6 Cara Conversational AI Meningkatkan Pengalaman Pelanggan Di Perbankan, Layanan Keuangan & Asuransi

Discussion in 'General Business' started by Rinaldy, Oct 22, 2022.

  1. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Ekosistem yang didasarkan pada keuangan dan teknologi ternyata terkait erat dengan solusi cerdas. Bisnis di sektor Perbankan, Layanan Keuangan Dan Asuransi (BFSI) tidak lagi hanya peduli dengan menawarkan layanan perbankan dan keuangan. Sistem perbankan mengambil pendekatan proaktif untuk membantu klien atau nasabah secara teratur dan membuat hidup mereka lebih mudah dengan solusi yang berguna saat mereka memutuskan sebagai mitra yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan.

    Layanan perbankan saat ini harus sepenuhnya berfokus pada kebutuhan nasabah dan menyediakan layanan dan solusi individual di luar operasi perbankan dasar untuk beradaptasi dengan transformasi signifikan ini.

    Layanan perbankan digital banyak digunakan oleh boomer, milenial, dan anggota Generasi Z. Berbagai kategori pengguna memiliki perjalanan pelanggan yang berbeda, tetapi semuanya layak mendapatkan pengalaman pelanggan sebaik mungkin. Dengan berkonsentrasi pada konsumen, perusahaan fintech telah berhasil memimpin pasar BFSI. Sektor BFSI harus menggunakan solusi AI mutakhir untuk mewujudkan kebutuhan mendesak akan layanan pelanggan tanpa kontak dan penawaran nilai tambah.

    Masalah Terbesar BFSI
    1. Mempertahankan Teknologi Usang
    Mempertahankan teknologi usang sering digunakan oleh perbankan, membuat sistem mereka kaku dan mahal untuk diperbarui. Seiring pertumbuhan perusahaan, tantangan menjadi lebih sulit untuk dikelola. Sangat penting untuk mempertimbangkan bagaimana karyawan terlibat dengan kecerdasan dan bagaimana mereka dapat memanfaatkannya untuk keuntungan demi menawarkan perjalanan pelanggan yang hebat.

    2. Penggunaan Channel Tambahan
    Pelanggan semakin menuntut kemampuan untuk menghubungi bisnis melalui metode pilihan mereka. Oleh karena itu, perusahaan keuangan harus siap untuk mengadopsi strategi omnichannel. Informasi pelanggan yang tidak dapat digunakan merupakan rintangan internal yang signifikan.

    Lembaga keuangan dibanjiri data yang telah dikumpulkan dari berbagai situs sepanjang perjalanan pengguna, tetapi mereka tidak dapat menggunakannya secara efektif kecuali data mentah diubah menjadi informasi terstruktur. Penggunaan teknologi canggih diperlukan untuk mengekstrak wawasan yang relevan dari data; kombinasi analitik data dan AI Percakapan (Conversational AI) adalah langkah ke arah yang benar.

    Mari kita periksa bagaimana conversational AI (percakapan AI) dapat membantu industri BFSI.

    AI Percakapan (Conversational AI) Untuk Menyelamatkan
    1. Menawarkan layanan perbankan individual
    Nasabah resisten untuk mengubah perilakunya karena terbiasa dengan perbankan tatap muka. Teknologi AI Percakapan (Conversational AI) dari Gupshup – penyedia dan solusi Chatbot API terbaik - mengadaptasi perjalanan pelanggan. Ini dapat sangat mempersingkat waktu tunggu. Untuk pesan khusus dari bank, konsumen dihubungi melalui WhatsApp.
    [​IMG]
    Bot AI Percakapan (Conversational AI) Gupshup - penyedia dan solusi messaging API terbaik - menggabungkan verifikasi captcha dan pesan untuk memastikan keamanan. Klien atau nasabah Anda dapat bersantai mengetahui bahwa Anda menangani data mereka dengan aman.
    [​IMG]
    Banyak pekerjaan di industri BFSI membutuhkan pemrosesan administrasi berulang. AI Percakapan (Conversational AI) dapat secara signifikan mengurangi tugas berulang yang harus dilakukan oleh pekerja bank, memungkinkan mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk melayani pelanggan. Untuk mengembangkan hubungan pelanggan yang solid dan bertahan lama, staf bank mungkin berkonsentrasi untuk menemukan solusi inovatif untuk masalah. Merawat klien atau nasabah baru menjadi mudah berkat respons cepat chatbots Gupshup atas pertanyaan mereka.
    [​IMG]
    2. Gunakan KYC Online untuk Mengurangi Waktu Tunggu Nasabah
    Bank harus melakukan KYC secara berkala untuk menjamin bahwa profil nasabah memuat data terbaru. Dibutuhkan banyak waktu dan upaya untuk menindaklanjuti pelanggan dan mendapatkan dokumen mereka. Chatbot Gupshup - penyedia dan solusi whatsapp API terbaik - menghilangkan beban ini dengan meminta klien atau nasabah untuk mengirimkan dokumen KYC. Dari rumah mereka, nasabah perbankan dapat dengan cepat mengunggah versi digital dari dokumen tersebut.
    [​IMG]
    3. Gunakan Peringatan Whatsapp untuk Membuat Pelanggan Tetap Tertarik
    Strategi terpadu untuk kontak pelanggan dapat membantu bank meningkatkan layanan dan dukungan pelanggan mereka. Program perpesanan paling populer adalah WhatsApp, sehingga Gupshup memungkinkan konsumen Anda untuk berkomunikasi dengan Anda melalui chatbot di WhatsApp dan menerima peringatan transaksi segera. Chatbot yang sama membantu pengguna mendapatkan klarifikasi tentang transaksi tanpa perlu melakukan panggilan telepon untuk menangani pertanyaan sederhana.
    [​IMG]
    4. Langsung Menawarkan Layanan Kartu Kredit melalui Perangkat Seluler
    Memisahkan layanan perbankan dan kartu kredit tidak diperlukan. Dengan aplikasi pesan percakapan kartu kredit Gupshup, semua kartu kredit yang dimiliki pelanggan Anda dengan bank Anda dapat dilihat dalam satu jendela. Dengan beberapa perintah sederhana, pelanggan dapat memperbarui kartu kredit mereka, mengubah informasi mereka, dan meminta kartu kredit baru.
    [​IMG]
    5. Gunakan Bot AI Percakapan (Conversational AI) Untuk Memproses Aplikasi Pinjaman Tanpa Penundaan
    Setiap bentuk pinjaman memiliki wilayahnya sendiri di bank. Memverifikasi dan mengesahkan pinjaman bank membutuhkan waktu tambahan dari beberapa staf bank. Kesulitan lain dengan strategi konvensional adalah membujuk orang untuk membeli pinjaman bank. Bank Anda dapat menggabungkan layanan pinjaman dalam satu jendela dengan menggunakan API pesan percakapan Gupshup. Anda dapat memberi klien atau nasabah Anda berbagai pilihan pinjaman dan mempermudah peminjaman. Pelanggan dapat menggunakan WhatsApp untuk mengajukan pinjaman secara online dan menerima semua informasi yang mereka butuhkan tentang pinjaman apa pun.
    [​IMG]
    6. Mempromosikan dan Promosikan Silang Produk Perbankan Individual
    Profesional layanan pelanggan harus berusaha keras untuk memasarkan produk keuangan baru kepada klien atau nasabah saat ini. Chatbot Gupshup membuat proses promosi lebih mudah. Pelanggan dapat diberitahu tentang produk perbankan terbaru dan diundang untuk mendaftar layanan baru melalui WhatsApp.
    [​IMG]
    Berdasarkan portofolio klien atau nasabah, bot AI Percakapan (Conversational AI) Gupshup dapat mengirimkan pesan yang disesuaikan untuk mengiklankan manfaat keanggotaan tambahan. Anda dapat membangun dan meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memberi tahu mereka bahwa bank peduli pada mereka dengan memberikan penawaran dan promosi khusus. Jika pelanggan sadar bahwa mereka menerima rekomendasi individual, mereka akan lebih bersedia untuk berlangganan layanan baru.
    [​IMG]
    Kesimpulan
    Lembaga keuangan membutuhkan teknologi AI yang efektif dan efisien untuk bersaing di sektor BFSI. Pada tahun 2024, diperkirakan pengeluaran untuk sistem AI akan melebihi $110 miliar. Untuk menawarkan layanan pelanggan terbaik, lebih dari 64% lembaga keuangan cenderung menggunakan teknologi AI. Bank semakin memanfaatkan WhatsApp untuk berhasil terhubung dengan konsumen dan tetap terkini. Karena teknologi AI sangat mudah beradaptasi, bank dapat melayani konsumen dengan beragam kemampuan secara lebih efektif. Anda dapat memastikan perbankan di mana-mana, yang tidak diragukan lagi merupakan kebutuhan saat ini, menggunakan chatbots Gupshup.

    Anda dapat menggunakan AI Percakapan (Conversational AI) untuk meningkatkan pengalaman online klien atau nasabah Anda dengan bekerja sama dengan Gupshup. Klik sumber di bawah ini atau klik link yang ada di catatan kaki artikel ini.

    Sumber
    Dilokalisasi dari
    6 Ways Conversational AI Improves Customer Experience In BFSI
    Sumber sekunder:
    Need For Omni-channel Messaging In Conversational Banking
     
  2. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Baca Info Lainnya Terkait Gupshup (Fitur dan Spesialisasi) di sini:

    Gupshup memungkinkan keterlibatan pelanggan yang lebih baik melalui pesan percakapan. Gupshup adalah platform pesan percakapan terkemuka, yang mendukung lebih dari 6 miliar pesan per bulan. Ribuan bisnis besar dan kecil di berbagai negara menggunakan Gupshup untuk membangun pengalaman percakapan & chatting di pemasaran, penjualan, dan dukungan pelanggan. Platform tingkat operator Gupshup menyediakan API perpesanan tunggal untuk 30+ channel, kit alat pengembangan percakapan untuk penggunaan apa pun, serta jaringan kemitraan di seluruh channel perpesanan (termasuk produsen perangkat, ISV, dan operator).

    Spesialisasi Gupshup:

    Ingin meningkatkan promosi marketing, penjualan, dan layanan pelanggan perusahaan Anda menggunakan Chatbot? Kini, Gupshup siap membantu Anda. Gupshup adalah Conversational Messaging Platform yang membantu bisnis & perusahaan berinteraksi dengan pelanggan di lebih dari 30 channel perpesanan termasuk WhatsApp API, Instagram API, SMS, dll.


    Gupshup telah dinobatkan oleh Hacker Noon sebagai salah satu dari 10 pembuat chatbot perusahaan berteknologi AI terbaik di dunia untuk tahun 2021. Hubungi Gusphup sekarang juga dengan mengklik link pada catatan kaki atau artikel sumber di bawah artikel ini.
     
Loading...

Share This Page