8 Keterampilan Pemasaran Digital Penting di 2022

Discussion in 'Internet Marketing' started by Rinaldy, Jul 2, 2022.

  1. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    41
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Pemasaran Digital adalah tentang berkomunikasi dengan individu, memahami apa yang sesuai dengan mereka, dan menyampaikan konten ini kepada mereka dengan cara terbaik. Lebih dari meminta audiens Anda untuk membeli produk atau layanan, pemasar digital juga berupaya membangun hubungan di mana audiens dengan sukarela memilih Anda. Mempelajari keterampilan pemasaran digital teratas akan membantu Anda menjadi pemasar digital yang lebih baik dan mempersiapkan Anda untuk pasar kerja.

    1. Optimasi Mesin Pencari
    2. Pemasaran Konten
    3. Pemasaran Video
    4. Analisis Data
    5. Desain Produk/UX
    6. Pemasaran media sosial
    7. Berpikir Kreatif & Pemecahan Masalah
    8. Kemampuan berkomunikasi
    Soft Skill seperti komunikasi yang baik, empati, dan rasa ingin tahu sangat penting untuk menjadi pemasar digital yang sukses . Namun, keterampilan pemasaran digital diperlukan untuk menganalisis, membuat, dan menerapkan berbagai kampanye dan strategi pemasaran digital. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh The Economist Group dan DMI, 74% eksekutif pemasaran menyadari bahwa organisasi pemasaran menghadapi kekurangan bakat karena kurangnya keterampilan pemasaran digital. Peningkatan keterampilan di bidang pemasaran digital dapat membantu Anda memperoleh keterampilan pemasaran digital ini. Mari kita periksa Keterampilan Pemasaran Digital ini.

    1. SEO atau Optimasi Mesin Pencari
    Search Engine Optimization atau SEO sama sekali bukan keterampilan pemasaran digital baru. Namun, seorang profesional pemasaran digital perlu mengetahui SEO. Ini adalah cara yang ampuh untuk membantu pertumbuhan organik organisasi Anda. Ketika Anda secara konsisten mempublikasikan konten yang berharga, mesin pencari seperti Google dapat menafsirkan jika situs web Anda penting, dan dapat memprioritaskan halaman hasil mesin pencari atau SERP.

    Membangun strategi pemasaran digital yang efektif , penelitian kata kunci, konten berharga, struktur yang tepat, backlink, dan memperbaiki kesalahan situs adalah bagian dari proses SEO. Pada tahun 2021, SEO mendorong tingkat konversi rata-rata 14% dari pencarian organik. SEO adalah tempat yang bagus untuk memulai jika Anda ingin meningkatkan keterampilan pemasaran digital Anda atau memulai karir Anda di bidang ini.

    Beberapa keterampilan yang dapat Anda peroleh di bawah SEO adalah sebagai berikut:

    • Kemahiran dalam SEO lokal
    • Kemampuan untuk meningkatkan peringkat di halaman
    • Pengetahuan tentang SEO on-page dan off-page
    • Keterampilan membangun tautan
    • Tetap up-to-date dengan update SEO terbaru
    Beberapa alat SEO yang umum digunakan tercantum di bawah ini:

    • Google Search Console
    • SEMrush
    • Ahrefs
    • mozo
    • Google Tren
    • Yoast
    • Google Analytics
    2. Pemasaran Konten
    “Konten adalah raja”, adalah ungkapan yang pasti pernah Anda dengar jika Anda pernah berkecimpung di bidang konten atau pemasaran digital atau sedang mencoba masuk. Ini memegang tempat paling penting dalam hal meningkatkan bisnis online Anda. Mampu membuat konten yang berkualitas tinggi, relevan, dan yang paling penting SEO-friendly adalah keterampilan yang harus dimiliki setiap calon pemasaran digital. Fokus pada konsistensi, kata kunci yang relevan, dan format yang terstruktur dengan baik dan Anda akan siap melakukannya!

    Pemasaran konten , singkatnya, adalah seni menarik, melibatkan, dan mempertahankan pengguna dengan mengkurasi dan terus mengoptimalkan konten. Anda harus jeli untuk memasarkan konten Anda di berbagai saluran sosial untuk bisa mendapatkan daya tarik paling banyak. Dapatkan pemahaman dasar tentang Pemasaran Konten dan dapatkan ide tentang bagaimana Anda dapat memanfaatkannya sepenuhnya untuk menciptakan basis pengguna bagi diri Anda sendiri.

    Kiat Bonus: Setengah pertempuran dimenangkan jika Anda memahami apa yang membuat pengguna Anda tetap terlibat. Jadi, habiskan waktu sebanyak mungkin untuk membuat konten yang sesuai dengan mereka.

    3. Pemasaran Video
    Video Marketing telah mengambil alih dunia digital. Video telah menjadi sangat populer akhir-akhir ini, dan memanfaatkan ini untuk meningkatkan strategi pemasaran digital Anda bisa sangat bermanfaat dalam jangka panjang. Karena semakin banyak merek memasukkan konten video ke dalam strategi mereka, ini adalah metode kreatif dan visual untuk memasarkan produk dan layanan Anda. Saat Instagram meluncurkan fitur terbarunya yang dikenal sebagai "gulungan", beberapa merek telah memasukkan posting video pendek 30 detik ini untuk menarik perhatian khalayak yang lebih luas.

    Video adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian. Mereka lebih menarik dan pribadi, yang dapat membantu meningkatkan pengalaman dan hubungan pelanggan. Keterampilan video akan terus diminati, seperti yang telah kita lihat tren di platform media sosial, seperti pergeseran Instagram dari format IGTV yang lebih panjang ke video yang lebih pendek di bagian gulungan. Merek juga melihat penggunaan ulang konten mereka dan mempublikasikannya di YouTube untuk menjangkau sekelompok orang yang lebih memilih konten video dibandingkan dengan membaca posting blog yang panjang.

    4. Analisis Data
    Karena jumlah konten yang dihasilkan setiap hari meningkat, kebutuhan untuk membuat keputusan berdasarkan data juga meningkat. Merek memiliki akses lebih besar ke alat yang dapat membantu mereka melacak berbagai metrik seperti keterlibatan, suka, komentar, dll., yang dapat membantu mereka membuat keputusan yang efektif. Dengan munculnya mentalitas berbasis data ini, kami juga perlu meningkatkan keterampilan pemasaran digital kami.

    Karena peran ilmu data dan analitik diakui sebagai peran yang paling banyak diminati, pemasar digital perlu memahami pengaruh mereka terhadap pekerjaan mereka dan memanfaatkan manfaat analitik data . Mengikuti Kursus Ilmu Data dan Analisis Bisnis dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan dan tetap berada di puncak lanskap digital yang terus berubah.

    Memahami cara mempelajari wawasan di berbagai platform digital sangat penting, dan dengan demikian, mengetahui bahasa kueri dasar seperti SQL juga akan sangat membantu.

    Beberapa alat Analisis Data yang penting adalah sebagai berikut:

    • Google Analytics
    • Tablo (Untuk Visualisasi Data)
    • Sprout Social (Untuk Mendengarkan Sosial)
    • Google Pengelola Tag
    • SQL
    5. Desain Produk/UX
    Seperti yang kita lihat biaya saluran akuisisi berbayar tumbuh, merek perlu bergerak menuju saluran pertumbuhan alternatif. Salah satu keterampilan pemasaran digital yang akan datang adalah desain produk/UX. Metodologi bisnis yang dipimpin produk menangani akuisisi pengguna, konversi, ekspansi, dan retensi yang didorong melalui desain produk. Dari tim teknik hingga tim penjualan dan pemasaran, setiap orang harus bekerja untuk membangun pengalaman pengguna yang lebih signifikan dan pertumbuhan berkelanjutan.

    Strava adalah salah satu merek yang telah mengikuti proses penerapan desain produk dan UX ini ke dalam strategi pemasarannya . Pelacakan kebugaran yang dapat disaksikan di aplikasi Strava secara otomatis memberikan wawasan tentang aktivitas dalam aplikasi pengguna dan menciptakan aset sosial yang dapat dibagikan di media sosial. Sementara fitur dibangun oleh tim teknik, tim pemasaran dan produk menerapkan teknik untuk mengurangi biaya per akuisisi mereka. Dengan memanfaatkan kekuatan data dan wawasan, merek dapat membuat keputusan yang tepat.

    6. Pemasaran Media Sosial
    Platform media sosial digunakan sekarang, lebih dari sebelumnya. Saat COVID-19 melanda dunia, kita terpaksa beralih ke media digital. Namun, pemasar digital juga melihat peningkatan dalam penggunaan platform media sosial. Merek dipaksa untuk meningkatkan strategi media sosial mereka .

    Ketika kita berbicara tentang keterampilan pemasaran digital, memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang platform media sosial dan bagaimana menggunakannya untuk keuntungan Anda sangat penting. Lanskap media sosial terus berubah. Fitur dan alat baru ditambahkan setiap hari, oleh karena itu, penting untuk meningkatkan keterampilan pemasaran digital Anda seiring waktu.

    Strategi media sosial juga didasarkan pada wawasan dan didorong oleh data. Anda sekarang memiliki akses ke beberapa metrik pada platform yang berbeda seperti suka, komentar, bagikan, klik pada tautan, dll. Dengan semua aspek ini dilacak, pemasar digital dapat memahami konten mana yang paling sesuai untuk mereka.

    Alat penting untuk pemasaran media sosial:

    • Manajer Bisnis Facebook
    • Buzzsumo
    • kamar mandi
    • Penyangga
    7. Berpikir Kreatif & Pemecahan Masalah
    Tidak peduli seberapa non-teknis keterampilan ini dibandingkan dengan keterampilan lain yang disebutkan dalam artikel ini, keterampilan ini tetap merupakan salah satu keterampilan Pemasaran Digital yang paling penting. Mengingat bahwa pesaing Anda terus berkembang dan berinovasi, Anda mungkin memiliki peluang besar untuk tetap bertahan di industri ini. Namun, ketika Anda mencapai permainan kreativitas dan berpikir di luar kebiasaan, Anda dapat membuat ide konten unik dan menghadirkan solusi paling kreatif ke meja. Ini adalah sesuatu yang akan membantu Anda mencapai keunggulan kompetitif.

    Dengan keterampilan ini, Anda dapat mengambil jalan yang berbeda dan tetap mendapatkan hasil terbaik dari pesaing Anda atau bahkan lebih baik. Google, tidak diragukan lagi, mengerti ketika Anda telah melakukan pekerjaan dengan baik dan menghargai Anda untuk itu. Jadi, jika Anda dapat menemukan solusi inovatif, kemungkinan besar Anda akan terbukti menjadi pemasar digital terbaik di luar sana.

    8. Keterampilan Komunikasi
    Terakhir, keterampilan Pemasaran Digital yang paling jelas dalam daftar kami adalah keterampilan Komunikasi. Seorang pemasar digital, siang dan malam, diharapkan dapat berinteraksi dengan klien, pengguna, dan pemangku kepentingan lainnya. Mereka harus memastikan bahwa mereka menyampaikan pesan dengan cara yang paling berdampak dan tepat. Keterampilan komunikasi yang efektif berguna ketika Anda mencoba membangun hubungan yang layak dan membangun kepercayaan.

    Seorang pemasar digital harus pandai dalam komunikasi verbal dan tertulis . Akan ada pertukaran email, interaksi di media sosial, panggilan klien, dan yang lainnya. Keterampilan komunikasi akan merampingkan proses untuk memahami apa yang dibutuhkan audiens dan menyampaikannya kepada mereka.

    SUMBER:
    - Diterjemahkan dari mygreatlearning.com
    - Sumber lainnya dari Answerian.com
     
Loading...

Share This Page