Apa Itu Solar Water Heater dan Cara Kerjanya

Discussion in 'General Discussion' started by jagain, Jun 22, 2023.

  1. jagain

    jagain Member

    Joined:
    Jul 3, 2018
    Messages:
    69
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Solar Water Heater (SWH), atau yang dikenal juga sebagai pemanas air tenaga surya, adalah sistem yang menggunakan energi matahari untuk memanaskan air. Ini adalah solusi ramah lingkungan dan hemat energi untuk memenuhi kebutuhan air hangat di rumah atau bangunan lainnya. Bagaimana sebenarnya solar water heater bekerja? Mari kita bahas lebih lanjut.

    Komponen Solar Water Heater

    Solar Water Heater terdiri dari beberapa komponen utama. Pertama, terdapat kolektor surya yang terbuat dari bahan transparan seperti kaca. Kolektor ini menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi panas. Di dalam kolektor surya terdapat tabung-tabung berisi cairan pemindah panas, biasanya air atau campuran air dan antifreeze.

    Selain kolektor, sistem SWH juga dilengkapi dengan tangki penyimpanan. Tangki ini digunakan untuk menyimpan air panas yang dihasilkan oleh kolektor surya. Terdapat juga pompa sirkulasi yang menggerakkan cairan pemindah panas di dalam sistem, serta kontroler yang mengatur aliran air dan suhu.

    Prinsip Kerja Solar Water Heater

    Proses kerja solar water heater dimulai ketika sinar matahari mengenai kolektor surya. Kaca transparan pada kolektor memungkinkan sinar matahari masuk tetapi tidak keluar, menciptakan efek rumah kaca. Saat sinar matahari masuk ke dalam kolektor, energinya diubah menjadi panas.

    Panas tersebut kemudian ditransfer ke cairan pemindah panas di dalam tabung-tabung kolektor. Cairan tersebut akan mengalir dan memanaskan air yang ada di tangki penyimpanan melalui perpindahan panas. Setelah itu, air panas tersebut dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti mandi, mencuci, atau pemanasan ruangan.

    Keuntungan Menggunakan Solar Water Heater

    a. Hemat Energi: Dengan menggunakan energi matahari sebagai sumber panas, solar water heater dapat mengurangi penggunaan energi listrik atau gas untuk memanaskan air. Hal ini dapat menghemat biaya energi dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

    b. Ramah Lingkungan: Solar water heater merupakan alternatif yang ramah lingkungan karena mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi udara yang dihasilkan oleh sumber energi fosil.

    c. Ketersediaan Sumber Energi Terbarukan: Matahari adalah sumber energi yang tidak terbatas dan tersedia secara gratis. Dengan menggunakan solar water heater, Anda dapat memanfaatkan sumber energi terbarukan yang melimpah.

    d. Rendahnya Biaya Pemeliharaan: Solar water heater cenderung memiliki biaya pemeliharaan yang rendah. Setelah instalasi awal, sistem ini tidak memerlukan banyak perawatan dan umumnya memiliki masa pakai yang cukup lama.

    Solar water heater adalah sistem pemanas air yang menggunakan energi matahari untuk memanaskan air. Dengan cara kerja yang sederhana dan berbagai keuntungan yang ditawarkannya, solar water heater menjadi solusi yang efisien dan ramah lingkungan dalam memenuhi kebutuhan air hangat. Namun, sebelum memutuskan untuk menginstal solar water heater, penting untuk mempertimbangkan kondisi lingkungan dan lokasi Anda. Dengan melakukan evaluasi yang tepat, Anda dapat memanfaatkan manfaat panas matahari untuk penggunaan air hangat yang efisien dan berkelanjutan.

    Pemanas Air Indonesia (PAI) adalah salah satu brand produk pemanas air yang terbaik dan bisa anda pilih jika sedang mencari produk pemanas air kualitas terbaik di kelasnya.
     
    Last edited by a moderator: Jul 1, 2023
Loading...

Share This Page