Susah BAB Setelah Operasi Caesar? Ini Dia Penyebabnya...

Discussion in 'Health & Medical' started by Afifah Adawiyah, Jan 13, 2018.

  1. Afifah Adawiyah

    Afifah Adawiyah Member

    Joined:
    Feb 10, 2016
    Messages:
    29
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Susah BAB (Buang Air Besar) setelah operasi caesar (sesar) bukanlah sesuatu hal yang Anda pikirkan sebelum kehamilan. Selama kehamilan, Anda hanya memikirkan untuk tetap dirumah dan santai. Mengatasi susah BAB setelah operasi caesar akan Anda rasakan setelah proses caesar itu selesai 2-7 hari awal, bukan operasi caesar penyebab susah BAB namun memang setiap proses operasi bagian perut akan mengalami hal tersebut. Anda mungkin bertanya-tanya (atau khawatir) tentang apa yang akan terjadi selanjutnya jika tidak BAB apakah akan mengonsumsi obat? Cara tersebut yang akan Anda lakukan jika tidak BAB sesudah atau pasca operasi caesar.

    Susah BAB setelah operasi caesar apa yang Anda harapkan Jika seperti kebanyakan wanita, Anda mungkin memiliki teman dan keluarga (ibu Anda juga) yang telah memperingatkan Anda tentang “kerugian” untuk memiliki anak.

    • Anda tidak akan pernah sering tidur lagi.
    • Seks tidak akan pernah sama dari sebelum punya anak.
    • Payudara Anda tidak seperti yang terdahulu.
    Tapi satu hal yang kebanyakan wanita tidak bicarakan (dan seharusnya) adalah Susah BAB setelah operasi caesar. Serius? ya susah BAB setelah operasi caesar akan terasa menyiksa karena perut Anda akan merasa tidak enak dan tidak nyaman nantinya.

    Susah BAB setelah operasi caesar hal yang sepele namun menyebalkan tetapi dapat dihilangkan dengan melihat bayi Anda. Bayi merupakan hal yang luar biasa bagi para orang tua, tapi Anda perlu menyiapkan sesuatu setelah melahirkan (seperti biaya pendidikan dan lain sebagainya). Bahkan sekarang biaya operasi caesar saja sudah melambung tinggi.

    Mungkin sekitar seminggu untuk Anda bisa BAB pertama kalinya.

    Masalah Anda saat setelah operasi caesar, tubuh Anda mengalami trauma serius setelah melakukan operasi caesar. Anda mungkin mengalami lebih banyak hal seperti kekacauan, pengobatan, keperawatan dan kelelahan kerja, Anda bahkan tidak pernah berpikir untuk buang air besar padahal Anda susah BAB setelah operasi caesar. Dan kenapa seperti itu? karena Anda memiliki bayi baru untuk diurus.

    Bagi kebanyakan ibu, kotoran pasca kelahiran pertama terjadi sekitar seminggu kemudian. Beberapa ibu cukup beruntung bisa langsung BAB. Seberapa cepat Anda mulai mengatasi susah BAB setelah operasi caesar sangat tergantung pada kondisi fisik dan proses persalinan Anda.

    Susah BAB setelah operasi caesar pada BAB pertama kali akan terasa lebih berat.

    Perut telah begah selama seminggu merupakan hal yang tidak mengenakan bagi Anda. Saya yakin Anda bisa membayangkan seperti apa kotoran pertama Anda yang akan keluar nantinya. Banyak ibu mengatakan bahwa rasanya seperti buang air besar yang amat keras dan besar ukurannya. Kotoran Anda mungkin keras seperti batu.

    Dan jika Anda memiliki bagian bekas operasi caesar, Anda mungkin akan merasakan sakit ketika BAB.

    Ini belum selesai penderitaan Anda…hehehe

    Banyak wanita mengalami masalah selama beberapa minggu sampai tubuh mereka kembali normal.

    Anda mungkin salah satu dari orang-orang yang beruntung dan tidak memiliki masalah serius dengan masalah buang air besar. Tetapi itu tidak selamanya tubuh Anda akan kembali normal kembali.

    Bagaimana cara Survive saat susah buang air besar setelah pasca operasi caesar.

    Anda tahu ini akan menyakitkan. Dan Anda tahu bahwa rasa sakit itu akan bertahan untuk sementara waktu saja.

    • Ambil Obat Anda
    Dokter Anda memberi Anda obat pasca operasi caesar. Dokter Anda mungkin juga merekomendasikan pelunak feses dan krim pendingin untuk dubur. Gunakan semua yang diresepkan dokter (dengan cara yang aman) untuk membuat Anda lebih nyaman.

    • Jangan Melakukannya Sendiri
    Anda tidak nyaman, tunggu sampai ada orang lain di rumah bersama Anda untuk mencoba membantu kesulitan Anda. Tapi ini akan memerlukan waktu yang lama dan ada kemungkinan bayi akan terbangun.

    • Makan Makanan yang Tepat dan Banyak Minum Agar Tidak Dehidrasi
    Apa yang Anda makan memiliki dampak langsung pada seberapa mudah atau sulitnya saat BAB. Kita semua suka keju. Kita semua suka roti. Tapi Anda ingin menghindari makanan ini dan tetap memakan buah dan sayuran. Diet sehat juga akan membantu Anda pulih lebih cepat. Tubuh Anda membutuhkan semua vitamin dan nutrisi yang bisa didapat saat ini. Jangan lupa minum banyak air putih, apalagi kalau sedang menyusui. Air dapat membantu melunakan feses Anda, yang akan membuat feses lebih mudah untuk keluar.

    • Temui Dokter Anda jika Tidak Makin Lebih Baik
    Jikalau masih terasa keras buang air besarnya setelah beberapa minggu, Saatnya menemui dokter Anda. Anda memerlukan obat untuk itu. Mungkin terasa canggung dan Anda mungkin tidak suka membicarakannya, tapi percayalah, dokter Anda telah melihat dan mendengar semuanya. Masalah susah BAB setelah melahirkan tidak akan mengubah pendapat dokter tentang Anda.

    Demikian artikel ini dibuat supaya sedikit membantu para Ibu yang susah BAB setelah operasi caesar.
     
  2. Lanjut Terus

    Lanjut Terus Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    84
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    makasih infonya sis, rekomendasi ni buat jaga-jaga kalo istri udah lahiran
     
Loading...

Share This Page