3 Tanda Oli Transmisi Mobil Harus Diganti

Discussion in 'Otomotif' started by Aldi Sutanto, Feb 5, 2022.

Tags:
  1. Aldi Sutanto

    Aldi Sutanto Member

    Joined:
    Aug 19, 2014
    Messages:
    376
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    Jika Anda punya kendaraan roda empat, penting untuk kita tahu mengenai perawatannya. Kebanyakan dari kita memang tidak mengerti otomotif, sering kali hanya tahu cara menggunakannya saja. Namun, jika terus begitu, mobil akan cepat rusak dan kita masih tidak tahu apa-apa. Maka dari itu penting untuk membekali diri dengan sedikit ilmu mengenai kendaraan roda 4.

    [​IMG]

    Salah satu ilmu dasar yang mesti kita tahu adalah tanda oli transmisi sebuah mobil itu harus diganti. Nah, daripada berlama-lama, yuk kita intip tanda oli transmisi mobil harus diganti:

    Suara dengung dari dalam mesin

    Salah satu tanda oli transmisi mobil mesti diganti adalah munculnya suara dengung dari dalam mesin mobil. Tahukah anda jika sistem transmisi bekerja dengan berbagai macam gesekan pada mesin mobil, nah jika pergesekan ini tidak diberikan pelumas, maka akan menimbulkan suara yang pastinya mendengung. Jika sudah begitu, maka sudah saatnya oli transmisi harus diganti.

    Mobil tidak kuat menanjak

    Apakah mobil yang tidak kuat menanjak karena terjadi kesalahan pada mesinnya? Tidak selalu, bisa jadi oli transmisi pada mesin mobil memang harus diganti. Jika anda pemilik mobil matic, dan mengganti transmisi ke 2 atau L mobil tetap tidak kuat menanjak, maka sudah dipastikan oli transmisi anda harus diganti. Dengan mengganti oli transmisi, maka pergerakan mobil akan lebih melaju.

    Warna oli transmisi gelap

    Jika anda sedang ke bengkel dan mendapatkan oli yang tumpah sangat gelap, maka sudah dipastikan itu adalah oli transmisi yang sudah kadaluarsa. Ada baiknya anda langsung mengganti oli tersebut dengan oli transmisi yang baru agar mesin mobil kembali "segar".

    Itulah 3 cara tahu oli transmisi itu mesti diganti atau tidak. Dengan begitu, pastinya anda akan lebih mudah tahu kapan perawatan transmisi ini akan dilakukan sejak oli transmisi bisa jadi ciri yang jelas.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Terimakasih telah berbagi informasi tanda kemungkinkanm oli transmisi
    sama gak sih sama oli gearbox?
     
  3. Mondebutter

    Mondebutter Member

    Joined:
    Apr 1, 2013
    Messages:
    345
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    kapan ya saya bisa punya mobil
     
Loading...

Share This Page