Sentra Kerajinan Ukir Batu Magelang

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by agus90, Sep 27, 2013.

  1. agus90

    agus90 Member

    Joined:
    May 13, 2013
    Messages:
    25
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Magelang memang eksotik dan unik. Banyak peninggalan bersejarah dan berbagai kerajinan dihasilkan dari kabupaten yang berdiri pada tanggal 11 April 907 Masehi ini. Ada kerajinan sapu rayung yang mendunia, kerajinan ukiran tanduk dan kayu, kerajinan kuningan, dan yang mau saya posting ini tentang kerajinan ukir batu di Dusun Gempol dan Desa Tamanagung, Kabupaten Magelang.

    Kerajinan ukir batu menggunakan jenis batu andesit dan batu putih sebagai bahan baku, bahan baku tersebut banyak didapat dari Kabupaten Kulon Progo. Sentra kerajinan ukir batu Magelang berada di Kecamatan Tamanagung. Kecamatan tersebut berada di sepanjang jalan menuju kawasan Borobudur, tepatnya sepanjang Jalan Yogya-Magelang sebelum simpang Borobudur. Di sana terdapat lebih dari 50 pengrajin ukir batu di kanan kiri jalan. Selain di Kecamatan Tamanagung, sentra ukir batu juga bisa ditemui di bagian timur Kecamatan Tamanagung, yaitu Dusun Gempol.

    Rata-rata dalam sebulan, para pengrajin ukir batu Magelang dapat menghasilkan hingga 10 jenis produk. Seni ukir batu yang dikembangkan para pengrajin antara lain berupa patung, stupa, hiasan taman, hiasan air mancur dengan ornamen bunga yang penuh relief bunga, ornamen kendi dan masih banyak lagi.

    Seni ukir batu di Magelang ini sudah ada sejak .............. Baca lanjutannya di -> http://nyari-idebisnis.blogspot.com/2013/09/Ukiran-Batu-Magelang-Dusun-Gempol-Tamanagung.html
     
  2. rocklee

    rocklee New Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Di magelang ada pengrajin gelang tasbih dari kayu kokka dan stigi apa tidak ? berapa harga per pcs
     
  3. kursusexim

    kursusexim New Member

    Joined:
    Nov 9, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Keren bgt nih....someday pengen bisa kesana + borong kerajinan ukir batunya *akhirnya*
     
Loading...

Share This Page