Manfaat Daun Kumis Kucing Buat Asam Urat

Discussion in 'Health & Medical' started by Haifa Radhwa Sahirah, Apr 2, 2016.

  1. Haifa Radhwa Sahirah

    Haifa Radhwa Sahirah Member

    Joined:
    May 12, 2015
    Messages:
    273
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Kumis Kucing (Orthosiphon Aristatus) sudah diakui turun-temurun oleh msyarakat Indonesia bisa mengobati bermacam macam penyakit, salah satunya yaitu asam urat. Teramat gampang mengenali tanaman ini, cuma dengan melihat bunga kumis kucing yang menyerupai kumis seekor kucing.

    Tanaman kumis kucing ialah tanaman yang berasal dari daerah Afrika tropis, dan tersebar ke Asia sampai ke Australia. Tanaman ini teramat membutuhkan asupan sinar matahari secara penuh, maka apabila diletakkan terhadap tempat atau di bawah atap bisa mengurangi kadar ekstrak terhadap daun. Oleh sebab itu seandainya Kamu menginginkan tanaman kumis kucing sebagai tanaman obat, maka sebaiknya Kamu meletakkan di ruangan yg terkena sinar matahari dengan cara langsung.

    Manfaat Daun Kumis Kucing Buat Asam Urat

    Sebagai tanaman obat Kamu mesti mengenali ciri-ciri daun kumis kucing yang tepat supaya tak salah dalam menciptakan racikan. Ciri-cirinya di antara lain wujud helai daunnya bundar atau lonjong, lanset, bundar telur atau belah ketupat dari pangkalnya. Ukuran daun antara 1 sampai 10 cm. Lebar daun antara 0,75 sampai 1,5 cm. Buat dijadikan sebagai obat, sehingga pilihlah daun urutan ke tiga sesudah pucuk samai urutan ke tujuh. Dikarenakan seluruh zat yang difungsikan sudah terbentuk terhadap urutan tersebut.

    Pada ketinggian antara 500 sampai 1.200 meter diatas permukaan laut, tanaman kumis kucing ini sanggup tumbuh dengan baik. Lebih-lebih tanaman ini pun sanggup tumbuh terhadap suhu yang sedang sampai panas. Di beraneka daerah tanaman mempunyai nama yang berbeda-beda, seperti di Inggris di kenal sebagai Kidney Tea atau Java Tea, di Sumatera dikenal sebagai Giri-giri Marah, di daerah Sunda dikenal sebagai Kumis Kucing, di Jawa dikenal dengan nama Remujung, dan di Madura dikenal bersama nama Songkot Koceng.

    Warga Indonesia seringkali memanfaatkan tanaman ini sebagai bahan buat terapi pengobatan herbal. Baik dalam keadaan basah atau telah dikeringkan manfaat daun kumis kucing sanggup disesuaikan bersama kepentingan.

    Manfaat daun kumis kucing yg sudah dikeringkan sudah di kenal sejak lama dikenal warga di bermacam macam penjuru. Penduduk Indonesia sudah mengenal manfaat daun kumis kucing yang merupakan peluruh air kemih (diuretik) & di penduduk India dipergunakan sebagai obat rematik. Sifat diuretik tanaman ini bisa juga bermanfaat buat menunjang badan membuang kelebihan asam urat melalui urin.

    Secara empirispun manfaat daun kumis kucing sudah dikenal juga sebagai obat batuk, encok, masuk angin dan masalah konstipasi. Selain itu bisa pula dijadikan obat buat menyembuhkan radang ginjal, batu ginjal, sipilis, albuminuria, kencing manis, rematik, dan menurunkan kadar gula dalam darah. Manfaat daun kumis kucing pada pemakaian luar bisa mempermudah menghilangkan rasa gatal akibat alergi dikarenakan sifat anti alergi dari sistein terhadap daun kumis kucing.

    Manfaat daun kumis kucing yang merupakan tumbuhan obat tidak lepas dari kandungan senyawa seperti glikosida orthosiphonin, zat samak, saponin, & kandungan mineral seperti kalium, mionositol, sapofonin, & sinensetin. Banyaknya kandungan tersebut menciptakan penduduk tak ragu dalam mengkonsumsi tanaman ini sebagai obat berbagai penyakit baik itu penyakit akut maupun penyakit kronis.

    Sumber : http://www.obatalamiasamurat.net/2016/04/manfaat-tanaman-kumis-kucing-untuk-asam.html
     
  2. babolonly

    babolonly Member

    Joined:
    Feb 9, 2013
    Messages:
    541
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    saya malah baru tahu kalo tanaman ini namanya kumis kucing..sekilas memang mirip kumis sih. :D
     
  3. masdoni

    masdoni Member

    Joined:
    Mar 11, 2016
    Messages:
    167
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    ilmu baru nih, mengobati asam urat menggunakan kumis kucing
     
  4. Haifa Radhwa Sahirah

    Haifa Radhwa Sahirah Member

    Joined:
    May 12, 2015
    Messages:
    273
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    oke, selamat mencoba dan semoga cocok yaa ;)
     
Loading...

Share This Page