Makanan Sehat Untuk Penderita Batu Empedu

Discussion in 'Health & Medical' started by Leli lailatinur, Apr 6, 2017.

  1. Leli lailatinur

    Leli lailatinur Member

    Joined:
    Mar 8, 2017
    Messages:
    170
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Adanya batu empedu disebabkan oleh kolesterol, sehingga terbentuk menjadi penumpukan pada empedu dan menyebabkan penyakit batu empedu. Ciri dari batu yang berasal dari kolesterol memiliki warna kuning kehijauan dan ini memang sangat umum terjadi. Penderita batu empedu harus melakukan pola hidup dengan mengontrol makanan yang sehat, Berikut makanan sehat yang harus dikonsumsi oleh penderita batu empedu, meliputi:
    Sayur Brokoli


    [​IMG]
    Sayuran berokoli ini memiliki kalori yang sangat rendah, vitamin A, vitamin C, karbohidrat, protein, kalsium dan banyak mengandung serat. Namun brokoli dapat dikonsumsi dengan jumlah terbatas, karena jika mengkonsumsi berlebihan dapat menyebabkan produksi gas dan akan menyebabkan sakit perut pada penderita batu empedu.
    Ikan Salmon
    [​IMG]
    Jenis ikan ini dapat dikonsumsi oleh penderita batu empedu, karena mengandung omega 3 dan lemak hingga 11 gram. Namun konsumsi salmon ini harus dibatasi, karena penderita batu empedu dapat menyebabkan kenaikan kadar kolesterol lemak tinggi.​

    Ikan tuna


    [​IMG]
    Ikan tuna memang sumber protein yang sangat tinggi dan bagus untuk penderita batu empedu. Batas konsumsi untuk penderita batu empedu adalah 3ons per hari. Kandungan yang terdapat dalam ikan tuna adalah omega 3 yang memiliki manfaat untuk mengatur kadar kolesterol yang buruk pada tubuh si penderita.

    Yoghurt

    [​IMG]
    Kandungan kalori dalam yoghurt sangat berfungsi untuk tubuh, karena yoghurt mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik untuk penderita batu empedu dan dapat mencegah komplikasi batu empedu.

    Sayur bayam

    [​IMG]
    Sayur hijau dapat dikonsumsi penderita batu empedu, namun dalam pengkonsumsiannya harus di batasi. Kandungan pada sayur bayam dapat meningkatkan potensi pada masalah batu ginjal. Sayur bayam ini tidak untuk batu empedu saja melainkan dapat menuntaskan masalah pada batu ginjal.

    Mentimun


    [​IMG]

    Kandungan dalam mentimun yaitu air dapat membersihkan racun yang terdapat pada hati. Kandungan mentimun memiliki vitamin B, dan konsumsi mentimun bisa dijadikan jus.

    Berikut beberapa penjelasan makanan sehat untuk penderita batu empedu, selain itu anda harus melakukan gaya hidup sehat agar membantu batu empedu anda hilang dan mencegahnya datang kembali. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

     
  2. Espedia

    Espedia Member

    Joined:
    Apr 6, 2017
    Messages:
    20
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Selain batu empedu, penyakit apa yang di sebabkan oleh kolestrol den.
     
Loading...

Share This Page