Ketahuilah Komplikasi Cacar Air

Discussion in 'Health & Medical' started by ima hafidhotul, Jan 27, 2023.

  1. ima hafidhotul

    ima hafidhotul New Member

    Joined:
    Jun 1, 2020
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Penyakit cacar air adalah penyakit menular yang bisa menyebar dengan mudah dan cepat. Cacar air bisa berakibat serius pada bayi, anak-anak, dan orang dewasa yang belum pernah divaksin serta orang-orang yang sistem kekebalan tubuhnya sedang lemah. Oleh karena itu, cacar air tidak bisa disepelekan dan harus segera mendapatkan penanganan medis yang tepat agar terhindar dari risiko komplikasi.

    Berikut ini adalah lima komplikasi penyakit cacar air yang perlu diwaspadai :

    - Herpes zoster

    Cacar air dan herpes zoster disebabkan oleh virus yang sama, yaitu varicella zoster. Setelah seseorang terinfeksi cacar air, virus tersebut tidak sepenuhnya tersingkir dari tubuh. Sebaliknya, varicella akan “tertidur” dalam tubuh selama bertahun-tahun.

    Jika di kemudian hari kekebalan tubuh Anda menurun lagi, virus cacar air yang sebelumnya mati bisa hidup kembali dan menyebabkan herpes zoster. Herpes zoster ditandai dengan bintik-bintik merah khas cacar air yang memanjang di bagian tubuh tertentu. Umumnya, herpes zoster menginfeksi orang yang berusia di atas 50 tahun.

    - Komplikasi hati

    Komplikasi lainnya dari penyakit cacar air yang gagal diobati sepenuhnya ialah peradangan hati atau hepatitis. Kondisi ini biasanya tidak menimbulkan gejala dan akan membaik dengan sendirinya. Namun, dalam beberapa kasus komplikasi bisa berujung pada sindrom Reye. Kondisi ini berpotensi mengancam jiwa, terutama karena pemberian aspirin selama terinfeksi virus. Untuk itu, hindari pemberian aspirin pada pengidap cacar air.

    - Komplikasi sistem saraf

    Ataksia dapat menjadi komplikasi cacar air serius. Ataksia meyerang sistem saraf otak sehingga menyebabkan demam, kesulitan berjalan, dan gangguan bicara. Gejala bisa bertahan hingga berminggu-minggu, tetapi biasanya akan sembuh dengan sendirinya.

    Komplikasi lainnya ialah varicella meningoencephallitis. Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan kewaspadaan mendadak, sakit kepala, kejang, sensitivitas terhadap cahaya, dan nyeri leher. Kondisi ini cenderung memengaruhi orang yang sistem kekebalan tubuhnya terganggu, temasuk orang yang terinfeksi HIV.
     
  2. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    339
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    28
    Ada mitos yang mengatakan jika sudah pernah terserang cacar air maka selanjutnya tidak akan pernah terserang penyakit cacar air lagi. Dengan kata lain penyakit ini hanya terjadi seumur hidup sekali. Benar nggak sih?
     
  3. csmandala

    csmandala New Member

    Joined:
    Oct 9, 2018
    Messages:
    18
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    tapi ada juga yang cerita pernah 2x kena cacar air, apa itu benar ?
     
Loading...

Share This Page