Review FIFA Mobile – Game Free-to-Play Terbaik bagi Penggila Bola

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by anhnhat, Oct 24, 2016.

  1. anhnhat

    anhnhat Member

    Joined:
    Oct 14, 2015
    Messages:
    60
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Sebenarnya, meskipun menggemari game sepak bola, saya bukan penggemar FIFA. Saya lebih menggemari “game sebelah” yang dibuat oleh Konami. Tapi begitu membaca berita tentang FIFA Mobile, saya merasa bahwa game ini menjanjikan beberapa fitur yang terlihat menarik. Jadi saya pikir tidak ada salahnya dicoba, lumayan untuk memperluas wawasan.

    Ekspektasi awal saya cukup rendah mengingat FIFA Mobile hanya sebuah game free-to-play. Tapi rupanya game ini bukanlah game free-to-play abal-abal. Meski dengan keterbatasan smartphone, FIFA Mobile berhasil memberikan hiburan seru dan komplet bagi seorang penggemar sepak bola. Bahkan, FIFA Mobile adalah salah satu game mobile free-to-play terbaik yang pernah saya coba.

    Camilan ringan
    [​IMG]

    Saat baru mulai main FIFA Mobile, hal pertama yang menarik perhatian saya adalah banyaknya variasi permainan dalam game ini. EA tampaknya mengerti bahwa sebuah game mobile harus bisa memfasilitasi permainan singkat maupun lama, sehingga mereka menyajikan mode yang cocok untuk kedua gaya main.

    Secara sederhana, kita bisa membagi mode permainan FIFA Mobile ke dalam dua jenis, yaitu jenis “mini game” dan “full game”. Mini game ini jenisnya sangat beragam, mulai dari sekadar adu penalti, adu dribel melawan pemain lawan, one-on-one melawan kiper, dan banyak lagi jenis lainnya tergantung event yang kamu pilih.

    [​IMG]

    Setiap event tentunya memiliki imbalan berbeda tergantung dari tingkat kesulitan dan ongkos stamina yang berbeda pula. Saran saya sebaiknya jangan terlalu rakus atau pongah terhadap event yang punya imbalan besar, karena salah-salah staminamu malah terbuang sia-sia. Berusaha menjebol gawang David de Gea dengan pemain-pemain Serie B itu sah-sah saja, tapi kalau kamu gagal ya tidak usah kaget.

    Bersaing secara sportif
    FIFA Mobile menyediakan fitur PvP yang menurut saya sangat inovatif bernama Attack Mode. Attack Mode adalah mode yang memungkinkanmu bermain melawan pemain lain dalam pertandingan yang berjalan turn-based. Turn-based di sini bukan berarti kamu bermain dengan memilih-milih menu seperti JRPG, tapi kamu dan lawanmu akan memainkan babak secara bergantian.

    [​IMG]

    Sesuai namanya, dalam Attack Mode kamu hanya akan bermain menyerang tanpa perlu bertahan. Babak dimulai dalam keadaan timmu menguasai bola, dan kamu harus berusaha mencetak gol tanpa kehilangan bola. Bila bolamu terebut musuh, waktu akan bergerak maju, kemudian kamu akan diberi kesempatan memulai serangan lagi dari kondisi yang berbeda.

    Kamu punya waktu sepanjang 45 menit (satu babak) untuk menyerang sesuka hati. Kemudian lawan yang kamu tantang bermain punya waktu beberapa jam untuk menyerang balik sebelum pertandingan tersebut kedaluwarsa. Normalnya sebuah pertandingan berjalan selama empat babak, tapi bisa ada babak tambahan bila skor kedua pihak seri.

    Fitur sepak bola nyaris lengkap
    [​IMG]

    Live Event dan Attack Mode adalah mode permainan bertipe mini game, bukan pertandingan penuh seperti game sepak bola sungguhan. Bila kamu ingin main pertandingan 90 menit penuh, kamu bisa melakukannya dalam mode Season. Mirip seperti Master League di seri Winning Eleven, kamu akan bertanding melawan tim-tim dunia nyata sesuai dengan liga yang kamu ikuti.

    Saya harus mengacungkan jempol pada skema kontrol yang dibuat oleh EA Sport di gameini. FIFA Mobile menggunakan kontrol layar sentuh dengan virtual joystick dan tiga tombol. Tiga tombol ini akan berubah fungsi tergantung dari apakah kamu sedang menyerang atau bertahan. Bila menyerang, kamu memiliki tombol Pass, Sprint & Skill, dan Shoot. Sementara bila bertahan, kamu punya tombol Switch, Sprint & Tackle, dan Slide.

    [​IMG]

    Skema kontrol ini sederhana namun sudah memfasilitasi semua kebutuhan game sepak bola. Lebih menarik lagi, kamu juga bisa melakukan tap di layar untuk mengumpan atau pressing, serta swipe untuk melakukan shoot. Kedua skema kontrol berjalan bersamaan, jadi terserah kamu mau menggunakan yang mana.

    Bila ingin main lebih santai, kamu bisa membiarkan game berjalan secara otomatis dengan cara tidak menekan tombol apa-apa. Saya sendiri lebih suka kontrol manual apabila sedang main mode Season, tapi untuk Attack Mode saya cenderung membiarkan game berjalan sendiri dan hanya mengontrol untuk pass atau shoot.

    [​IMG]

    Sayangnya, pertandingan penuh hanya bisa kamu lakukan melawan AI. Kamu bisa bergabung dalam liga buatan pemain lain dalam mode League, tapi pertandingan dalam mode ini pun hanya disajikan sebagai Attack Mode. Sedikit mengecewakan, tapi sistem PvP ini masuk akal sebab justru akan sulit bila kedua pemain yang bertanding harus onlinebersamaan.

    Dinamika transfer pemain
    Game bertema sepak bola dan gacha adalah dua hal yang sangat berjodoh sebab keduanya punya tujuan serupa: membentuk tim terkuat. FIFA Mobile menyediakan berbagai macam undian yang bisa kamu beli untuk mendapat pemain sepak bola secara acak. Tapi cara mendapat pemain tidak hanya sekadar gacha. Terdapat dua jenis cara lain yaitu Plan dan Market.

    [​IMG]

    FIFA Mobile bukan RPG, jadi karaktermu jelas tidak bisa level up. Bila kamu punya karakter yang lemah atau tak berguna, kamu bisa “mengorbankan” ia dalam fitur Plan untuk mendapat karakter yang lebih baik. Contohnya, kamu bisa mengorbankan beberapa pemain berkebangsaan Inggris untuk mendapat satu orang pemain tim nasional Inggris.

    Semakin bagus pemain yang menjadi imbalan dalam Plan, semakin rumit juga cara yang harus kamu tempuh. Beberapa Plan tidak hanya butuh karakter untuk dikorbankan, tapi juga butuh benda-benda lain, misalnya token yang bisa kamu dapat dengan menyelesaikan event tertentu.

    [​IMG]

    Sistem Plan memang agak rumit dan butuh usaha, tapi memberikan imbalan yang lebih pasti daripada judi gacha. Kalau kamu ingin lebih pasti lagi, tersedia fitur Market di mana kamu bisa melakukan jual beli karakter dengan pemain lain. Ingin mendapat Zlatan Ibrahimovic? Gampang. Menabung saja 4,5 juta Gold lalu beli Ibra di Market.

    Berhubung para pedagang di Market adalah pemain-pemain lain, bila beruntung kamu bisa mendapatkan karakter bagus dengan harga murah. Saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk memantau gejolak pasar, sambil berdiskusi dengan kawan atau googling mencari pemain murah yang potensial untuk direkrut. Rasanya menyenangkan, seolah sedang bermain Football Manager di dunia nyata.

    Kekurangan yang bisa dimaklumi
    [​IMG]

    Dari segi gameplay, FIFA Mobile sangat menyenangkan dan nyaris sempurna sebagai gamesepak bola portabel. Tapi game ini juga punya beberapa kekurangan. Secara keseluruhan kekurangan-kekurangan tersebut tidak begitu mengganggu, tapi tetap harus kita bahas.

    Pertama, berhubung game bisa berjalan otomatis bila tidak kita kendalikan, terkadang AI para pemain melakukan hal-hal yang bodoh, apalagi bila pemain tersebut bukan pemain bintang. Sepertinya kecerdasan AI berbanding lurus dengan stat yang dimilikinya, jadi jangan ragu-ragu untuk mengambil alih kontrol di tengah permainan.

    [​IMG]

    Kedua, berhubung skema kontrol digabung antara virtual joystick dan tap/swipe, terkadang saya tidak bisa melakukan tap di tempat tertentu karena terhalang oleh joystick di layar. Ini kejadian langka sebab joystick umumnya akan hilang otomatis begitu kamu melakukan tap/swipe. Tapi masih bisa terjadi bila kamu sering berganti-ganti cara kontrol seperti saya.

    Terakhir, saya terkadang sebal karena sulitnya tantangan yang muncul dalam event. Sebagai contoh, salah satu event Halloween di Instagram mengharuskan saya untuk mencetak gol “screamer” dari luar area penalti. Ini tantangan mudah bila saya punya Lampard atau Ronaldo, tapi berhubung saya tidak punya, saya hanya bisa pasrah. Tampaknya tantangan level tinggi harus diselesaikan dengan pemain jagoan pula.

    Kesimpulan
    [​IMG]

    FIFA Mobile bukanlah porting FIFA 17 versi console, jadi kamu jangan berharap menemukan fitur-fitur serupa. FIFA Mobile adalah game mobile free-to-play bertema sepak bola, dan game ini berhasil menyajikan kualitas yang sangat baik dalam genre tersebut. Sebagai hiburan di perangkat portabel, fitur-fitur dalam FIFA Mobile sudah cukup “mengenyangkan”.

    Tampilan 3D dan kontrol yang baik, fitur Attack Mode yang inovatif, serta beragam modepermainan adalah daya tarik utama game ini. Merekrut pemain juga lebih menyenangkan daripada game gacha biasa berkat fitur Plan dan Market. Ditambah dengan lisensi lengkap dari FIFA, saya rasa FIFA Mobile pantas disebut game mobile wajib main bagi para penggila bola.
    Sumber
     
  2. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,195
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Boleh juga dicoba kalau pas lagi suntuk dan ada waktu luang, lumayan buat hiburan:)
     
  3. Musthafa Kamal

    Musthafa Kamal Active Member

    Joined:
    Jun 15, 2015
    Messages:
    603
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    43
    Fifa terus berkembang di mobile sedangankan PES hanya di console *calmdown*
     
  4. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    grafiknya boleh juga, download datanya berapa GB tuan?
     
  5. Nulife

    Nulife Member

    Joined:
    Oct 26, 2016
    Messages:
    73
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    pasti berat tu gamenya... hmmm dan kayak a rakus baterai
     
  6. Susilawati

    Susilawati New Member

    Joined:
    Feb 10, 2017
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    wah makin manataps nih game FIFA kayak aslinya hihihi.... :)
     
  7. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    552
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    Pes juga gx kalah bagus dari fifa,
    Tp overall si game ini 11 ,12 lah sama pes. Versi mobile
     
  8. BayuajiHS

    BayuajiHS Member

    Joined:
    May 1, 2016
    Messages:
    231
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page