Bahasa Pemrograman PHP Merayakan Ulang Tahun ke-25 nya

Discussion in 'Programming' started by clara_renata, Jun 14, 2020.

  1. clara_renata

    clara_renata New Member

    Joined:
    Jun 4, 2020
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Minggu ini web merayakan 25 tahun sejak Rasmus Lerdorf merilis versi 1.0 dari "Personal Home Page Tools (PHP Tools) -nya". PHP sekarang digunakan oleh 78,9% dari semua situs web yang bahasa pemrograman sisi-servernya dapat dideteksi. (Ini termasuk situs di Alexa top 10 juta atau dalam daftar 1 juta teratas Tranco.) WordPress membuat sebagian besar situs ini (37,3% situs web), tetapi banyak situs populer seperti Facebook, Wikipedia, dan Yahoo, masih menggunakan PHP dalam beberapa bentuk.

    Meskipun PHP mungkin bukan bahasa pemrograman yang paling modis, PHP masih mendominasi web, meskipun lambat. Mungkin sudah mencapai puncak penggunaannya di 80,6% pada Januari 2015, tetapi PHP terus semakin cepat dan lebih baik dengan setiap rilis.

    Dalam wawancara tahun 2017 di podcast Mapping the Journey, Matt Mullenweg menjelaskan beberapa alasan mengapa ia pertama kali tertarik dengan PHP.

    "PHP luar biasa di mana-mana," katanya. “Sebagian alasan saya beralih dari Perl dan Python dan hal-hal lain yang saya tulis sejak awal, adalah… integrasinya dengan server web Apache, yang sangat mudah. Anda tidak perlu dipusingkan dengan izin file dan segala hal lainnya dengan cara yang sama, dan kemudian setiap host web yang mendukungnya juga membuat distribusi menjadi mudah. "

    Kemudahan menemukan hosting untuk situs berbasis PHP adalah salah satu faktor yang berkontribusi terhadap pangsa pasar yang besar di antara bahasa sisi server. Mullenweg mengatakan dia menghargai bagaimana PHP dan MySQL menyediakan platform di mana orang dapat dengan mudah menjalankan WordPress dari mana saja di dunia.

    "Bahkan sampai hari ini, meskipun banyak pekerjaan Automattic sekarang di Go, Node, atau JavaScript atau hal-hal yang berbeda, tetap saja tidak ada yang mengalahkan PHP karena skalabilitas dan distribusi sisi servernya," kata Mullenweg. "Jadi, kami masih berencana untuk sisi server WordPress berada di PHP untuk masa mendatang."

    Mullenweg menegaskan kembali dedikasinya pada PHP selama sesi tanya jawab di WordCamp Eropa pada tahun 2019. Ketika dia ditanya bagaimana dia berencana untuk menyeimbangkan mengejar yang baru dan berkilau dengan semua API warisan WordPress yang ada, dia berkata, “PHP akan menjadi penting untuk kami selama bertahun-tahun yang akan datang. "

    Meskipun pemilik situs WordPress secara historis lambat untuk mengadopsi versi PHP yang lebih baru, infrastruktur Situs Kesehatan yang diberlakukan tahun lalu telah membawa kesadaran yang lebih besar kepada pengguna tentang pentingnya peningkatan. Petunjuk pembaruan PHP, bersama dengan perlindungan yang lebih baik untuk kesalahan fatal, membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk menghubungi host mereka tentang mendapatkan versi yang lebih baru.

    Juliette Reinders Folmer, kontributor produktif untuk sejumlah proyek open source berbasis PHP yang banyak digunakan, termasuk WordPress, menulis penghargaan singkat untuk bahasa pemrograman di blog make.wordpress.org/core pada ulang tahunnya yang ke-25.

    "PHP telah berevolusi sangat besar, dengan Mesin Zend melihat cahaya dalam PHP 4, banyak dukungan yang ditingkatkan untuk pemrograman berorientasi objek yang ditambahkan dalam PHP 5, dan peningkatan kinerja yang sangat besar diperoleh dengan mesin yang ditulis ulang dalam PHP 7," kata Reinders Folmer.

    “Pada saat ini, PHP adalah bahasa pemrograman berfitur lengkap dan para pengembang sangat menantikan rilis PHP 8, yang diharapkan menjelang akhir tahun ini.

    “Komunitas WordPress berhutang banyak terima kasih kepada PHP, jadi silakan bergabung dengan saya untuk berterima kasih kepada semua pengembang di balik PHP dan berharap PHP selamat ulang tahun dan banyak pengembalian yang menyenangkan!”


    Sumber: wpTavern

    Ingin belajar lebih banyak tentang WordPress? Kunjungi wpTips.dev
     
  2. Blackboo

    Blackboo New Member

    Joined:
    Dec 6, 2018
    Messages:
    67
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    PHP ini membantu banyak sekali pengembangan aplikasi ya
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,045
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Yang jelas PHP dalam bahasa pemrograman singkatan dari Hypertext Preprocessor.
    Ada juga PHP yang sering digunakan untuk orang yang suka merayu, Pemberi Harapan Palsu.
     
Loading...

Share This Page