Ini Dia!! Spesifikasi Asus Zenfone 5z!

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by Nandadc, Feb 7, 2020.

  1. Nandadc

    Nandadc Member

    Joined:
    May 8, 2015
    Messages:
    181
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Ponsel yang termasuk salah satu anggota dari Zenfone 5 Series ini dibanderol dengan harga Rp 6 jutaan dan disebut sebagai opsi terbaik bagi pengguna yang ingin merasakan sensasi ponsel flagship dengan harga yang tak terlalu "mencekik".

    Spesifikasi asus zenfone 5z sendiri juga cukup menjanjikan, meski bukan yang paling tinggi, ia tetap berani diadu dengan ponsel berharga puluhan atau belasan juta rupiah sekalipun.

    [​IMG]

    Spesifikasi Asus Zenfone 5z
    Asus sepertinya memiliki pendekatan pasar yang sedikit berbeda jika dibanding kebanyakan vendor yang menjadi kompetitornya. Lini ponsel yang diperkenalkan ke pasar cenderung memiliki perbandingan price to performance yang bisa dikatakan sepadan atau bahkan lebih murah.

    Sebut saja Seri Zenfone 4, 5 dan 6 yang diperkenalkan tahun ini. Meski begitu, pabrikan Taiwan ini juga punya smartphone mahal yang ditujukan bagi gamer hardcore, yaitu Asus ROG Phone.

    Sementara spesifikasi Asus Zenfone 5z yang merupakan varian tertinggi dari enfone 5 Series ini menurut kami adalah racikan all-rounder, alias memiliki keunggulan yang lebih menyeluruh sehingga Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan dan keinginan. Ya, Kamu bisa saja mengandalkan ponsel ini untuk bekerja, bermain dan lain sebagainya.

    Bodi
    Asus Zenfone 5Z hadir dengan desain yang memiliki citarasa premium dari lapisan kaca 8 lembar dengan kurva 2.5D yang dihiasi efek gradasi melingkar memusat ke sensor fingerprint.

    Kaca tersebut dibingkai oleh rangka berbahan metal dengan dimensi 153 x 75.6 mm. Hasilnya, ponsel ramping 7.7mm ini pun memiliki bobot sekitar 165 gram dengan feel yang solid di genggaman.

    Layar
    Dari depan, Zenfone 5z ini secara sekilas akan terlihat menyerupai Phone X karena adanya notch yang memangkas layarnya. Layar yang digunakan pada ponsel ini menggunakan panel IPS dengan resolusi Full HD+ (2.246 x 1.080 piksel) yang dibentangkan hingga diagonal 6,2 inci. Dengan resolusi 2K ini, tentunya berbagai konten dapat ditampilkan secara optimal.

    Asus juga menggunakan panel IPS yang sepertinya tidak biasa karena memiliki tingkat kecerahan yang lebih optimal. Saat Kamu menggunakannya di luar ruangan dimana cahaya matahari bisa mengganggu visibilitas layar, Zenfone 5z tetap menampilkan teks maupun gambar dengan baik.

    Layar ini juga didukung oleh kecerdasan buatan yang akan menyesuaikan tampilan segera setelah perubahan kondisi cahaya. Nada warna layar disesuaikan agar tetap tampil natural dengan adanya color temperature sensor agar mata lebih nyaman menatap konten layar yang super terang tersebut.

    Platform
    Kecerdasan buatan (Artificial Intelegent/AI) memang semakin banyak mengambil alih optimasi ponsel. Begitu pula dengan Zenfone 5z yang banyak didukung oleh AI.

    Untuk mengolah kecerdasan buatan tersebut, prosesor Qualcomm Snapdragon 845 yang memiliki dukungan integrasi AI Engine lebih baik tentunya tidak akan kesulitan mengeksekusi perintah dan permintaan sistem.

    Untuk mengolah grafis, prosesor kelas atas tersebut bersanding dengan GPU Adreno 630yang pastinya mumpuni untuk menangani berbagai kebutuhan konten grafis.Untuk menjalankan berbagai tugas dan perintah, Kamu juga tidak akan banyak terkendala karena ponsel ini memiliki pilihan RAM 6GB atau 8GB yang pastinya sudah lebih dari sekedar cukup.

    Da sudah bisa ditebak bahwa ponsel ini seakan tidak pernah kehabisan nafas untuk menjalankan berbagai aplikasi maupun game di berbagai setting. Jika pun Kamu merasa kurang, masih ada fitur AI Boost untuk lebih mengoptimalkan setup agar lebih banyak resource dialokasikan untuk kebutuhan tertentu seperti gaming berat.

    Saat melenggang pertama kali ke pasar, Zenfone 5z memang membawa OS yang bisa dikatakan lawas. Android Oreo yang dipungkas dengan ZenUI 5 mungkin dinilai lebih menawarkan OS yang lebih matang ketimbang memaksakan menggunakan OS yang masih prematur.

    Asus sepertinya ingin memastikan pengguna ponselnya mendapatkan pengalaman terbaik pada produk yang dibeli.

    Kamera
    Catatan positif lain yang ada pada spesifikasi Asus Zenfone 5z ini terletak pada kemampuan kameranya. Sensor Sony IMX363 yang terpasang di punggung ponsel ini memiliki konfigurasi dual image sensor 12MP dengan aperture f/1.8 yang ditemani oleh sensor 8MP (wide) dengan aperture f/2.0.

    Sensor yang secara nominal terbilang mumpuni ini didukung teknologi AIyang bekerja dengan aplikasi kamera bawaan Asus PixelMaster.

    Ada berbagai skenario yang bisa diabadikan secara optimal berkat kemampuan sensor tersebut. Namun dukungan software dan kecerdasan buatan, akan semakin memudahkanmu dalam mendapatkan setelan kamera terbaik saat akan mengambil foto.

    Kamu bisa langsung mendapatkan foto terbaik dalam sekali atau dua kali jepret saja. Sementara itu, mode Pro juga bisa Kamu akses seandainya ingin berkreasi lebih.

    Kamera depan yang digunakan pada Asus Zenfone 5z memiliki resolusi 8MP yang juga memiliki kualitas bisa diandalkan di berbagai kondisi. Kamu bisa menggunakan kamera ini untuk selfie ataupun videocall yang berkualitas.

    Bicara soal fitur kameranya, Kamu bisa menggunakan pilihan mode seperti slow-motion120fps, 4K video recording, super hi-res photo, panorama, animasi maupun time lapse.

    Ada pula fitur Google Lens yang bisa dimanfaatkan untuk mencari berbagai informasi terkait objek yang ada dalam bidikan kamera. Misalnya Kamu bisa menggunakan kamera untuk mencari nama tumbuhan tertentu, menerjemahkan rambu asing dan sebagainya.

    Memori
    Zenfone 5z ini mendukung penggunaan kartu MicroSD dengan kapasitas maksimal hingga 2TB. Sementara secara bawaan, ponsel ini memiliki konfigurasi RAM dan memori internal yang berbeda yaitu 6GB/128GB dan 8GB/256GB.

    Dengan kapasitas penyimpanan yang begitu besar, tentunya pengguna tidak akan cepat kehabisan ruang untuk sistem, aplikasi maupun file pribadi.

    Audio
    Di bagian multimedia, khususnya audio, Asus memberikan dukungan fitur DTS headphone untuk menghadirkan sensasi seperti di bioskop ketika menonton film di zenfone 5z. Asus juga tidak tanggung memberikan pengalaman hiburan tersebut dengan membekalkan handsfree dalam paket penjualannya.

    Konektifitas
    Dengan slot dualSIM hybrid, Zenfone 5z memang bisa menjadi pilihan terbaik bagi konsumen Tanah Air yang seringkali memiliki 2 nomor aktif sekaligus dalam 1 ponsel. Slot SIM tersebut juga mendukung penggunaan SIM Card 4G LTE untuk kualitas koneksi yang lebih baik.

    Selain itu, Kamu juga bisa menggunakan berbagai pilihan koneksi lain yang juga tersedia lengkap di ponsel ini mulai dari WLAN, Bluetooth dan sambungan USB.

    Fitur
    Asus juga menyediakan sejumlah fitur yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk berbagai keperluan. Fitur keamanan misalnya, ada pilihan fingerprint dan face unlock yang bisa dikatakan reliable untuk berbagai situasi.

    Ada pula fitur NFC yang besar kemungkinan semakin banyak digunakan untuk berbagai macam pembayaran masa kini. Fitur lain yang juga perlu Kamu tahu antara lain Selfie Master dan Zeni Moji.

    Baterai
    Di bagian daya, ponsel ini memang hanya menggunakan baterai berkapasitas 3300 mAh yang mungkin tidak akan membuat Kamu terkesan.

    Perlu Kamu tahu bahwa baterai ini ditunjang oleh adanya AI yang akan meningkatkan efisiensi daya sekaligus membuat usia baterai menjadi lebih panjang. Belum lagi dengan apa yang ditenagai baterai ini juga sudah cukup hemat, sebut saja chipset dan layarnya.

    Kesimpulan
    Memiliki desain dan spesifikasi ala ponsel flagship namun dibanderol dengan harga kelas menengah kemudian membuat Zenfone 5z ini disebut sebagai Flagship Killer. Benar atau tidaknya, tentu pasar yang akan menentukan dari perbandingan harga Rp 6jutaan untuk perpaduan hardware, software plus beberapa optimasi khas Asus.

    Terlepas dari itu, spesifikasi Asus Zenfone 5z bisa dikatakan menggoda bagi mereka yang menginginkan ponsel yang easy going untuk berbagai tujuan penggunaan. Bagaimana dengan Kamu?
     
  2. Mondebutter

    Mondebutter Member

    Joined:
    Apr 1, 2013
    Messages:
    345
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Masih sangat mahal buat saya harga 6 jutaan.. emang sih speknya oke. klo saya lebih milih yang merk realmi saja. hee
     
Loading...

Share This Page