5 Kandungan Daun Sirih Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by irawan23, Mar 29, 2016.

  1. irawan23

    irawan23 New Member

    Joined:
    Feb 8, 2015
    Messages:
    15
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    3
    Inilah Beberapa Kandungan yang Terdapat Dalam Daun Sirih yang Berguna Untuk Keshatan Tubuh Kita
    Banyak kandungan daun sirih yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain menunjang kesehatan, daun sirih juga ampuh mengatasi berbagai macam penyakit. Bahkan ekstrak daun sirih banyak digunakan untuk produk kecantikan. Hal ini karena daun sirih juga bermanfaat besar untuk menjaga kecantikan. Beberapa kandungan senyawa bermanfaat yang terdapat dalam daun sirih adalah:

    1. Minyak terbang atau batlephenol
    Daun sirih telah teruji secara klinis memiliki kandungan minyak atsiri cukup banyak. Hingga banyak pihak memanfaatkan daun sirih untuk mengambil minyak atsiri ini. Minyak atsiri pada daun sirih mengandung banyak senyawa bermanfaat. Salah satunya adalah minyak terbang atau betlephenol. Fungsi minyak terbang ini sangat banyak. Tidak hanya bagi kesehatan namun juga untuk menjaga kecantikan pada wanita.

    Salah satu manfaat minyak terbang adalah sebagai antiseptik alami. Sehingga daun sirih sangat ampuh membunuh kuman, virus dan jamur. Minyak terbang ini juga bersifat antioksidan. Anda dapat memanfaatkan daun sirih untuk antioksidan. Fungsi antioksidan adalah menangkal radikal bebas. Sehingga daun sirih dapat digunakan untuk mencegah kanker.

    2. Polevanolad
    Daun sirih telah teruji klinis memiliki kandungan polevanolad sangat tinggi. Polevanolad adalah senyawa yang sangat besar pengaruhnya pada kecantikan. Fungsi terbesarnya adalah menjaga kesehatan kulit. Kulit dicegah dari penuaan dini. Selain itu kulit juga dijaga tetap halus dan bebas jerawat. Dengan pemakaian yang teratur, Anda akan merasakan kulit lebih halus.

    Senyawa polevanolad juga berfungsi melindungi kulit dari paparan polusi. Bahkan efek berbahaya dari sengatan matahari dapat dicegah oleh polevanolad. Debu dengan partikel kecil yang mudah menempel juga akan dihilangkan. Dengan demikian kulit tetap terjaga sehat. Bahkan tanpa biaya perawatan yang mahal, kulit Anda akan tetap sehat.

    3. Senyawa alkaloid
    Pada sirih terdapat kandungan senyawa alkaloid. Dalam sirih merah kandungan alkaloidnya sangat besar dibandingkan daun sirih hijau. Fungsi alkaloid ini sendiri adalah untuk mencegah timbulnya penyakit kulit. Bahkan penderita penyakit kulit seringkali merawat tubuhnya dengan air rendaman daun sirih. Selain mencegah, kandungan daun sirih juga dapat mengobati penyakit kulit. Hingga penyakit kulit yang mengganggu segera hilang.

    Penyakit kulit baik dapat berupa gatal-gatal biasa. Infeksi jamur seperti panu juga merupakan penyebab penyakit kulit. Lebih dari itu, daun sirih dapat mencegah datangnya kanker kulit. Selama ini pengaruh matahari dan polusi adalah penyebab kanker kulit paling besar. Lakukan perawatan menggunakan daun sirih untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat.

    4. Senyawa fitokimia
    Daun sirih juga mengandung senyawa fitokimia cukup banyak. Senyawa fitokimia ini dianggap sebagai pengendali aroma pada daun sirih. Selain aroma, rasa dan juga warna juga dikendalikan oleh senyawa fitokimia ini. Hal ini menyebabkan daun sirih memiliki aroma sangat khas dan unik. Biasanya aroma ini banyak digunakan dalam kosmetik. Bahkan tidak sedikit sabun kecantikan yang menggunakan daun sirih.

    Senyawa fitokimia yang terdapat pada daun sirih bermacam-macam. Selain alkaloid juga terdapat jenis tanin, flavonoid dan saponin. Fungsi senyawa fitokimia ini adalah untuk menangkal racun. Selain menangkal racun juga untuk merangsang pembentukan kekebalan tubuh pada manusia. Dengan kandungan senyawa fitokimia ini, daun sirih dapat digunakan sebagai antikanker yang ampuh.

    5. Vitamin C dan riboflavin
    Tidak banyak yang tahu bahwa daun sirih memiliki kandungan vitamin C cukup banyak. Sehingga daun sirih dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Penyakit sariawan dapat dicegah dengan daun sirih. Gunakan air rebusan daun sirih untuk obat kumur. Basuh bagian mulut yang sariawan dengan air rebusan daun sirih. Dalam beberapa hari pemakaian, Anda akan merasakan sariawan hilang.

    Selain vitamin C, daun sirih juga memiliki kandungan riboflavin. Banyak ahli menyebutnya sebagai enzim co-riboflavin. Manfaat enzim ini sangat besar dalam kesehatan mata. Sehingga daun sirih juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata. Selain menjaga kesehatan mata, riboflavin juga ampuh mengatasi jerawat. Kandungan daun sirih yang sangat kompleks ini akan memastikan kesehatan Anda terjaga dengan baik.

    Baca Juga: Manfaat Daun Sirsak Untuk Obat Asam Lambung
     
  2. Om Bepe Sarip Hidayat

    Om Bepe Sarip Hidayat New Member

    Joined:
    Mar 28, 2016
    Messages:
    18
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Wah baru tahu ni saya. Seringnya saya menggunakan itu untuk obat tanaman alami... makasi
     
  3. rakiwen

    rakiwen Member

    Joined:
    Feb 11, 2016
    Messages:
    576
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Saya seringnya pakai rebusan daun sirih untuk membersihkan organ kewanitaan... hehee
     
  4. Om Bepe Sarip Hidayat

    Om Bepe Sarip Hidayat New Member

    Joined:
    Mar 28, 2016
    Messages:
    18
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Itu juga manfaat yang lainnya dari daun ajaib ini.
     
  5. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,873
    Likes Received:
    362
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Saya sering menggunakan daun sirih untuk menghentikan mimisan... Heheh :D
     
  6. Wong Blajar

    Wong Blajar Member

    Joined:
    Dec 14, 2015
    Messages:
    337
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    mang banyak manfaat ni yang satu ini daun sirih
     
  7. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    635
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Daun sirih rasanya gaenak gan hehehe bagus tapi manfaatnya
     
Loading...

Share This Page