6 Tips Menyewa Mobil Rental Untuk Perjalanan Liburan

Discussion in 'General Discussion' started by Odnayr Airtas, Dec 21, 2020.

  1. Odnayr Airtas

    Odnayr Airtas New Member

    Joined:
    Feb 6, 2020
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Menyewa mobil rental mungkin telah menjadi hal yang wajib disaat akan melakukan perjalanan liburan untuk bertamasya keluar kota. Dengan menyewa mobil, anda lebih leluasa untuk mengatur waktu dan destinasi liburan tujuan anda. Tapi ada hal penting yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum menyewa mobil rental dan jangan sembarangan untuk memilih alternatif, karena perjalanan yang anda tempuh medan jalannya tidak sama dengan kondisi jalan dalam kota yang umum anda lewati.

    Berikut ini 6 tips menyewa mobil rental untuk perjalanan liburan.

    1. Mentukan tipe mobil yang sesuai dengan keperluan anda

    Langkah awal yang harus anda lakukan sebelum menyewa mobil adalah dengan menentukan tipe mobil yang akan anda sewa. Seandainya anda termasuk keluarga kecil, yang terdiri dari anda, anak dan istri, sebaiknya anda memilih mobil jenis keluarga kecil atau Low Multi Purpose Vehicle (MPV). Kalau anda termasuk keluarga besar anda bisa memilih mobil yang kapasitasnya cukup besar seperti ELF yang bisa menampung kapasitas sebanyak 15 orang.

    2. Cek kondisi fisik mobil

    Lakukan pengecekan komponen exterior mobil bersama pemilik perusahaan penyedia jasa rental tersebut. Dengan begitu anda bisa mengetahui kondisi body yang penyok atau lecet yang terdapat pada mobil tersebut. Untuk berjaga-jaga anda bisa memotret bagian mana yang penyok agar anda bisa membuktikan jika seandainya pemilik perusahaan jasa rental mencoba meng-claim atas penyok/ lecet yang ada di mobil walaupun bukan anda yang melakukannya.

    Simak Juga: Sewa Mobil Lepas Kunci Jakarta

    Pilih mobil dengan kondisi yang masih prima, umumnya mobil yang masih dalam kondisi prima berusia optimal enam tahun kebawah.

    Lakukan pengecekan kondisi rem, kelistrikan, mesin, ban, serta kestabilan mobil. Kondisi kelistrikan dapat memakai alat bantu volt meter untuk mengecek daya listrik baik alternator maupun aki.

    Begitu pula dengan mesin, apabila dihidupkan beberapa menit tersendat-sendat berarti mesin mobil sudah tidak prima. Pastikan kondisi ban dengan memperhatikan ukiran permukaan ban masih dalam kondisi baik atau minimal 70 persen.

    3. Perbandingkan harga

    Jangan mudah terpengaruh dengan harga murah dan juga jangan mudah melakukan kesepakatan begitu saja dengan harga yang ditawarkan terlalu tinggi karena di musim liburan banyak modus untuk melakukan pembohongan. Supaya anda menerima harga yang tepat, sebaiknya anda melakukan survey pada beberapa perusahaan penyedia jasa rental mobil.

    4. Pelajari perjanjian sewa secara teliti

    Pelajari perjanjian sewa mobil yang diberikan oleh perusahaan rental mobil disaat kita ingin menyewa, menyangkut beberapa hal mengenai hak dan kewajiban penyewa. Hal lain yang wajib ditanyakan adalah, jika terjadi keterlambatan pengembalian mobil rental. Hal ini perlu diajukan, mengingat situasi perjalanan selama arus mudik atau balik tidak menentu. Kemacetan selama berjam-jam dapat saja terjadi.

    5. Tanyakan manfaat asuransi

    Jika perusahaan tempat anda menyewa menggunakan biaya asuransi, anda bisa menanyakan dengan jelas perihal jenis arusansi, manfaat yang didapat, serta cakupan perlindungan dan berapa uang pertanggungan yang akan didapat. Selain itu penting untuk ditanyakan untuk mengantisipasi sekiranya terjadi risiko yang tak kita inginkan. Pasalnya, bahasa dan kalimat di dalam perjanjian asuransi umumnya sering kali memunculkan salah tafsiran, sehingga harus dipelajari kalimat demi kalimat.

    6. Mintalah nomer telepon perusahaan rental yang dapat dihubungi

    Jika semua urusan prasyarat sudah selesai dan anda telah sepakat untuk menyewanya, jangan lupa untuk meminta nomor telepon perusahaan tempat anda menyewa yang dapat dihubungi kapanpun. Selain itu untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana yang tak diharapkan saat di perjalanan yang berhubungan dengan mobil dan anda dapat menanyakan kondisi itu terhadap petugas di perusahaan tersebut.

    Kunjungi Juga: Sewa Mobil Alphard Jakarta
     
  2. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    588
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    wah lagi susah semua ni bisnis rental dan wisata
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,867
    Likes Received:
    131
    Trophy Points:
    63
    Kayaknya iya lagi susah perusahaan rental,semua kena imbas covid sembilan belas
    sekarang sudah masuk covid duapuluh dan hampir menjadi covid duapuluh satu. beberapa hari lagi tahun baru
     
  4. Angga Kurniawan

    Angga Kurniawan Member

    Joined:
    Oct 12, 2014
    Messages:
    43
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    thankyou gan infonya
     
Loading...

Share This Page