7 Teori Kecerdasan Buatan Menurut Film

Discussion in 'General Discussion' started by jagg, Jul 13, 2017.

  1. jagg

    jagg Member

    Joined:
    Jun 1, 2017
    Messages:
    27
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, bukan tidak mungkin kalau kecerdasan buatan juga berkembang pesat. Masalahnya adalah, seberapa jauh AI (Artificial Intelligence) akan berkembang ? Penggunaan kecerdasan buatan di segala bidang makin besar, apalagi dengan penggunaan telepon pintar yang merajalela. Nikmatilah pekerjaan kita saat ini selagi masih ada, karena kita tak tahu kapan kecerdasan buatan akan menggantikan kita. Berikut ini teori kecerdasan buatan di masa depan menurut film.




    1. Menganggap manusia sebagai musuh (Terminators, Ultron)


    [​IMG]

    Diciptakan untuk melindungi manusia dari segala ancaman, tapi malah menganggap manusia sebagai ancaman itu sendiri. Hal ini terdapat dalam film Terminators Series dan Avengers : Age of Ultron (2015). Di Terminators, John Connor, sang tokoh utama harus mengirim robot canggih untuk melindungi dirinya di masa lalu yang masih kecil. Tapi petualangan di Terminators tidak hanya itu, banyak juga konflik seru dan menarik yang timbul di tengah perjalanan.





    2. Menguasai dunia melalui internet (Transcendence)

    [​IMG]

    Apa jadinya jika kecerdasan buatan yang memegang kendali atas kehidupan manusia ? Bagaimana jadinya jika yang maha mengetahui menjadi pemegang kontrol akan segalanya ? Film ini bercerita tentang seorang peneliti hebat bernama Will Caster yang telah berhasil meng-upload kesadaran manusia ke dalam komputer. Saat ia mau mati, ia mengupload otaknya sendiri ke dalam bentuk digital. Dan impiannya adalah,.. menciptakan dunia yang lebih baik lagi.





    3. Jatuh cinta pada kecerdasan buatan (Her)


    [​IMG]

    Di masa depan, diciptakan sebuah kecerdasan buatan yang mampu berpikir dan memiliki perasaan seperti manusia. Produk tersebut berbentuk OS (Sistem Operasi) komputer yang dijual bebas bagi siapa saja. Didesain untuk memenuhi seluruh kebutuhan manusia baik dari segi emosi maupun psikologis. Tak jarang manusia jadi jatuh cinta karenanya. Ada adegan dewasa.





    4. Diciptakan oleh manusia, tapi membenci manusia (Ex Machina)


    [​IMG]

    Film ini bercerita tentang AI (Artificial Intelligent / Kecerdasan Buatan). Film ini tidak mempertanyakan apa manusia dapat menciptakan AI, tapi bagaimana jika kita bisa ? Apa yang akan terjadi selanjutnya ? Seberapa jauh AI akan berkembang ? Apa yang akan mereka lakukan pada manusia ? Mungkin film ini punya jawabannya. “Isn't it strange, to create something that hates you ?”. Ada adegan dewasa.





    5. Bayi robot (Chappie)


    [​IMG]

    Di masa depan polisi bukan lagi manusia, melainkan robot. Hukum ditegakkan oleh para robot polisi yang canggih, tidak pernah lelah, dan tidak pernah curang. Suatu ketika salah satu robot polisi dicuri dan diberi program yang baru. Sejak saat itu si Chappie dapat berpikir dan memiliki perasaan sendiri. Petualangan Chappie pun dimulai.





    6. Memiliki perasaan seperti manusia (A.I. Artificial Intelligence, Her, Chappie)


    [​IMG]

    Film A.I. Artificial Intelligence bercerita tentang seorang bocah robot yang diprogram untuk memiliki perasaan seperti manusia. Ia dibeli oleh sebuah keluarga yang baru saja kehilangan anaknya. Tapi tak disangka sang anak benar-benar memiliki perasaan seperti seorang anak manusia. Bahkan saat ditelantarkan ditengah hutan, sang anak tetap berusaha mencari ibunya hingga ke ujung dunia.





    7. Menggantikan manusia (Automata)


    [​IMG]

    Waktu kita telah habis, kecerdasan buatan akan menggantikan kita. Di masa depan bumi telah gersang dan hancur akibat badai matahari. Hanya sedikit yang bisa selamat. Di dunia yang seperti itu terdapat para robot yang memiliki kecerdasan buatan. Para robot memiliki dua buah protokol untuk membatasi kecerdasan mereka.

    Protokol pertama berisi perintah supaya robot tidak membunuh makhluk hidup. Protokol kedua berisi perintah untuk tidak mengubah diri sendiri dan robot lain. Kedua protokol tersebut berfungsi untuk melindungi umat manusia. Namun, apa yang terjadi jika protokol tersebut dihilangkan ? "Your time is coming to an end. Ours is now beginning."


    Sumber : https://www.jagongsinopsis.com/2016/12/gambaran-kecerdasan-buatan-versi-film.html
     
  2. bomen

    bomen Member

    Joined:
    Mar 22, 2017
    Messages:
    37
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    A.I. Artificial Intelligence keren bgt itu kalau teknologi sudah sampai sana gimana ya
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Memang perkembangan tehnologi sekarang ini sangat maju, ada yang bependapat ini akan membayakan manusia karena bisa jadi semua pekerjaan sudah akan dilakukan oleh robot cannggih, dan akan ada banyak pengangguran tentunya jika semua dikerjakan robot
     
  4. jagg

    jagg Member

    Joined:
    Jun 1, 2017
    Messages:
    27
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    iya, tp saya paling suka sama transcendence.. keren bgt dah..
     
  5. Meetechno

    Meetechno Member

    Joined:
    Sep 9, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Transcendence lebih oke gan.
     
  6. jagg

    jagg Member

    Joined:
    Jun 1, 2017
    Messages:
    27
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    yoi gan, kren bgt itu..

    ngeri sekaligus penasaran ya gan..
     
  7. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Jarvis, AI yang dipakai Iron Man juga keren, bisa jadi asisten, jadi sahabat, bisa kontrol rumah juga. Bos Facebook bahkan sudah berhasil mengembangkan AI seperti Jarvis dirumahnya.
     
Loading...

Share This Page