Apakah Ada Masalah Dengan Traffic Blog Anda?

Discussion in 'Search Engine Optimization' started by Deno, Jul 1, 2014.

  1. Deno

    Deno Member

    Joined:
    Jun 23, 2014
    Messages:
    43
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    8
    Apakah ada masalah dengan cara meningkatkan traffic blog anda? Tidak sedikit keluhan yang dilontarkan dari rekan blogger pemula mengenai traffic blog [kesepian visitor]. Merasa masih bingung dengan persoalan blog yang sepi pengunjung. Padahal merasa sudah menggunakan template blog yang SEO friendly dan responsiv. Setiap halaman sudah diisi dengan artikel yang menurut anda sudah bagus, melakukan update secara teratur, tetapi kenapa ko tetep saja blog sepi oleh pengunjung.

    Jawabannya satu, jelas pasti ada yang salah dengan semua itu! Jika tidak, mana mungkin blog yang sudah di optimisasi sedemikian rupa ko bisa tetap saja tidak punya traffic. Kesalahan yang sepertinya dianggap spele, justru inilah yang menyebabkan terjadinya persoalan traffic rendah seperti itu. Harus dipahami dulu bahwa traffic atau pengunjung yang di datangkan dari mesin pencari adalah mereka yang disebut sebagai pengunjung tertarget. Artinya mereka yang benar-benar mencari sebuah peroduk tertentu yang sedang dibutuhkan. [ kalo gak dibutuhkan gak mungkin dicari]. Disinilah permasalahannya, yaitu keyword atau kata kunci. Sebelum membuat judul untuk sebuah blog atau sebelum anda menulis sebuah artikel sebaiknya lakukan terlebih dahulu reset kata kunci atau pencarian kata kunci yang paling banyak dicari untuk tema blog atau untuk judul artikel yang akan anda buat.

    Saya contohkan misalnya anda akan membuat blog dengan tema "berjualan batik". Jika anda kemudian langsung membuat blog dengan judul berjualan batik, itu ya sah saja, tetapi apakah banyak orang di search engine yang nantinya akan mengetikan kata berjualan batik tersebut? Itu masalahnya. Jadi sebaiknya anda lakukan research keyword terlebiha dahulu, misalnya dengan menggunakan “keyword planner” atau dengan reset keyword menggunakan cara lain silahkan cari di Google. Gambar contoh sederhananya seperti berikut ini :


    [​IMG]

    Pada saat anda mengetikan kata kunci "berjualan batik" di hasil pencarian ternyata kata itu tidak ditampilkan. Yang ada adalah beberapa keyword lain seperti yang terlihat pada gambar penjelas di atas. Disana ada Keyword, Volume pencarian, Competitor, dan KEI. Itu hasil research yang harus diperhatikan betul. Jadi kata kunci yang harus anda pilih adalah keyword yang memiliki volume paling tinggi dengan kompetitor yang paling rendah.


    Keyword
    atau kata kunci adalah kata atau frase yang digunakan sebagai panduan bagi search engine untuk mengantarkan visitor menemukan blog anda.
    Alasan itulah yang menjadikan anda harus mencari keyword yang tepat dan relevan dengan konten blog. Hindari untuk membuat kata kunci yang memanifulasi crawler search engine hanya dengan tujuan ingin meningkatkan jumlah pengunjung dengan cepat. Misalnya blog anda bertemakan “ jual jam tangan online” tetapi di setiap halaman blog, anda menggunakan kata kunci “photo artis cantik”. Memang tidak ada larangan, tetapi kegiatan manifulasi kata kunci seperti itu tidak akan membuat traffic meningkat dalam waktu yang lama [tidak abadi], sebab hanya akan membuat pengunjung kapok untuk datang lagi ke blog anda. Crawler jelas tidak akan merasa kecewa ataupun sakit hati, sebab itu hanya berupa alogaritma dari sebuah program robot seacrh engine. Toh anda juga gak mau kan kalau ditipu orang lain. (Tetapi jika anda suka tipu menipu seperti para koruptor di luar sana yang suka menipu temannya sendiri dan rakyat banyak, ya silahkan saja), tetapi saya sangat tidak merekomendasikannya.

    KEI singkatan dari [Keyword Effectiveness Index]. Artinya keyword atau kata kunci yang harus anda pilih adalah yang memiliki indeks efektifitas paling tinggi, yang mempunyai angka perbandingan antara jumlah pencari keyword dengan jumlah penyedia dari keyword tersebut. Apabila nilai KEI semakin tinggi, itu akan semakin bagus sebab keyword tersebut banyak dicari, tetapi sedikit orang yang membuat blog dengan kata kunci itu. Sampai disini saya berharap rekan blogger khususnya pemula bisa paham penjelasan singkat saya mengenai traffic blog ini. Kesimpulannya menggunakan keyword atau kata kunci yang tepat untuk tema blog atau untuk setiap judul artikel yang akan dipublikasikan sangat penting. Sebetulnya masih banyak cara lain yang berhubungan dengan persoalan bagaimana cara meningkatkan traffic blog, tetapi dalam tips belajar seo cara meningkatkan traffic blog kali ini saya hanya ingin membahas mengenai keyword saja. Dengan demikian maka penting melakukan reset kata kunci setiap kali anda akan membuat judul blog, nama URL Blog, atau judul artikel . Saya berharap dengan mengerti dan memahami cara reset kata kunci, blog anda tidak akan lagi kesepian oleh pengunjung, semoga bermanfaat dan bisa membantu. Saya menulis tidak berarti saya lebih tahu dari rekan semua disini, dan tidak ada maksud lain kecuali ingin berbagi ilmu dan pengalaman yang bisa bermanfaat bagi rekan blogger lainnya khususnya untuk para blogger pemula seperti saya. Salam blogger.
     
    Last edited: Jul 1, 2014
  2. ebaharu

    ebaharu Member

    Joined:
    Dec 5, 2012
    Messages:
    252
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Saya sangat setuju, walaupun terkadang susah nentuinnya, karena perlu riset... Klu boleh tau, cara untuk melakukan risetnya bagaimana? apa ada web khusus yang membantu nentuin kata kunci?

    Salam kenal.. @Deno
     
  3. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    keyword reseach sangat penting untuk mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari dan berapa besar kompetisinya
     
  4. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,644
    Likes Received:
    758
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    riset atau research ini wajib yah buat yang punya blog ?
     
  5. V.S.M

    V.S.M Member

    Joined:
    May 24, 2014
    Messages:
    169
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    keyword alias kata kunci adalah kunci nya.. :D
     
  6. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Saya juga yakin ini pakai aplikasi riset :) tapi jelas tidak akan di bagi :D
     
  7. Fatahillah

    Fatahillah Member

    Joined:
    Jun 27, 2014
    Messages:
    463
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    klo ada software yang bagus, pasti mantaps, ada yang mau share kah?
     
Loading...

Share This Page