalisasi jenis digital marketing tersebut adalah sebagai berikut:
    1. Kenali audiens Anda. Teliti pelanggan yang Anda targetkan. Hanya dengan begitu Anda dapat berhasil mempromosikan layanan Anda di platform sosial ini.
    2. Pilih media yang tepat untuk memamerkan bisnis atau merek Anda. Beberapa platform media sosial cocok untuk produk atau layanan tertentu dan beberapa tidak. Anda harus memiliki gagasan tentang platform media sosial yang ingin Anda gunakan untuk bisnis Anda.
    3. Posting konten yang relevan. Jangan menyimpang dari poin kunci utama Anda.
    4. Analisis dan identifikasi Indikator Kinerja Utama (KPI) Anda - Indikator kinerja utama dapat berupa pengikut, suka, komentar, bagikan, dan sebutan yang Anda dapatkan di halaman Anda. Anda harus lebih mempertimbangkan pembuatan prospek dan konversi prospek ke pelanggan. Hanya menghasilkan basis penggemar saja tidak cukup jika Anda tidak mendapatkan ROI dari platform.
    5. Perbarui sebanyak mungkin dengan perubahan yang relevan jika ada, analisis dan analisis ulang. Gunakan metrik yang berbeda untuk melihat bagaimana kinerja saluran Anda.


    • Pemasaran Konten
    Ini dianggap sebagai salah satu jenis pemasaran digital terpenting yang menciptakan konten yang relevan dan berharga, merancang, menerbitkan, dan mendistribusikannya di berbagai media digital agar dapat menjangkau kelompok audiens tertentu. Ini adalah salah satu bentuk promosi digital dan pemasaran online yang paling penting dan mungkin yang paling relevan. Karena pada akhirnya, seperti yang ditegaskan kembali oleh siapa pun di dunia penulisan, konten memang raja.

    Di bawah ini adalah beberapa bentuk konten
    1. Posting blog bentuk panjang
    2. Wawancara
    3. Survei
    4. Studi kasus
    5. Bagaimana cara daftar?
    6. Panduan pemula
    7. panduan utama
    8. Slide
    9. Template
    10. Ulasan produk
    11. Infografis
    12. Vlog
    13. Siaran pers
    14. Survei
    Lakukan riset terperinci tentang audiens Anda dan lakukan brainstorming untuk materi unik dan menarik yang akan membuat pembaca ketagihan dengan konten Anda. Berkembang secara konstan, gunakan alat untuk menentukan konten mana yang berfungsi untuk target konsumen Anda dan mana yang tidak. Tetap perbarui diri Anda tentang konten yang menarik minat orang sekarang. Konsisten dan posting dua kali seminggu. Mintalah umpan balik. Salah satu tip yang sangat penting, lakukan analisis bentuk panjang dari suatu topik ketika Anda membidik artikel blog yang panjang.


    • Email Pemasaran
    Ini adalah salah satu jenis pemasaran digital paling vital yang berhasil digunakan oleh banyak perusahaan untuk berkomunikasi dengan pengguna dan prospek yang mengunjungi situs web mereka.

    Buletin di halaman arahan situs web Anda adalah cara yang bagus untuk menarik pelanggan ke situs Anda. Ini adalah aspek pribadi dari pemasaran email yang memiliki daya tarik bagi konsumen bisnis Anda. Fitur interaktif model ini dapat memungkinkan sentuhan pribadi dengan konsumen yang memenuhi kebutuhan mereka dengan cara yang jauh lebih efisien.



    Formulir pendaftaran yang dirancang dengan baik bersama dengan konten yang menarik dan relevan sangat membantu dalam membangun faktor kepercayaan dan keandalan untuk merek Anda. Tulis konten Anda dengan cara yang mengangkat semangat konsumen Anda. Beri mereka informasi dan harapan otentik.


    • Pemasaran Influencer
    Influencer, seperti yang tersirat dari kata tersebut, adalah seseorang yang mempengaruhi. Ini adalah jenis pemasaran digital yang telah mendapatkan banyak keunggulan akhir-akhir ini. Ini juga merupakan cara yang baik untuk mengenal orang-orang dengan minat yang sama dan bekerja sama dengan mereka.


    Apa yang dimaksud dengan pemasaran influencer?
    Teknik pemasaran digital ini adalah sarana promosi online dimana penjual menggunakan orang yang dikenal dengan jumlah pengikut yang cukup banyak untuk mendukung produk atau layanan Anda. Ini adalah sarana untuk memanfaatkan persepsi positif dari Influencer di antara audiens untuk memenangkan konsumen untuk bisnis Anda.


    Tujuan utama berinvestasi dalam teknik ini adalah untuk menciptakan kesadaran di sekitar merek Anda, untuk memberi merek Anda dorongan yang diperlukan agar dapat dikenali oleh prospek target Anda.


    Jadi, mengapa kita harus berinvestasi dalam pemasaran influencer?



    Pemasaran Influencer mendorong merek menuju generasi pemimpin yang lebih baik dan menarik konsumen baru.


    Strategi ini adalah bagian dari bauran pemasaran yang lebih besar yang telah ada sejak lama. Sekarang, itu telah meresap ke strategi pemasaran digital juga. Misalnya, kita sering melihat aktor yang mempromosikan merek kecantikan tertentu atau olahragawan yang mendukung makanan sehat. Dengan melibatkan influencer untuk mempromosikan merek Anda, Anda membuat jalur koneksi antara pengambil mereka dan diri Anda sendiri.

    Saluran media sosial yang berbeda memiliki sejumlah besar investor. Misalnya, Instagram mencatat kehadiran influencer terbanyak di platformnya.

    Jika Anda mendapatkan influencer Instagram atau influencer Facebook dengan beberapa ribu pengikut yang mendukung atau merekomendasikan produk Anda, itu dapat menghasilkan hasil yang sangat bermanfaat.


    Beberapa platform media sosial yang memiliki influencer hebat adalah Facebook, Snapchat, Pinterest, Instagram, dll.


    Seperti halnya semua jenis pemasaran digital, lakukan penelitian terperinci dan kenali audiens Anda sebelum memilih platform media sosial dan influencernya untuk meningkatkan merek, produk, atau layanan Anda.


    • Pemasaran Afiliasi
    Ini adalah jenis teknik promosi yang cukup populer dalam pemasaran digital saat ini. Dengan pengaruh platform media sosial yang meningkat (Ini hanya akan naik lebih tinggi) penerbit sering mengadopsi jenis alat online ini untuk mendapatkan penghasilan.

    Affiliate marketing adalah metode pemasaran digital di mana pemasar, blogger atau vlogger menjual atau menyediakan tautan barang dagangan penjual kepada audiens mereka.

    Ketika seorang Youtuber X memberikan link sebuah produk dari Amazon, X mendapat komisi dari Amazon jika produk tersebut dibeli dari Amazon, setelah diarahkan ke produk tersebut oleh X.

    Ini adalah situasi yang saling menguntungkan bagi keduanya karena X mendapat komisi dan Amazon mendapatkan visibilitas dan sekumpulan konsumen baru untuk produk atau layanan mereka.

    Afiliasi membantu bisnis dengan jangkauan yang lebih luas dan bisnis memberikan manfaat moneter kepada afiliasi.

    Ada beberapa risiko yang terkait dengan teknik online ini, yang paling menonjol adalah promosi barang palsu atau cacat yang menyebabkan reputasi pemasar sangat buruk.

    Baik afiliasi maupun pemasar harus memiliki laporan terperinci tentang siapa yang mereka hadapi dalam bisnis. Ada banyak penipu dan penipu yang dapat memanfaatkan internet dan membuat klaim palsu.

    Karena jenis pemasaran digital ini sekali lagi didasarkan pada keandalan pemasar, ini adalah bentuk strategi online yang cukup organik.

    SUMBER:
    - Diterjemahkan dari https://iimskills.com/
    - Sumber lainnya dari Answerian.com
     
  2. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    327
    Likes Received:
    81
    Trophy Points:
    28
    Jaman sekarang semua serba digital. Mau tidak mau harus mengikuti perkembangan, termasuk dalam hal pemasaran. Perusahaan yang punya sistem marketing digital bagus kemungkinan besar akan bisa survive dibanding perusahaan yang kekeuh mempertahankan cara penjualan kuno
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,208
    Likes Received:
    155
    Trophy Points:
    63
    Sudah terlihat perubahan perilaku banyak orang, sekarang sudah mulai lebih suka berbelanja secara online dan menunggu dirumah daripada pergi ke mall.
     
Loading...

Share This Page