{ask}Apa yang sebenarnya menentukan keberhasilan dalam berwirausaha?

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by tedfiz, Feb 14, 2015.

  1. tedfiz

    tedfiz Member

    Joined:
    Jun 18, 2013
    Messages:
    38
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    8
    sampai saat ini ane masih belum menemukan apa sebenarnya yang menentukan keberhasilan atau kesuksesan seseorang dalam berusaha. saat kita lihat bahwa milyader muda pemilik keripik mak icih hanyalah lulusan SMA saat memulai usaha. atau pengusaha lain yang berpendidikan tidak sampai sarjana, atau ibu susi yang hanya lulusan SD.sehingga pendidikan bukan yang menentukan menurut ane.

    jenis usaha pun tidak menentukan keberhasilan, buktinya banyak usaha yang kita anggap kecil tp amzetnya puluhan juta, kayak pengusaha cimol di tangsel atau pengusaha keripik atau pengusaha cendol atau pengusaha nasi liwet.

    buat para master yang sudah berkecimpung di UKM mungkin bisa memberikan penjelasan...
    thanks
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Maaf Kang, saya belum pernah berwirausaha, cuma jadi kuli terus. Tapi saya senang baca2 biografi Entrepreneur Top (terutama generasi pertama)
    Kesimpulan:
    Ulet, pantang menyerah, kreatif, nekad, tidak pernah puas, terus belajar.
    Hebatnya rata-rata tidak pernah mengeluh masalah modal
     
  3. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,873
    Likes Received:
    362
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Kalau menurut ane sih tergantung modal, Niat dan pantang menyerah...! Berusaha berkembang dan niat lain juga ingin membuka lapangan kerja buat keluarga dan sanak family...! Nah disitulah ide baru untuk merancang dan menargetkan pemasaran akan muncul... Ketahui dulu kebutuhan pelanggan baru kita buat produknya...! Seperti Cilok yang kebanyakan meragetkan anak kecil dan lain sebagainya...!
     
  4. Dedi Sonjaya

    Dedi Sonjaya New Member

    Joined:
    Sep 21, 2014
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Google+:
    Modal bukan jadi faktor utama gan. tergantung kita bisa membagi penghasilan bersih dari keuntungan usaha. buat kebutuhan sendiri berapa % buat tambahan modal berapa % dan buat penggajian berapa %.
    menurut pemikiran saya sih tingkatkan pelanggan tanpa mengabaikan pengunjung baru.
     
  5. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Kalau dulu, Modal uang bukan masalah utama, melainkan Modal Kepercayaan.
    Juga terpenting, jika usaha tersebut merupakan sambilan maka hasilnya juga seadanya.
    Usaha dan Doa
     
  6. rahman andi

    rahman andi Member

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    386
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    sipp setuju dengan kang andre . jawabanya manteb gak sperti roti bakar :D
     
  7. ihsan mufthi

    ihsan mufthi Member

    Joined:
    Feb 5, 2015
    Messages:
    343
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    28
    Kalo dari beberapa litelatur yang saya baca kiat2 keberhasilan itu... adalah produk kita harus unique... kalopun di market yang sama tapi kita punya nilai jual berbeda

    misal keripik pisang.. nah kita kerpiki pisang apa?? keju?? coklat?? strowbery??,,

    jadi menurut saya jika akan terjun ke produk fisik..,,pastikan produk kita beda dari yang lain, unique,, ketika kia sudah tampil beda, dari sisi rasa enak...,, tinggal penetrasi di marketing...,,
    kalo kita unieque,penuh inovasi,ditunjang dengan marketing yang cakep.. insyaAllah bisa melesat,, tapi pada prakteknya tentunya tidak semudah membalikan kedua telapak tangan...,,

    terus yang bikin besar suatu produk tuh adalah reseller...,,makanya kita jangan egois dan jangan hanya mau dan ingin jadi disrributor tunggal, karena dengan membangun reseller, product kita mudah dan cepat tersebar keseluruh penjuru nusantara bahkan dunia :)..,, kalo kita lihat kasus maicih dia kan dulunya ngider kesana kemari, kemudian perlahan2 banyak yang minta reseller, dan dari reseller itulah yang ada istilahnya masing2,, kayak jendral, kapten dll..,, nah mereka2lah yang membombardir branding knowledge kemasyarakat...,,sampe sekarang maicih mudah ditemukan di minimarket keq alfa**** dll,,
     
  8. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,472
    Likes Received:
    216
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Sesuaikan dengan hobi dan keterampilan,
    Kembangkan apa yang kamu bisa tapi belum pernah dipikirkan oleh orang lain.
    Bangun kepercayaan dari para investor, siapa tahu mereka mau menanamkan modal usaha.
    Produk yang ber-inovasi biasanya membuat orang lain tertarik.
    Saya sendiri belum pernah berwirausaha, maaf kalau salah :D *kaget1*
    Semua berasal dari kreatifitas dan keterampilan, juga tekat yang kuat.
     
Loading...

Share This Page