3 Tips Promosi Google Business Messaging untuk Bisnis Lokal

Discussion in 'General Business' started by Rinaldy, Aug 20, 2022.

  1. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Anda pasti pernah mengalami saat-saat ketika mencari sesuatu yang diperlukan di dekat Anda, dari mencari bioskop di dekat rumah Anda hingga menjadwalkan janji temu dengan dokter gigi terdekat! Pelanggan saat ini memiliki keinginan yang mendesak dan khusus. Menurut penelitian, 46% dari semua pencarian Google dimaksudkan untuk menemukan informasi lokal. Faktanya, satu dari tiga pencarian smartphone terjadi tepat sebelum pelanggan mengunjungi toko atau lokasi bisnis.

    Konsumen selalu mencari informasi lokal. Istilah "dekat saya", "berdekatan", "sekarang", dan "buka" sering digunakan dalam penelusuran Google. Tidak ada keraguan bahwa konsumen memiliki harapan khusus tentang relevansi kontekstual dari hasil pencarian.

    Apakah Anda ingin tahu bagaimana menemukan pelanggan Anda dengan tepat ketika mereka mencari produk atau layanan serupa dengan milik Anda? Solusinya mudah: Google Business Messaging! Cukup membuat Google Business Profile (Profil Bisnis Google).

    Postingan blog ini akan mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan kegunaan Google Business Messaging API dan Google Business Profile dan bagaimana mereka dapat meningkatkan visibilitas bisnis lokal (local business) Anda.

    Google Business Profile (Profil Bisnis Google): Apa Itu?
    [​IMG]
    Strategi terbaik untuk meraih audiens lokal Anda adalah dengan membuat Profil Bisnis Google jika perusahaan Anda memiliki kehadiran / toko fisik atau berinteraksi dengan pelanggan secara tatap muka.

    Business Listing gratis dari Google adalah Google Business Profile, yang sebelumnya dikenal sebagai Google My Business. Ini memungkinkan Anda untuk memberikan calon konsumen informasi penting tentang perusahaan Anda, seperti lokasi, jam operasional, nomor telepon, dan banyak lagi. Sederhananya, Google Business Profile memungkinkan Anda untuk menunjukkan bagaimana perusahaan Anda tampil beda dari pesaing.

    Anda dapat meningkatkan interaksi konsumen dengan memposting foto bisnis barang dan jasa Anda di Google Business Profile. Anda juga dapat mengumpulkan umpan balik (feedback) konsumen dan membalasnya.

    Semua informasi perusahaan Anda dapat ditemukan di Google Penelusuran, Google Maps, dan Google Shopping berkat Google Business Profile. Aktifkan fungsi pesan untuk mengundang pelanggan berkomunikasi dengan perusahaan Anda saat ini. Mari kita lihat beberapa manfaat terkait dengan Google Business Profile!

    Dengan Google Business Profile, Anda Dapat Meningkatkan Popularitas Bisnis Local (Local Business)
    [​IMG]
    Google Business Messaging adalah pilihan ideal bagi Anda jika Anda telah mempertimbangkan cara mengembangkan bisnis kecil Anda secara lokal. Memanfaatkan Google Business Profile untuk Pesan Bisnis memungkinkan Anda mengungguli pesaing di daerah Anda. Sebuah jajak pendapat terkenal mengungkapkan 44% peserta mengindikasikan bahwa mereka telah memulai percakapan teks dengan sebuah perusahaan. Anda selalu dapat dijangkau oleh pelanggan Anda berkat Google Business Profile Messaging. Mari kita jelajahi beberapa keuntungan utama menggunakan Google Business Profile untuk membuat rencana pemasaran bisnis kecil lokal.

    1. Meningkatkan Visibilitas Bisnis Online
    Menyiapkan Google Business Profile (Profil Bisnis Google) mungkin cukup membantu jika Anda telah meneliti "cara memasarkan bisnis lokal saya" secara online dan mencoba mencari tahu cara menjangkau pelanggan lokal Anda. Penyedia layanan lokal dapat menunjukkan area layanan mereka di daftar profil mereka, sementara pedagang lokal dapat menggunakan Google Business Profile (GBP) mereka untuk menyorot item dan memberi tahu calon konsumen tentang apa yang saat ini tersedia. Anda dapat berpartisipasi dalam tampilan 3 paket Google dan meningkatkan visibilitas online Anda dengan memiliki Google Business Profile yang dioptimalkan.

    2. Meningkatkan Penjualan
    Perusahaan lokal mendapat manfaat dari peningkatan konversi berkat Google Business Profile. Menurut Google, pelanggan 50% lebih cenderung mempertimbangkan untuk membeli dari perusahaan dengan profil perusahaan lengkap dan 70% lebih mungkin untuk mengunjungi mereka. Setiap kali pengguna web mengetik istilah seperti "dekat saya", “terdekat”, atau "sekarang", Google memastikan untuk mempromosikan profil perusahaan. Semakin baik daya tarik di Google, semakin tinggi tingkat konversi untuk bisnis Anda.

    3. Membuat Google Ads Menjadi Lebih Hemat Biaya
    Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia, dengan pangsa pasar 85,55 persen. Setiap hari, 5,6 miliar pencarian dilakukan di Google. Tampaknya masuk akal bahwa setiap pemasar ingin mempromosikan perusahaan mereka di Google. Gunakan Google Business Profile untuk mencapai sasaran Anda jika Anda memiliki tujuan serupa. Mudah digunakan dan hemat biaya. Anda dapat berkomunikasi langsung dengan konsumen dan membalas pertanyaan serta ulasan dengan menyiapkan Google Business Profile secara gratis.

    Metode Sederhana untuk Mengiklankan Perusahaan Terdekat di Google’s Business Messages (GBM)
    1. Buat Profil Perusahaan/Bisnis
    Langkah pertama dalam menggunakan Google’s Business Messages (GBM) adalah membuat profil perusahaan. Prosedur pembuatan Google Business Profile sangatlah mudah. Cukup ikuti petunjuk di bawah ini:

    a) Buka https://www.google.com/business/ dan klik 'Berikutnya' setelah masuk dengan akun Google Anda.

    b) Ketik nama rantai atau perusahaan Anda di sini. Tambahkan juga alamat perusahaan Anda. Pada peta, Anda dapat diminta untuk menempatkan penanda di sebelah lokasi perusahaan Anda atau cabang rantai. Jika perusahaan Anda tidak memiliki lokasi fisik, pastikan untuk menyertakan wilayah Anda.

    c) Tahap terakhir adalah memutuskan apakah bisnis Anda adalah etalase (store produk) atau penyedia layanan (jasa). Anda harus memberikan alamat Anda jika Anda adalah etalase sebelum mengklik "Berikutnya." Jika Anda melayani pelanggan di luar tempat bisnis Anda, Anda juga dapat menentukan wilayah layanan Anda. Bisnis atau perusahaan yang tidak melayani pelanggan di lokasi fisik mereka harus menyertakan alamat mereka. Artinya, tanda "Saya menyediakan produk dan layanan kepada pelanggan saya" harus diklik. Berikutnya tekan "Berikutnya" setelah wilayah layanan terdaftar.

    d) Pilih kategori bisnis, lalu klik "Berikutnya."

    e) Setelah menambahkan informasi kontak Anda, klik "Selesai."

    f) Akhirnya, pastikan untuk memverifikasi local listing Anda.

    2. Tingkatkan Listing Anda
    Meningkatkan Google Business Profile Anda sangat penting untuk pertumbuhan perusahaan lokal Anda dan memotivasi pelanggan untuk menghubungi Anda. Anda harus memastikan bahwa listing Anda komprehensif dalam segala hal. Pelanggan 2,7 kali lebih mungkin untuk melihat perusahaan mana pun sebagai perusahaan terpercaya jika mereka menemukan profil bisnis yang menyeluruh, menurut studi Hootsuite. Untuk menjamin kredibilitas profil, berikan gambar dan video secara profesional. Verifikasi juga lokasi perusahaan Anda. Hal yang paling penting untuk diingat adalah memilih kata kunci yang relevan untuk meningkatkan relevansi perusahaan Anda dan peringkat Google. Semakin tinggi peringkat Anda, semakin besar kemungkinan konsumen akan menghubungi Anda.

    3. Gunakan Tool Google Business Profile (GBP) Gratis
    Jangan lewatkan kesempatan untuk menggunakan sumber daya pemasaran gratis Google untuk profil perusahaan Anda! Untuk mengomunikasikan pencapaian terbaru perusahaan Anda dengan pelanggan Anda, buatlah pamflet, stiker, film, postingan media sosial, dan lainnya yang dipersonalisasi. Dengan demikian, Anda dapat menyuntikkan beberapa humor dan informasi menarik ke dalam strategi pemasaran Anda dan mendorong calon pelanggan untuk menghubungi Anda.

    Metode Gupshup untuk Mendukung Usaha Lokal (Local Business)
    Manfaatkan listing bisnis lokal Google Anda (Google local business profile) untuk menumbuhkan pelanggan dan meningkatkan brand perusahaan Anda dengan bantuan Gupshup, Penyedia dan Solusi Chatbot API terbaik di Indonesia. Dengan bantuan solusi chatbot cerdas dari Gupshup, Anda dapat membuat respons cerdas, respons FAQ yang telah ditulis sebelumnya, dan banyak lagi. Izinkan Gupshup - Penyedia dan solusi Chatbot API tepercaya di Indonesia - membantu Anda mematuhi persyaratan pesan Google Business Profile sehingga Anda dapat memberikan interaksi terbaik kepada konsumen.

    Mari Klik #Gupshup sekarang untuk berdiskusi dengan kami tentang mengembangkan perusahaan kecil di wilayah Anda dengan Google Business Messaging! Gupshup, Penyedia dan Solusi Chatbot API pilihan di Indonesia!

    Sumber
    Dilokalisasi dari:
    3 Tips To Promote Local Business With Google Business Messaging

    Sumber lainnya:

    Google Business Messages: The All-In-One Guide
     
  2. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Baca juga Informasi tambahan terkait Gupshup:

    Gupshup memungkinkan keterlibatan pelanggan yang lebih baik melalui pesan percakapan. Gupshup adalah platform pesan percakapan terkemuka, yang mendukung lebih dari 6 miliar pesan per bulan. Ribuan bisnis besar dan kecil di berbagai negara menggunakan Gupshup untuk membangun pengalaman percakapan & chatting di pemasaran, penjualan, dan dukungan pelanggan. Platform tingkat operator Gupshup menyediakan API perpesanan tunggal untuk 30+ channel, kit alat pengembangan percakapan untuk penggunaan apa pun, serta jaringan kemitraan di seluruh channel perpesanan (termasuk produsen perangkat, ISV, dan operator).

    Spesialisasi Gupshup:

    Ingin meningkatkan promosi marketing, penjualan, dan layanan pelanggan perusahaan Anda menggunakan Chatbot? Kini, Gupshup siap membantu Anda. Gupshup adalah Conversational Messaging Platform yang membantu bisnis & perusahaan berinteraksi dengan pelanggan di lebih dari 30 channel perpesanan termasuk WhatsApp API, Instagram API, SMS, dll.

    Gupshup telah dinobatkan oleh Hacker Noon sebagai salah satu dari 10 pembuat chatbot perusahaan berteknologi AI terbaik di dunia untuk tahun 2021. Hubungi Gusphup sekarang juga dengan mengklik link pada catatan kaki atau artikel sumber di bawah artikel ini.
     
Loading...

Share This Page