10 Macam Doa I'tidal Dalam Shalat Lengkap Arab Latin dan Artinya

Discussion in 'General Discussion' started by hanifah, Nov 29, 2021.

  1. hanifah

    hanifah New Member

    Joined:
    Dec 14, 2018
    Messages:
    32
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kali ini saya mau berbagi tulisan tentang bacaan doa i'tidal di dalam shalat. Tentu saja dilengkapi dengan arab latin dan juga artinya. Kita semua paham bahwa sebagai seorang muslim maka wajib untuk mendirikan shalat lima waktu dalam sehari semalam. Kewajiban ini melekat sampai akhir hayat. Selama jantung masih berdetak, paru-paru bernapas, serta orang tersebut kondisinya sadar, maka seorang muslim wajib untuk shalat.

    Ibadah ini memang agung. Diperintahkan untuk melakukannya sejak seorang anak sudah berusia 10 tahun. Bahkan pada saat seorang anak menginjak usia 7 tahun, ia sudah harus mulai menjalankannya. Dengan shalat, seseorang akan bisa menjadi hamba yang dekat dengan Allah Subhanahu wa ta'ala. Dengan begitu pentingnya ibadah ini, maka perlu sekali tiap muslim untuk bisa melaksanakannya dengan sebaik mungkin.

    Membaca doa itidal menjadai salah satu bacaan di dalamnya. Ini termasuk diantara yang harus diketahui ketika hendak mengerjakan ibadah shalat. Melaksanakan shalat memang memerlukan ilmu. Ketika kita telah melaksanakan kewajiban dalam menuntut ilmu maka buahnya amat manis. Satu diantaranya akan mendapatkan ilmu itu sendiri. Tinggal mengamalkannya. Termasuk ketika tahu akan bacaan doa di dalam shalat ini. Sebuah ilmu yang mesti dipelajari. Teman-teman, ada beberapa macam bacaannya. Silakan teman-teman bisa menyimaknya di bawah ini.

    BACAAN I'TIDAL KESATU

    Latinnya :
    RABBANAA LAKAL HAMDU.
    Artinya :
    "Ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji."

    BACAAN I'TIDAL KEDUA

    Latinnya :
    RABBANAA WA LAKAL HAMDU.
    Artinya :
    “Wahai Tuhan kami, dan bagi-Mu lah segala pujian

    BACAAN I'TIDAL KETIGA

    Latinnya :
    ALLAAHUMMA RABBANAA LAKAL HAMDU.
    Artinya :
    " Ya Allah, Tuhan kami, bagi-Mu segala puji."

    BACAAN I'TIDAL KEEMPAT

    Latinnya :
    ALLAAHUMMA RABBANAA WA LAKAL HAMDU.
    Artinya :
    "Ya Allah, ya Tuhan kami, dan bagi-Mu segala puji."

    BACAAN I'TIDAL KELIMA

    Latinnya :
    RABBANAA WA LAKAL HAMDU HAMDAN KATSIIRAN TAYYIBAN MUBAARAKAN FIIH.
    Artinya :
    " Ya Tuhan kami, dan bagi-Mu segala puji, dengan pujian yang banyak, yang baik, yang ada barakah di dalamnya."

    BACAAN I'TIDAL KEENAM

    Latinnya :
    ALLAAHUMMA RABBANAA LAKAL HAMDU, MIL-US SAMAAWAATI, WA MIL-UL ARDLI, WA MIL-U MAA SYI’TA MIN SYAI-IM BA’DU.
    Artinya :
    " Ya Allah, ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji, sepenuh langit, sepenuh bumi, sepenuh apapun yang Engkau kehendaki setelah itu."

    BACAAN I'TIDAL KETUJUH

    Latinnya :
    RABBANAA LAKAL HAMDU MIL’AS SAMAAWATI WA MIL'AL ARDHI WA MIL 'AMAA SYI'TA MIN SYAI'IN BA'DU.
    Artinya :
    " Wahai tuhan kami, hanya untuk-Mu lah segala puji, sepenuh langit dan bumi dan sepenuh apa saja yang Engkau kehendaki sesudahnya."

    BACAAN I'TIDAL KEDELAPAN

    Latinnya :
    ALLAAHUMMA RABBANAA LAKAL HAMDU, MIL-US SAMAAWAATI, WA MIL-UL ARDLI, WA MIL-U MAA BAINAHUMAA, WA MIL-U MAA SYI’TA MIN SYAI-IN BA’DU.
    Artinya :
    " Ya Allah, ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji, sepenuh langit, sepenuh bumi, sepenuh apa yang ada di antara keduanya, sepenuh apapun yang Engkau kehendaki setelah itu."

    BACAAN I'TIDAL KESEMBILAN

    Latinnya :
    ALLAAHUMMA RABBANAA LAKAL HAMDU, MIL-US SAMAAWAATI, WA MIL-UL ARDHI, WA MAA BAINAHUMAA, WA MIL-U MAA SYI’TA MIN SYAI-IN BA’DU, AHLATS TSANAA-I WAL MAJDI, LAA MAANI’A LIMAA A’THAITA, WA LAA MU’THIYA LIMAA MANA’TA, WA LAA YANFA’U DZAL JADDI MINKAL JADDU.
    Artinya :
    "Ya Allah, ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji, sepenuh langit, sepenuh bumi, dan apa yang ada di antara keduanya, sepenuh apapun yang Engkau kehendaki setelah itu. Yang berhak disanjung dan dimuliakan. Tidak ada yang dapat menghalangi apa yang akan Engkau berikan, tidak ada yang dapat memberikan apa yang Engkau tahan, dan tidak bermanfaat suatu kekayaan, terhadap orang yang memiliki kekayaan, dari keputusan-Mu."

    BACAAN I'TIDAL KESEPULUH

    Latinnya :
    MIL AS-SAMAAWAATI WA MIL AL-ARDH WA MAA BAIHAHUMAA WA MIL AMAA SYI’TA MIN SYAI INBA’DU. AHLATS TSANAA-I WAL MAJDI, AHAQQU MAA QAALAL BA’DU, WA KULLUNAA LAKA ABDUN. ALLAAHUMMA LAA MAANI’A LIMAA A’THAITA, WA LAA MU’THIYA LIMAA MANA’TA, WA LAA YANFA’U DZAL JADDI MINKAL JADDU.
    Artinya :
    "(Aku memuji-Mu dengan) pujian sepenuh langit dan sepenuh bumi, sepenuh apa yang di antara keduanya, sepenuh apa yang Engkau kehendaki setelah itu. Wahai Tuhan yang layak dipuji dan diagungkan. Yang paling berhak dikatakan oleh seorang hamba dan kami seluruhnya adalah hamba-Mu. Ya Allah, tidak ada yang dapat menghalangi apa yang Engkau berikan dan tidak ada pula yang dapat memberi apa yang Engkau halangi, tidak bermanfaat kekayaan bagi orang yang memilikinya (kecuali iman dan amal shalihnya), hanya dari-Mu kekayaan itu."

    Nah, kita bisa mengamalkannya di dalam shalat kita. Silahkan untuk bisa memilih salah satunya. Bisa yang pendek maupun yang agak panjang. Baiklah, smoga memberikan manfaat bagi semua. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,087
    Likes Received:
    146
    Trophy Points:
    63
    Ada banyak sekali ya kumpulan doa untuk i'tidal
    Kalau saya menggunakan kalimat nomor dua, mencari yang pendek saja,
     
Loading...

Share This Page