Lima Perawatan Bayi Baru Lahir Terpenting yang Harus Diketahui Orangtua

Discussion in 'General Lifestyle' started by mustikasari, May 2, 2018.

  1. mustikasari

    mustikasari Member

    Joined:
    Dec 20, 2017
    Messages:
    35
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Merawat bayi yang baru lahir harus secara seksama karena mereka sangat sensitif dan mudah sakit. Lima perawatan bayi baru lahir ini akan sangat berguna untuk Anda.

    Untuk Anda yang baru saja menjadi orangtua baru, selamat! Merawat bayi bukanlah tugas yang mudah, apalagi bayi yang baru lahir. Seringkali orangtua baru merasa kewalahan karena terlalu banyak hal yang harus mereka pelajari untuk merawat bayi yang baru lahir. Jika Anda belum sempat mengerjakan ‘pe-er’ atau ingin mengulang kembali pelajaran perawatan bayi yang baru lahir, artikel ini akan membantu Anda menjadi orangtua teladan.

    Perawatan Tali Pusar Bayi Baru Lahir
    Ketika merawat bayi yang baru lahir, jangan lupa untuk merawat tali pusarnya! Tali pusar bayi sangat mudah terkena infeksi sehingga dapat membahayakan kesehatan bayi Anda yang baru lahir. Biasanya, tali pusar bayi akan putus dengan sendirinya setelah satu hingga dua minggu, tapi bisa juga lebih cepat atau lambat. Pastikan tali pusar bayi Anda selalu kering. Apabila tali pusar bayi yang baru lahir basah, segera keringkan dengan kain kasa atau cotton bud steril. Anda tidak perlu menutup tali pusar atau menggunakan alkohol untuk merawat tali pusar bayi yang baru lahir, cukup jaga agar selalu kering dan amati jika terjadi infeksi.

    Pastikan tali pusar bayi Anda selalu kering.

    Memandikan dan Merawat Kulit Bayi Baru Lahir
    Anda tidak perlu ragu memandikan atau membersihkan kulit bayi yang baru lahir. Justru Anda harus memandikan setidaknya sehari sekali agar bayi Anda tidak mudah jatuh sakit. Untuk memandikan bayi, gunakan air sehangat suam-suam kuku atau waslap yang telah dibasahi air sabun. Pilihlah sampo dan sabun bayi yang mengandung Pro-Vitamin B5 agar kulit bayi yang baru lahir senantiasa lembut. Untuk membersihkan kotoran pada mata bayi Anda, ambillah kapas steril, basahi dengan air matang lau seka kotoran tersebut. Anda tidak perlu membersihkan telinga bayi kecuali kotoran sudah mencapai bagian luar telinga. Gunakan cotton bud yang telah dibasahi air steril untuk membersihkan telinga bayi yang baru lahir.

    [​IMG]


    Gambar diambil dari TheHealthSite.com

    Setelah selesai memandikan bayi, oleskan losion atau baby oil agar kulit bayi Anda tetap mulus dan terhindari dari lecet. Kamar bayi haruslah adem atau memiliki sirkulasi udara yang baik untuk mencegah timbulnya biang keringat pada kulit bayi yang baru lahir. Cara lainnya untuk mencegah biang keringat adalah dengan memakaikan bedak dan mengelap tubuh bayi yang baru lahir dengan waslap basah ketika bayi banyak berkeringat.

    Perawatan Hidung Bayi Baru Lahir
    Bagi orang dewasa, jika hidung mampet tinggal mengambil tisu untuk membersihkan hidung. Namun, bayi yang baru lahir belum dapat melakukan hal ini sendirian. Jika bayi Anda sedang pilek, pernapasannya akan terganggu. Anda dapat membantu mengeluarkan lender dari hidung bayi yang baru lahir dengan penyedot ingus. Caranya mudah saja, tutup salah satu lubang hidung lalu masukkan alat penyedot ingus ke dalam lubang lainnya. Lakukan secara bergantian. Hindari menyedot ingus pada kedua lubang hidung bayi sekaligus karena dapat membuat lender masuk ke telinga bagian tengah sehingga menimbulkan infeksi.

    Perawatan Pantat Bayi Baru Lahir
    [​IMG]


    Gambar diambil dari whattoexpect.com

    Apakah pantat bayi Anda yang baru lahir sering lecet atau terdapat ruam? Mungkin Anda jarang mengganti popok bayi! Anda harus sering mengganti popok bayi yang baru lahir, jangan menunggu hingga berjam-jam karena ingin menghemat uang. Kuman dari air kencing dan tinja bayi, ditambah dengan gesekan pada popok atau baju akan membuat pantat bayi Anda lecet, merah-merah dan gatal. Selain rajin mengganti popok bayi, selalu bersihkan alat kelamin, bagian selangkangan dan pantat bayi yang baru lahir setiap kali Anda mengganti popok bayi. Pilihlah popok bayi yang berdaya serap tinggi dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika kulit bayi Anda sangat sensitif, Anda dapat memilih popok kain. Setelah membersihkan pantat bayi, biarkan pantatnya terbuka selama beberapa menit agar terasa adem, lalu pasang popok bayi baru.

    Perawatan Kuku Bayi Baru Lahir
    Kuku bayi yang baru lahir juga harus digunting, lho! Gunakan produk perawatan kuku bayi untuk menggunting kuku bayi Anda karena diciptakan khusus untuk bayi. Berhati-hatilah ketika menggunting kuku bayi yang baru lahir agar tidak menggunting kulitnya. Untuk menghindari hal ini, pilihlah gunting kuku dengan ujung yang bulat dan tumpul. Setelah menggunting kuku bayi, kikir juga kuku bayi Anda agar tidak tajam. Terkadang, bayi suka menyentuh wajah sehingga tidak sengaja mencakar wajah mereka sendiri. Anda dapat menggunting kuku bayi yang baru lahir ketika bayi Anda sedang tidur atau terbangun, dengan bantuan orang lain untuk memegangi bayi Anda.

    Sumber: iPrice Trend
     
    Last edited by a moderator: Nov 3, 2018
  2. Explore Wisata

    Explore Wisata Member

    Joined:
    Jan 30, 2017
    Messages:
    429
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    nambah pengetahuan,,, cocok nih info buat yang mau punya bayi
     
  3. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,195
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Jadi inget pas anak saya baru lahir,,,memang merawat bayi yang baru lahir melelahkan, tapi rasa lelah hilang berganti senang seiring pertumbuhan buah hati kita,,,
     
  4. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    210
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
  5. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Terimakasih informasinya bermanfaat untuk calon ibu atau ayah yang akan segera menimang bayinya
    bagi yang sudah berpengalaman menjadi ibu atau ayah sudah punya anak dua tiga mungkin sudah lebih paham bagaimana merawat bayi, tapi yang baru pertama tentu ini sangat penting
     
  6. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,955
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Sebentar lagi saya akan mempunyai bayi IngsyAllah pertengahan puasa dan ini anak pertama saya...
     
  7. Fauzia Nurul Qolbi

    Fauzia Nurul Qolbi New Member

    Joined:
    May 5, 2018
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Informasinya, sangat membantu sekali bagi kami... terimakasih gan.
     
  8. Yulita

    Yulita Member

    Joined:
    May 7, 2015
    Messages:
    61
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    makasih saranya sangat membantu sekali
     
Loading...

Share This Page